Iklan

Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan, Pj. Bupati Fitriany Sampaikan Fokus Pembangunan Tahun 2024

Aceh
14 Februari 2023 | 13:31 WIB Last Updated 2023-02-14T06:32:02Z
Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas AP. S.Sos.,M.Si  saat Membuka Musrenbang Tingkat Kecamatan, Senin, (13/2/2023) Foto/Ist


Suka Makmue - Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas AP. S.Sos.,M.Si secara resmi buka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.


Kegiatan Musrenbang yang mengusung tema "Menyukseskan Pesta Demokrasi dan Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM Dalam Pengentasan Kemiskinan" berlangsung di Aula Kantor Camat Kuala, kabupaten setempat. Senin (13/02/2023)


Pada kesempatan itu, Pj Bupati Fitriany Farhas dalam arahannya mengatakan dasar pelaksanaan Musrenbang ini adalah amanat dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Permendagri Nomor 86 tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah serta Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Jangka Menengah.


Menurut, Pj Bupati kegiatan Musrenbang ini sebagai media interaktif bagi segenap Stakeholders kecamatan untuk menetapkan program dan kegiatan kecamatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program atau kegiatan tahun anggaran berikutnya.


"Forum ini juga merupakan bentuk komitmen bersama diantara para pemangku kebijakan daerah dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel," kata Pj Bupati.


Dikatakan, Musrenbang tingkat kecamatan ini adalah lanjutan dari pelaksanaan Musrenbang tingkat gampong yang telah dilaksanakan se-Kabupaten Nagan Raya yang berakhir pada 31 Januari 2023 lalu.


"Hasil rekapitulasi dari pelaksanaan Musrenbang gampong tersebut harus menjadi dasar dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan, sehingga tercipta sinergitas dan sinkronisasi pembangunan, hasil dari Musrenbang tingkat kecamatan ini akan menjadi bahan kerja dalam forum perangkat daerah sebagai tahapan perencanaan dalam penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Nagan Raya tahun 2024," ujar Pj Bupati.


Selain itu, Pj Bupati juga menyampaikan beberapa hal terkait arah kebijakan Kabupaten Nagan Raya tahun 2024 diantaranya, Menyukseskan pesta demokrasi, layanan pendidikan yang baik dan layak serta meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat untuk perbaikan kualitas SDM, penanggulangan kemiskinan dengan peningkatan keahlian dan pengembangan sarana pendukung usaha serta akses permodalan bagi masyarakat miskin dan rentan miskin.


Kemudian, peningkatan produktivitas dan nilai tambah komoditi pertanian, perkebunan dan perikanan diikuti dengan meningkatkan diversifikasi pangan, pengembangan infrastruktur dasar serta konektivitas antar wilayah, dan peningkatan tata kelola pemerintahan serta pelayanan publik hingga penegakkan nilai-nilai syariat islam dalam tatanan kehidupan masyarakat.


"Untuk sinergitas dari segi perencanaan bersifat bottom up (dari bawah ke atas), maka kami harapkan hasil Musrenbang kecamatan ini difokuskan sesuai dengan tema pembangunan tahun 2024 serta kriteria khusus yang menjadi isu Nasional dan Nagan Raya, seperti penanggulangan kemiskinan termasuk fokus kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting dan menjaga stabilitas inflasi," jelas Pj. Bupati.


Di akhir amanatnya, Pj Bupati meminta kepada peserta dalam forum Musrenbang Kecamatan ini untuk bersama-sama membangun Nagan Raya.


"Mari kita bersama-sama membangun Nagan Raya ini dengan menghasilkan usulan kegiatan yang berkualitas, sesuai dengan kewenangan dan menjadi daya ungkit, demi meningkatkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dalam upaya kemandirian ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dari berbagai sektor," tutup Pj Bupati.


Sebelumnya, Camat Kuala, Jufrizal SPd.I.,M.Si melaporkan acara Musrenbang ini dihadiri oleh 17 orang Keuchik dan 17 ketua Tuha Peut serta Keujrun Blang dalam Kecamatan Kuala serta Anggota DPRK daerah pemilihan Kuala serta undangan lainnya.


Jufrizal mengharapkan dalam Musrenbang ini agar para peserta yang hadir untuk dapat memberikan ide-ide dan konsep dalam hal pembangunan, baik itu yang prioritas dan yang bukan prioritas. Sehingga pembangunan di Kecamatan Kuala bisa dijalankan sebaik mungkin untuk kemaslahatan masyarakat.


Turut hadir dalam Musrenbang tersebut Anggota DPRK Nagan Raya, Junid Aryanto, Zulkarnain dan Bustaman, Staf khusus Pj Bupati Fakhrulsyah Mega, Kepala Bappeda, Rahmatullah SSTP.,M.Si, Kadis DKPP, Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikan, Kadis Sosial, Kadis DPMGP4, Forkopincam Kuala, para Keuchik dan Ketua Tuha Peut serta Kejrun Blang se- Kecamatan Kuala.**


Helman

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan, Pj. Bupati Fitriany Sampaikan Fokus Pembangunan Tahun 2024

Trending Now

Iklan