iklan

---

Keterkaitan Antara Pendidikan dan Pembangunan

Relasi Nasional
Kamis, 03 November 2022 | 17:01 WIB Last Updated 2022-11-03T10:01:57Z

Dea Admi Putri, Mahasiswi PGSD Universitas Bung Hatta
Dea Admi Putri, Mahasiswi PGSD Universitas Bung Hatta


Keterkaitan Antara Pendidikan dan Pembangunan

Oleh : Dea Admi Putri

            Pendidikan dan pembangunan merupakan 2 kata yang sudah tidak asing lagi didengar oleh semua orang. Pendidikan akan berjalan dengan lancar jika disertai dengan pembangunan yang layak terhadap sarana dan prasarana dalam proses pendidikan berlangsung. Pendidikan dapat menghasilkan orang-orang yang akan menunjang sebuah pembangunan. Begitupun sebaliknya, pembangunan dapat membantu menunjang jalannya pendidikan seperti pembangunan sarana ataupun prasarana yang membantu dalam pembelajaran. Suksesnya sebuah jalan pendidikan ditentukan oleh fasilitas yang mendukung media pembelajaran.

            Ketika suatu daerah memiliki kualitas pendidikan yang bagus maka akan berdampak baik dari segi apapun. Sumber daya manusia yang baik akan membuat pembangunan di berbagai sektor akan berjalan lancar. Demi menghasilkan sumber daya manusia yang seperti itu perlunya ada kerja sama yang seimbang antara pendidikan dan pembangunan. Apalagi daerah yang terisolir sangat membutuhkan pembangunan yang layak untuk menjalani pendidikan disana. Agar daerah tersebut tidak tertinggal dari daerah lain dari segi pendidikannya maka sangat dibutuhkan perhatian lebih. Perhatian yang dimaksud ialah dengan mengadakan pembangunan infrastuktur seperti jalan untuk menuju akses ke tempat diadakannya pendidikan, penyaluran bantuan bagi yang membutuhkan, dimasukkannya arus listrik dan penyediaan sistem jaringan komunikasi agar dapat terhubung ke dunia luar.

            Itu semua dapat terlaksana jika semua orang sangat mempedulikan kemajuan pendidikan di daerah tersebut agar tidak tertinggal dari daerah lain. Sangat penting diadakannya sebuah pembangunan agar dapat memperlancar aktifitas manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya untuk kehidupannya. Pembangunan didalam pendidikan juga dapat dilakukan dengan memperhatikan tenaga pendidiknya. Bila disuatu daerah tidak memiliki tenaga pendidik maka perlu diadakan pengiriman tenaga pendidik dari luar daerah tersebut demi keberlangsungan pembelajaran atau pendidikan tetap berjalan semestinya. Pengiriman tenaga pendidik atau yang lebih dikenal dengan sebutan guru ini, dapat dilakukan oleh pemerintah.

            Pada zaman sekarang ada sistem yang ditegakkan dibeberapa daerah, yaitu menutup sekolah dengan alasan muridnya yang sedikit tidak memenuhi kriteria. Itu berarti akan membuat beberapa sekolah terpaksa ditutup karena alasan tersebut. Otomatis para siswa dan tenaga pendidik yang berada disekolah tersebut akan dipindahkan ke sekolah lain. Dengan begitu sekolah yang menjadi tempat tujuan siswa dan tenaga pendidik dipindahkan perlu menambah sarana dan prasarana untuk sistem pembelajaran. Disinilah pembangunan sangat diperlukan agar pendidikan dapat berjalan, meski dengan tempat yang berbeda dan cara yang berbeda.

            Adapun pembangunan yang lain yaitu dalam sistem pembenahan dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Dulu pembelajaran dilakukan dengan sistem menulis dipapan tulis dengan menggunakan kapur, tapi itu dulu. Sekarang menulis dipapan tulis dengan spidol, namun itu termasuk cara lama dalam proses pembelajaran. Sudah ada dibeberapa sekolah menerapkan sistem pembelajaran dengan menggunakan kemajuan ilmu teknologi. Adapun yang dipergunakan seperti infocus yang dapat digunakan didalam ruangan dengan bantuan laptop. Itu merupakan kemajuan dibidang pembangunan dalam sistem pembelajaran. Walaupun hanya dibeberapa tempat yang melaksanakan sistem pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi itu sudah termasuk kemajuan. Cepat atau lambat semua instansi pendidikan akan menggunakan kemajuan teknologi dalam proses pembelajaran. Apalagi sekarang pendidikan menggunakan kurikulum merdeka yang tidak terlepas dari penjabaran materinya dengan menggunakan bantuan alat-alat seperti, laptop, komputer, handphone, infocus dan perangkat lainnya yang menunjang sistem pembelajaran.

            Pembaharuan dalam sistem pendidikan ini akan sering terjadi dari tahun ke tahun. Perubahan ini dapat terjadi akibat pola pemikiran yang terus berkembang agar bergerak maju terus ke depan demi terciptanya sumber daya manusia yang berkulitas dari segi pendidikan. Pembaharuan dalam sistem pendidikan ini akan membuat kemajuan dalam kehidupan manusia itu sendiri ataupun manusia lainnya. Bahkan saat ini juga setiap tempat yang mengadakan sistem pendidikan telah menyediakan wifi untuk semua orang yang melakukan kegiatan pendidikan ditempat tersebut. Ini juga termasuk kemajuan di bidang pendidikan dan juga dibidang pembangunan. Dengan tersedianya wifi ini akan mempermudah dalam pelaksanaan proses pembelajaran dalam satuan pendidikan.

