Iklan

Buka Pelatihan Susesnas, Pj Bupati Nagan Raya Fitriany : Laksanakan Pekerjaan sesuai SOP

Aceh
14 Februari 2023 | 11:59 WIB Last Updated 2023-02-14T05:01:25Z


Suka Makmue - Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos., M.Si, buka acara Pelatihan Petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2023, di Grand Nagan Hotel, Simpang Peut, Kecamatan Kuala, Senin (13/2/2023). 


Pada kesempatan itu, Fitriyany Farhas dalam sambutannya mengatakan, Susenas merupakan salah satu sumber data sosial ekonomi rumah tangga yang sangat penting.


"Karena itu, kesinambungan ketersediaan dan kualitas data Susenas harus tetap dijaga dan ditingkatkan," katanya. 

 

Lebih lanjut, Fitriany menggungkapkan, data hasil Susenas menjadi sandaran utama untuk perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah, terutama terkait kondisi sosial dan ekonomi masyarakat.


"Saya berharap, saat pendataan di lapangan nanti benar-benar dilaksanakan, jangan mendata di atas meja atau di warung kopi tapi mendatalah dengan sesungguhnya, dilaksanakan sesuai SOP serta hasilnya nanti mendapatkan data yang berkualitas," katanya. 


Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Nagan Raya, Sardi, SE,M.Si. melaporkan, pelaksanaan pelatihan ini dalam rangka menyamakan persepsi petugas dalam melakukan pendataan.


"Sampel untuk Kabupaten Nagan Raya sebanyak 550 rumah tangga yang tersebar di 10 kecamatan, dan semua petugas pendataan berasal dari Nagan Raya. Pendataan ini dalam rangka mengukur kemiskinan secara makro maupun kemiskinan ekstrem, serta nilai IPM tahun 2023," jelas Sardi. 


Menurutnya, pelatihan Susenas Maret dan Seruti 2023 terdiri dari dua gelombang, antara lain gelombang 1 Susenas Maret berjumlah 17 peserta dan 20 peserta Seruti mulai tanggal 13 sampai 15 Februari 2023.


Sedangkan gelombang 2 mulai tanggal 15 sampai 16 Februari 2023. 


"Kami memohon dukungan petugas Susenas Maret 2023 ini agar dalam pelaksanaan dilapangan dapat menjaga kualitas data, sehingga pengambilan kebijakan oleh pemerintah, baik dari tingkat kabupaten hingga pusat, dapat tepat sasaran," harap Sardi.


Selesai acara pembukaan dilanjutkan penyerahan buku kerja dari kepala BPS Nagan Raya kepada Pj Bupati. 


Selanjutnya pemaparan materi tentang "Penjelasan Umum Susenas Maret 2023" oleh Koordinator Fungsi Staf Sosial BPS Nagan Raya, Muhammad Syafitri, SE dan Statistisi Ahli Pratama, Kafie Achmad Aviev, S.Tr.Stat.


Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bappeda dan Kadis Kominfotik setempat, Instruktur Nasional Susenas Maret dan Seruti 2023 serta unsur BPS Kabupaten Nagan Raya.**


Helman

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Buka Pelatihan Susesnas, Pj Bupati Nagan Raya Fitriany : Laksanakan Pekerjaan sesuai SOP

Trending Now

Iklan