Ads

---

Calon Bupati Bireuen 2024, Persaingan Sengit 2 Kandidat Terkuat

Relasi Nasional
Selasa, 05 Juli 2022 | 17:30 WIB Last Updated 2022-07-05T10:47:41Z

 

Calon Bupati Bireuen 2024

Pemilu tahun 2024 kian gencar dibicarakan. Tak terkecuali dengan pemilu bupati di daerah Bireuen, Aceh. Sudah banyak nama yang dikabarkan sebagai calon bupati Bireuen 2024.

Nama-nama tersebut ialah H. Mukhlis A.Md., SH (Takabeya), H. Ruslan M. Daud SE (HRD), Zulfadhli A.Md (Abang Samalanga), dan Edi Saputra (Edi Obama). Dari beberapa nama tersebut, H. Mukhlis dan H. Ruslan M. Daud dinilai sebagai kandidat terkuat yang akan mengisi posisi bupati 2024-2029 mendatang.

Sosok H. Mukhlis itu sendiri adalah Ketua Partai Politik Golkar di Bireuen. Ia juga menjabat sebagai Direktur Utama dalam PT. Takabeya Perkasa Group. Di sisi lain, H. Ruslan M. Daud berkiprah sebagai anggota DPR RI Dapil II di Aceh dengan mengusung fraksi PKB.

Keduanya memiliki eksistensi yang sama-sama kuat untuk maju sebagai calon bupati. Bahkan keduanya juga mengusung kubu yang aktif dan solid. Berbicara mengenai kubu, terdapat istilah yang saat ini kian santer terdengar di telinga masyarakat.

Tak sedikit yang mengklaim kubu dengan warna, yakni hijau dan kuning. Kubu hijau untuk H. Ruslan M. Daud, sementara kubu kuning untuk H. Mukhlis. Kedua calon bupati ini tengah menjadi sorotan. Terlebih masa bupati sebelumnya dipastikan segera berakhir tahun ini.


Biografi Singkat Calon Bupati Bireuen 2024


H. Ruslan M. Daud

H. Ruslan M. Daud lahir pada tanggal 11 Mei 1970 di Samalanga. Untuk riwayat pendidikannya, ia pernah mengenyam pendidikan di bangku SMA LPI Mudi Mesra Samalanga. Kemudian melanjutkan kuliah S1 jurusan Manajemen STIE Indonesia di kota Medan.

Sebelum menjadi kandidat bupati terkuat 2024 mendatang, H. Ruslan M. Daud sebenarnya pernah menduduki posisi serupa pada tahun 2012-2017 silam dengan pasangannya Mukhtar Abdullah. Kala menjabat sebagai bupati, ia mencanangkan program-program untuk membangun kesejahteraan masyarakat.

Program-program tersebut diantaranya yaitu menerapkan nilai islami dalam menjalankan pemerintahan dan membangun infrastruktur ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Dalam hal ini, program terwujud dalam jalan produksi, irigasi, hingga jalan usaha tani.

Belum lama ini tampaknya calon bupati Bireuen 2024 ini juga mengadakan acara halal bihalal yang bertempat di Komplek Meuligoe Residence. Di kediamannya tersebut, ia menampung banyak aspirasi masyarakat untuk direalisasikannya. Dari hal ini terlihat jelas bahwa H. Ruslan M. Daud begitu peduli dengan masyarakat Bireuen.

Bahkan tak hanya itu saja, ia juga memiliki program di bidang kesehatan. Hal ini dilakukannya dengan menyediakan sarana dan prasarana kesehatan yang lebih modern. Tentu saja juga memiliki kualitas yang lebih baik. Melihat namanya cukup berpengaruh di Bireuen, kali ini ia kembali mencalonkan diri.

Beralih ke karier yang ditekuninya, sosok yang pernah menjadi Ketua AWTC (Acheh World Trade Centre) di Kuala Lumpur pada periode 2004-2007 ini sempat menyabet jabatan sebagai Penghubung Gerakan Aceh Merdeka di lingkup dalam dan luar negeri.

Tak berhenti disitu saja, H. Ruslan M. Daud juga aktif menjalankan berbagai bisnis. Mulai dari Meuligoe Hotel dan Resto, Jeumpa Elektronic, serta CV. Meuligoe Property. Ada juga usaha di bidang printing, percetakan, dan minimarket. Tak bisa dipungkiri bahwa H. Ruslan M. Daud menjadi sosok inspiratif bagi masyarakat.


H. Mukhlis Takabeya

H. Mukhlis A.Md., SH (Takabeya) lahir di Peusangan Siblah Krueng, tepatnya kelahiran Gampong Alue Krueb pada tanggal 17 April 1972. Calon bupati Bireuen 2024 ini menempuh pendidikan Politeknik Lhokseumawe dan S1 Hukum di Uniki (Universitas Islam Kebangsaan Indonesia) Bireuen.