            Tidak ada alasan untuk tidak mendapatkan pendidikan dizaman sekarang baik dengan alasan apapun. Sekarang semua telah dipermudah dalam prosesnya, tinggal melaksanakannya saja sekarang. Tapi masih banyak terlihat beberapa anak-anak yang putus sekolah. Kebanyakan angka putus sekolah disebabkan oleh masalah biaya. Ini perlunya ada tindakan yang dilakukan agar dapat menekan angka putus sekolah dengan memberikan bantuan bagi yang membutuhkan. Bantuan ini dibuat agar semua orang dapat melanjutkan pendidikan tanpa terkendala masalah biaya. Itu semua dapat diatasi dengan pemberian bantuan dari beberapa pihak seperti dari lembaga-lembaga tertentu yang bertugas untuk menyelesaikan masalah ini. Pada saat ini sudah banyak lembaga yang mengurus masalah bantuan bagi orang-orang yang membutuhkan. Bahkan banyak jenis bantuan yang diberikan seperti bantuan dari sekolah, bantuan dari tempat tinggalnya dan bantuan lainnya.

            Bantuan-bantuan ini dapat dimanfaat untuk melanjutkan pendidikan seseorang yang mengalami masalah biaya yang berujung berhenti sekolah dan menjadi pengangguran. Untuk itu hendaknya bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya. Bantuan yang disalurkan kepada yang membutuhkan ini dapat membantu dalam proses penyelesaian pendidikan yang dilakukan. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan dijenjang apapun. Disetiap jenjang pendidikan akan selalu diadakan pemberian bantuan untuk orang-orang yang mengalami kesusahan materi untuk melanjutkan pendidikan. Jadi mari lanjutkan pendidikan demi masa depan yang cerah.

            Pendidikan dan pembangunan 2 kata yang tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Pendidikan merupakan masalah utama yang dihadapi kebanyakan orang dalam kehidupannya. Pendidikan yang dijalani beberapa tahun ini memang sering kali membuat orang berpikir untuk melanjutkannya atau berhenti ditengah pendidikan yang sedang dijalani. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, banyak yang putus sekolah karena beberapa alasan. Namun alasan tersebut sudah dapat diatasi dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Jadi apalagi yang membuat pendidikan ini menjadi masalah bagi sebagian orang. Apakah pembangunan sekolah yang tidak lancar atau prasarana yang tidak memadai yang menjadi problematika yang dihadapi.

            Memang ketersediaan sarana dan prasarana sering menjadi kendala dalam proses pembelajaran. Seperti sulitnya jaringan disuatu daerah menjadi kendala yang sangat umum dirasakan oleh beberapa orang yang pernah melaksanakan sekolah online ketika terjadi penyebaran virus covid 19. Sulitnya jaringan disuatu daerah akan menjadi kendala yang sangat sulit dihadapi karena itu tidak dapat diprediksi kapan jaringan itu akan hilang dengan sendirinya dan kapan jaringan tersebut akan ada. Kendala lain yang dihadapi ketika dilaksanakannya ujian berbasis komputer, yang mana dibeberapa sekolah tidak memiliki komputer yang memadai untuk semua peserta didik untuk melakukan ujian dengan menggunakan komputer. Maka ini menjadi kendala yang sangat sulit dihadapi oleh semua peserta didik, yang mana mereka terpaksa melaksanakan ujian dengan cara bergiliran dengan waktu masuk ujian yang berbeda tiap orangnya. Memang itu peraturan yang harus ditaati oleh semua peserta didik, tapi tetap saja ini menjadi kendala dalam melaksanakan ujian yang disebabkan kekurangan sarana dalam pelaksaannya.

            Jadi diharapkan semua masalah yang menjadi kendala dalam sistem pendidikan dapat teratasi dengan berbagai solusi yang diberikan demi berjalannya pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan setiap orang. Jika masih ada kendala yang masih belum dapat diselesaikan diharapkan dapat dicari solusinya dengan sangat cepat agar tidak menjadi halangan yang berpengaruh terhadap pendidikan nantinya. Namun jika yang menjadi masalah utama dalam sistem pendidikan ialah prasarana maka itu akan membuat proses pendidikan sangat terhambat. Tapi biasanya proses perbaikan sarana dan prasarana ini akan memakan waktu yang cukup lama, tidak menutup kemungkinan dapat diselesaikan dengan cepat, jika semua prosesnya berjalan dengan lancar.

            Jadi mari sukseskan pendidikan tanpa terhalang apapun, baik terhalang biaya maupun terhalang akibat sarana dan prasarana yang tidak memadai. Itu semua dapat dihindari dan dapat dicarikan solusinya bagaimanapun caranya. Intinya jika pendidikan dan pembangunan berhubungan dengan baik, maka akan berdampak baik terhadap keduanya . Pendidikan harus bisa beradaptasi dengan lingkungannya agar dapat menyatu dengan keadaan disekitar tanpa adanya perbedaan yang mencolok. Pendidikan juga harus bisa berperan untuk menyalurkan ilmunya langsung kelingkungan sekitar. Agar semua orang dapat menerima pendidikan tanpa harus masuk ke instansi terkait untuk mendapat ilmu.


==========

Penulis : Dea Admi Putri

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keterkaitan Antara Pendidikan dan Pembangunan

Trending Now