Ads

---

Jangan Biarkan Stres Mengendalikanmu, Berikut Tips Untuk Mengatasinya

Relasi Nasional
Jumat, 10 Desember 2021 | 09:25 WIB Last Updated 2021-12-10T02:25:27Z

 

Foto: Unsplash/Katrina Wright

Relasi Nasional | Artikel - Siapa yang tidak paham dengan kata stres?

Kata yg satu ini pasti sdh sangat familiar ditelinga kita kan?


Berbicara tentang stres, ada banyak yang beranggapan bahwa stres itu berarti pikiran seseorang yang sedang kacau, ada pula yang beranggapan bahwa stres itu tandanya kepala seseorang sedang pusing memikirkan sesuatu masalah yang tak kunjung selesai, dan ada pula yang beranggapan bahwa stres itu yaitu amarah seseorang yang sedang meronta-ronta atau tingkat emosionalnya mulai tidak stabil, semua tanggapan di atas sangatlah benar.


Menurut KBBI sendiri atau Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia.


Stres adalah gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar; ketegangan.


Jika ditinjau dari sekeliling kita, salah satu aspek yang sering kita jumpai saat munculnya stres yaitu karena dipicu oleh tekanan batin.


Tekanan batin sendiri terjadi di dalam diri dan butuh ketenangan dan hal-hal positif lainnya untuk dapat dihilangkan.


Seseorang yang memiliki tekanan batin akan cenderung sendirian, memiliki tingkat kecemasan yang tinggi, rasa keterpurukan, dan sering marah-marah, sehingga orang tersebut dapat juga mengalami gangguan mental.


Seseorang yang mengalami gangguan mental ringan/stres rendah tidak berdampak terlalu membahayakan bagi sipenderitanya, sebab tingkat stres ini masih bisa terkontrol/terkendalikan.
Namun jangan menganggap sepele stres rendah.


Sedangkan seseorang yang mengalami gangguan mental berat/stres tinggi, sangat membahayakan dan berdampak fatal jika tidak cepat diatasi, sebab tingkat stres yang dialaminya sudah tidak dapat terkontrol/terkendalikan, sehingga seseorang tersebut akan mengalami depresi bahkan berujung dengan bunuh diri.


Sungguh sangat merugikan, berawal dari masalah yang dapat terselesaikan, namun berujung pada penyesalan, yang dimana ketika hanya dipendam sendiri dan tak memikirkan apa yang akan terjadi setelahnya sehingga menimbulkan sikap yang tidak biasan dengan kegelisahan yang ada pada pikiran dan jiwa sehingga dapat menggangu mental bahkan dapat merenggut nyawa seseorang.


Stres muncul tidak begitu saja, melainkan ada penyebab. Salah satu hal sederhana paling ampuh yang bisa anda lakukan untuk mengatasi stres adalah sudah pasti dengan menenangkan diri dan menjauhkan diri dari hal yang dapat menyebabkan stres.


Berikut beberapa tips untuk menghilangkan stres:


Berfikir Positif

Jangan sekali-kali berfikir negatif karena hanya akan memperkeruh keadaan saja, maka berfikir yang positif saja untuk mengurangi beban pikiran, walaupun anda sedang dalam kondisi sulit.


Jika selalu berfikir positif, maka meskipun sekeras apapun perjalanan hidup, tetap hasilnya positif, positif dan positif terus.


Lakukan Hal-hal Yang Kamu Sukai

Ketika pikiran mulai gelisah dan cemas, maka lakukan hal-hal yang menurutmu menyenangkan, maka rasa gelisah dan kecemasanmu akan secara perlahan teratasi.


Miliki Teman Curhat

Alangkah baiknya memiliki teman/sahabat yang bisa untuk diajak bicara atau curhat.


Memiliki teman sangatlah penting lebih tepatnya yakni seorang sahabat yang perduli akan dirimu meski suka walaupun duka.


Ketika kamu bercerita kepadanya maka setelahnya kamu akan terasa lebih tenang dari sebelumnya sebab penderitaanmu telah kamu bagi bersama sahabatmu.


Pergi ke Tempat Yang Bisa Membuat Pikiran Rileks

Tidak perlu mencari seseorang untuk menenangkan jiwamu, jika saat itu kamu hanya sendiri.


Cukup cari tempat yang indah seperti pantai/lautan (keindahan alam), maka seketika jiwamu akan tenang dengan sendirinya.


Pada intinya tetap berfikir positif dan lakukan hal-hal positif pula, berjalanlah sesuai kemampuanmu jangan sesuai hasrat/kemauan yang akan membawamu keluar nalar kemampuanmu sendiri ketika kamu tidak mampu menghadapinya sehingga mengarah kepada stres, maka jadikan masalah yang kamu hadapi sekarang pelajaran dimasa depan bukan sebaliknya dapat merusak masa depanmu.


Termotivasi dari sebuah pepatah:

"Makin kamu memberi makan pikiranmu dengan pikiran-pikiran positif, makin kamu dapat menarik hal-hal hebat ke dalam hidupmu."



Dalam hal ini yaitu lebih baik menjauh dari hal-hal yang dapat membuatmu mengarah kepada munculnya rasa stres, jika memang kamu tak mau merasakan rasa stres itu mengendalikan dirimu sendiri.




Penulis : Chaya Kuraa
Editor   : M Ilham Sakubat
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jangan Biarkan Stres Mengendalikanmu, Berikut Tips Untuk Mengatasinya

Trending Now