iklan

---

Tuha Peut Gampong Pulo Ara Resmi Dilantik

Relasi Nasional
Rabu, 28 September 2022 | 19:04 WIB Last Updated 2022-09-29T12:06:01Z

Tuha Peut Gampong Pulo Ara Resmi Dilantik

BIREUEN - Sembilan Tuha Peut Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh, Kecamatan Kota Juang, diambil sumpah dan dilantik Pj Bupati Bireuen, Dr Aulia Sofyan, Ph.D diwakili Camat Kota Juang, berlangsung di Meunasah setempat, Rabu pagi (28/9/2022).


Data diperoleh media keanggotaan tuha peut masa bakti 2022-2028 yaitu. Ir Syahrul, MM selaku peutuha tuha peuet. Muhammad wakil peutuha tuha peuet. Sri Rahayu, AMd Keb keurani tuha peuet, anggota yaitu Melly Oktavia, ST, Agus Riadi, Yaziz Haiqal, Muchsin, Muhammad Azan Subhan, dan Husaini.

Camat Kota Juang Musni Syahputra dalam sambutannya mengatakan, pemilihan tuha peut di Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh Memang benar, pelaksanaan pemilihan tuha peuet pulo ara adalah sesuai qanun nomor 6 tahun 2018.

Atas nama bupati bireuen, izinkan kami menyampaikan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan acara pelantikan tuha peut gampong pulo ara pada hari ini.

Pergantian tuha peut merupakan sebuah proses yang lumrah dan rutin terjadi dalam sebuah pemerintahan gampong. Jabatan tuha peuet di tetapkan selama 6 tahun terhitung sejak tanggal pengucapan sumpah/janji dan dapat di pilih kembali untuk masa keanggotaan berikutnya.

Lembanga tuha peut gampong merupakan unsur pemerintahan yang berfungsi sebagai badan permusyawaratan gampong. Wewenang, tugas dan fungsi tuha peuet diatur secara rinci dalam qanun kabupaten bireuen nomor 6 tahun 2018 bagian kelima mulai pasal 65 sd pasal 68.

Saya berharap ini untuk dipelajari dan di kuasai sungguh sungguh  oleh tuha peut yg baru terpilih sehingga dapat di implementasikan dalam pelaksanaan tugas kedepan.

Tuha Peut Gampong Pulo Ara Resmi Dilantik

Kepada anggota tuha peut yg lama, kami atas nama masyarakat dan pemerintah daerah mengucapkan terimakasih atas pengabdiannya selama menjabat. walaupun saat ini tidak lagi menjabat tapi tentunya harapan masyarakat untuk dapat terus memberikan kontribusi terhadap pembangunan gampong dan masyarakat.

Tuha peut yang baru sebagai perwakilan masyarakat diharapkan dapat menampung aspirasi masyarakat demi terwujudnya optimalisasi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kepada Tuha peuet diharapkan untuk dapat segera menyelesaikan permasalahan2 adat di gampong baik yang selama ini belum terselesaikan maupun yang akan terjadi kedepan agar terciptanya suasana gampong yang tentram dan damai.

Esensi keberadaan tuha peuet adalah musyawarah. Dengan musyawarah, semua permasalahan akan dapat diselesaikan. Jika mengalami hambatan dalam menyelesaikan permasalahan, silahkan berkonsultasi dengan pemerintah daerah, dgn camat. InsyaAllah kami akan membantu mencarikan solusi yang terbaik atas setiap permasalahan yang terjadi, Pungkas nya.

Kata Camat Kota Juang , menyampaikan,  Tuha Peuet adalah mitra kerja keuchik dan aparaturnya dan dengan demikian Tuha Peuet bukan lembaga yang mengkritik dan mencari-cari kesalahan keuchik bersama aparatur desa lainnya.

Namun dengan adanya tuha peut akan dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan keuchik guna kemajuan gampongnya.

Lebih lanjut Musni Syahputra menegaskan, fungsi tuha peut yaitu menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Keuchiek dan mengawasi kinerja Keuchiek.

Ketua panitia pelaksana M Ali Ahmad, SH mengatakan, tuha peut diambil sumpah dan dilantik ini merupakan hasil pemilihan oleh masyarakat gampong Pulo Ara Geudong Teungoh digelar beberapa waktu lalu yang berlangsung di Meunasah Pulo Ara.

"Hal yang sangat membanggakan kami Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh ini telah melaksanakan pemilihan tuha peut sesuai Qanun Kabupaten Bireuen Nomor 6 tahun 2018, tidak sekedar hanya tunjuk - tunjuk saja, ujarnya dalam pelantikan dihadiri anggota DPRK Zulfikar, Camat Kota Juang, SKPK, Keuchiek, perangkat gampong dan Masyarakat setempat.

==========
Heri
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tuha Peut Gampong Pulo Ara Resmi Dilantik

Trending Now