iklan

---

Mewakili Bupati, Selaku Tuan Rumah Sekda Nagan Raya Buka Gebyar PKH Aceh 1 ke III

Relasi Nasional
Minggu, 25 September 2022 | 17:02 WIB Last Updated 2022-09-26T05:13:11Z

Ir.H. Ardimartha membuka acara gebyar Program Keluarga Harapan (PKH) Aceh 1 ke-III tahun 2022, Minggu (25/09/2022).
Foto : Ir.H. Ardimartha membuka acara gebyar Program Keluarga Harapan (PKH) Aceh 1 ke-III tahun 2022, Minggu (25/09/2022).

NAGAN RAYA - Bupati Nagan Raya H.M. Jamin Idham SE, yang diwakili Sekretaris Daerah, Ir.H. Ardimartha membuka acara gebyar Program Keluarga Harapan (PKH) Aceh 1 ke-III tahun 2022 di Gampong Meunasah Krueng, Kecamatan Beutong, kabupaten setempat, Minggu (25/9/2022).


Dalam sambutannya, Sekda, Ardimarta mengatakan, Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan sosial tunai bersyarat diberikan kepada keluarga kurang mampu yang memiliki komponen pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial, Katanya.

Menurutnya, Pelaksana PKH ditingkat provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan dijalankan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) PKH mulai dari koordinator wilayah, administrator pangkalan data provinsi, koordinator kabupaten atau kota, administrator pangkalan data kabupaten/kota dan pendamping sosial PKH. Ujarnya

Sekda juga mengungkapkan, salah satu upaya dalam meningkatkan semangat kerja dan menumbuhkan ide kreatif dari SDM PKH, perlu dilakukan kegiatan produktif dan inovatif. Gebyar PKH Wilayah Aceh 1 menjadi wadah silaturahmi dan koordinasi antar SDM PKH khusus di wilayahnya. Jelasnya

Ia juga menceritakan bahwa kegiatan PKH ini sudah menjadi rutinitas bagi SDM PKH  di beberapa kabupaten khususnya di Aceh.

Sekda mengatakan, gebyar PKH Aceh 1 telah menjadi kegiatan tahunan bagi SDM PKH di wilayah Aceh 1 kegiatan pertama kali dilaksanakan pada tahun 2018 tepatnya di Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat dan pada tahun kedua di Kabupaten Aceh Singkil.

Selanjutnya, lanjut Ardi, yang menjadi tuan rumah Gebyar PKH Aceh 1 ke II yang berlokasi di Kecamatan Pulau Banyak, kemudian kegiatan sempat terhenti pada tahun 2020 dan 2021 disebabkan oleh pandemi covid 19. Dan pada tahun 2022 ini, gebyar PKH aceh 1 kembali dilaksanakan dan Kabupaten Nagan Raya terpilih sebagai tuan rumah pada hajatan yang ke III ini. Jelasnya.

Kepada SDM PKH Aceh 1, Ardi berharap  dapat meningkatkan semangat kerja, solidaritas, dan kretifitas SDM PKH selain itu juga untuk mengenalkan kearifan lokal melalui budaya dan pariwisata serta menumbuhkan ekonomi mikro masyarakat sekitar lokasi kegiatan. Pintanya

Lebih lanjut Sekda juga menjelaskan bahwa, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan silaturahmi, semangat kerja, kreatifitas dan mengenalkan kearifan lokal serta potensi wisata di Kabupaten Nagan Raya. Dengan tema “Merajut Kebersamaan Menuju Kesejahteraan".

Sekda juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh SDM PKH yang telah berkerja keras dalam membantu pemerintah daerah untuk mensejahterakan masyarakat kabupaten Nagan Raya khususnya. Pinta sekda.

Di akhir pidatonya, Ia berharap kepada seluruh SDM PKH agar terus membangun sinergitas dengan pemerintah daerah demi untuk memajukan Kabupaten Nagan Raya yang lebih maju lagi. Tutupnya.

Sebelumnya, Muslem Wawan Saputra SKM, dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini ialah kreativitas SDM PKH khususnya wilayah PKH Aceh 1 serta terciptanya solidaritas tinggi sesama SDM PKH wilayah Aceh 1. Ucapnya.

Mewakili Bupati, Selaku Tuan Rumah Sekda Nagan Raya Buka Gebyar PKH Aceh 1 ke III

Adapun peserta yang hadir pada acara ini sebanyak 8 kabupaten di Aceh di antaranya, Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Gayo lues dan Aceh Tengah. Paparnya

Pada kesempatan yang sama, Muslem Wawan Saputra juga mengupas sekilas sejarah tentang perjalanan PKH.

Menurutnya, pelaksanaan PKH ini dimulai sejak tahun 2013 hingga saat ini tahun 2022.

"Kepada kepala daerah Kabupaten Nagan Raya dan DPRK kami berharap kedepannya supaya dapat mengalokasikan dana sherring untuk SDM PKH serta pelaksanaan kegiatan PKH kedepannya" tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator wilayah Aceh 1, Mizar, STP. MP. Dalam arahannya menyampaikan kegiatan gebyar PKH Aceh 1 ini merupakan inisiatif dari SDM PKH dari korwil dan kota atau kabupaten sendiri.

Ia mengatakan, jumlah dari keseluruhan SDM PKH Aceh 1 mencapai 317 orang dan jumlah keluarga penerima manfaat PKH yaitu 5.202 yang tersebar diseluruh kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya.

Dari jumlah keluarga yang telah menerima bantuan PKH tadi, lanjutnya, telah disalurkan anggaran sebesar Rp. 419.675.000,-  (Empat ratus sembilan belas juta enam ratus tujuh puluh lima ribu rupiah) jelasnya.

Namun, jika ditotal dari tahap pertama hingga tahap ketiga ini, Nagan Raya sudah menerima bantuan PKH sebesar Rp. 3 miliar tahap satu, 3 miliar tahap dua, dan Rp. 4,1 miliar pada tahap ketiga. Jelas Mizar.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nagan Raya, Bustami, S.Pd menyampaikan, program keluarga harapan (PKH) merupakan program yang sangat efektif untuk menurunkan angka kemiskinan sesuai dengan amanat UUD Pemerintah Pusat Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Kemiskinan. Ujar Bustami.

"Kegiatan ini walaupun tidak anggaran dalam DPA tetapi dengan berkat persetujuan pemerintah daerah dan berkat dukungan BUMN perusahaan dalam Kabupaten Nagan Raya Alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar," Pungkasnya.

Pada kesempatan itu, juga diberikan santunan anak yatim kepada tiga anak yatim oleh Kabid Linjamsos Dinas Sosial Nagan Raya, Safrizal SKM,

Dan penyerahan penghargaan kepada 3 orang anak PKH  yang telah berhasil lulus kuliah dengan bea siswa gerakan ayo kuliah tahun 2022.

Kemudian di lanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada para pendamping PKH Aceh terbaik oleh Sekretaris Daerah bersama unsur Forkopimda lainnya.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 24 s.d 25 September 2022.

Turut hadir pada acara tersebut unsur Forkopimda, Staf Ahli Bupati, para Asisten, Kepala SKPK, Koordinator wilayah PKH ACEH 1, koordinator kabupaten, para PKH se wilayah Aceh 1, pimpinan perusahaan, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Camat Beutong serta Keuchik gampong setempat. (*)

==========
Helman
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mewakili Bupati, Selaku Tuan Rumah Sekda Nagan Raya Buka Gebyar PKH Aceh 1 ke III

Trending Now