Sosok yang diduga bakal menjadi pesaing berat H. Ruslan M. Daud ini menjabat sebagai Ketua KONI di Bireuen. Selain itu, ia juga dipercaya menjadi Ketua DKA (Dewan Kesenian Aceh) di Bireuen hingga pada akhirnya jadi Ketua Golkar Bireuen saat ini.

Selama memegang kepercayaan yang diberikan padanya tersebut, H. Mukhlis dikenal sebagai pemimpin yang baik. Sudah banyak program yang berhasil direalisasikannya. Sebut saja rehab rumah dhuafa hingga pembangunan jalan dan jembatan.

H. Mukhlis selama ini juga populer sebagai sosok yang loyal dan suka berbagi. Ia kerap memberikan santunan kepada anak yatim. Lahir dari kalangan keluarga yang sederhana, H. Mukhlis tumbuh menjadi sosok yang tangguh dan pekerja keras.

H. Mukhlis nyatanya juga peduli dengan dunia pendidikan. Hal ini terlihat kala ia sempat bersilaturahmi bersama civitas akademika Umuslim (Universitas Almuslim) Peusangan. Dalam kesempatan tersebut, H. Mukhlis mendukung kemajuan universitas ini.

Terdapat beberapa program yang universitas ajukan padanya. Adapun diantaranya yaitu terlibat dalam Desa Binaan bersama P3MD hingga penawaran kerjasama MoU untuk pengabdian dosen maupun praktik mahasiswa. Sebagai salah satu bentuk kepeduliannya pun, H. Mukhlis memberikan 30 eks buku biografinya. Buku tersebut ditulis langsung oleh alumnus Umuslim Muhajir Juli. 

Lebih lanjut, H. Mukhlis juga terkenal di kalangan generasi muda. Pasalnya, calon bupati Bireuen 2024 ini aktif berkegiatan sosial dan mengisi acara motivasi untuk muda-mudi. Semakin menginspirasi karena ia juga menggeluti bisnis sebagai pengusaha di bidang konstruksi.

Dengan sikap yang pantang menyerah dan senantiasa bijaksana, H. Mukhlis terus berusaha membangun usahanya. Pada akhirnya, usahanya tidak sia-sia. Kini H. Mukhlis telah menjadi Direktur Utama di PT. Takabeya Perkasa Group. Kegigihan dan jiwa muda yang dimiliki H. Mukhlis memang patut diacungi jempol.

Kemudian terkait pencalonan dirinya sebagai bupati Bireuen periode 2024 nanti, rasanya dinilai tepat. Hal ini dikarenakan sudah saatnya generasi muda ikut tampil mewarnai bidang politik di era milenial yang serba modern ini.

Bahkan dalam acara pengukuhan dan konsolidasi Golkar yang bertempat di AAC (Aula Ampoen Chiek) Peusangan Bireuen, ia menjadi satu-satunya jagoan yang dideklarasikan untuk maju. Perihal koalisi dan siapa kandidat yang akan menjadi pasangannya mendatang, belum terungkap secara pasti. Hal tersebut akan terlihat jelas seiring berjalannya waktu.


Kandidat Terkuat Bupati Bireuen 2024

Dari biografi singkat di atas, tentu tak mengherankan apabila H. Ruslan M. Daud dan H. Mukhlis digadang-gadang sebagai calon bupati terkuat yang akan memimpin Bireuen selama periode 2024-2029 nantinya. Keduanya memiliki latar belakang pendidikan dan karier yang berbeda.

Pembawaan karakter kedua sosok ini juga berbeda, namun pastinya sama-sama karismatik. Dengan banyaknya prestasi yang berhasil diraihnya, H. Ruslan M. Daud dan H. Mukhlis menjadi putra terbaik sebagai aset berharga Bireuen. Peran keduanya juga memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Bireuen.

Sudah sepantasnya apabila H. Ruslan M. Daud dan H. Mukhlis akan menjadi pesaing sengit dalam pilkada 2024 mendatang. Harapannya pun pemilu berjalan secara lancar, aman, dan sportif dengan hasil yang baik. Siapapun nantinya yang akan keluar menjadi bupati, harapannya tetap rendah hati dan peduli dengan masyarakat.

Begitu pula untuk kandidat calon bupati Bireuen 2024 yang lainnya. Meski gagal maju sebagai bupati, sebaiknya lapang dada menerima kekalahan dan ikut mendukung program yang dicanangkan oleh bupati resminya. Dengan adanya sikap saling mendukung tersebut, akan tercipta kesejahteraan, ketentraman, dan keamanan di Bireuen. Persaingan sengit keduanya membuat sulit untuk memperkirakan siapa pemenangnya.



==========

M Ilham Sakubat

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Calon Bupati Bireuen 2024, Persaingan Sengit 2 Kandidat Terkuat

Trending Now