Iklan

Desa Untang Gelar Turnamen Bola Volley, Dalam Rangka Gawe Pade (Tahun Baru Padi) Cup I Tahun 2023

Kalimantan Barat
07 Februari 2023 | 01:40 WIB Last Updated 2023-02-06T18:42:14Z

 


LANDAK, KALBAR,- Tradisi Gawe Pade (Tahun Baru padi) Merupakan kegiatan rutin yang di laksanakan oleh masyarakat adat setelah selesai panen padi ladang sebagai bentuk ungkapan syukur kepada sang Jubata (Tuhan). Tradisi ini sudah berlangsung secara turun temurun oleh masyarakat adat khususnya Desa Untang Kecamatan banyuke hulu kabupaten landak. Senin, 06/02/2023.


Sebagai bentuk ungkapan syukur dan serta ikut memeriahkan acara gawe pade(Tahun Baru Padi). Desa untang menggelar turnamen bola voli baik putra maupun putri sebanyak 26 team yang akan bertanding dari beberapa kecamatan diantaranya: 1.Kecamatan Bengkayang Kabupaten Bengkayang, 2. Kecamatan Menyuke Kabupaten Landak, 3. Kecamatan Merantik Kabupaten Landak, 4.Kecamatan Mempawah Hulu Kabupaten Landak, 5. Kecamatan Teriak Kabupaten Bengkayang. 


Pada hari ini Senin 06/02/2023 Turnamen bola voli dalam rangka merayakan tradisi Gawe Pade (Tahun Baru padi) di buka secara resmi oleh Kepala Desa (Kades) Untang Martinus Mela,S Pak.


Kepada media ini kepala desa untang Martinus Mela Menerangkan bahwa tujuan dari kegiatan ini sebagai bentuk melestarikan budaya asli daerah dengan konsep kaerifan lokal hingga sebuah tradisi yang telah di lakukan secara turun temurun bisa di kenal lebih luas.


"Kegiatan ini kami laksanakan sebagai bentuk ungkapan syukur serta tetap melestarikan budaya tradisi yang telah di laksanakan secara turun temurun. Dengan kegiatan ini juga kami selaku kepala desa khususnya kepada pemuda Desa Untang mempunyai kegiatan di bidang olah raga serta memperkenalkan tradisi yang mengangkat budaya kearifan lokal." Ucapnya.


Martinus mela Juga berharap kepada pemerintah daerah kabupaten landak untuk mendukung kegiatan ini menjadi sebuah agenda rutin setiap tahun.


"Kami juga berharap kepada  pemerintah khususnya pemerintah kabupaten landak mendukung kegiatan ini dan di harapkan kenjadi sebuah agenda rutin  setiap tahun  dalam setiap menyambut gawe pade (Gawai Padi)." Ujarnya.


Kegiatan ini di dukung kepala desa Untang Martinus Mela,S.Pak Sebagai penyelenggara serta di dukung oleh Junis Anggota DPRD Landak dan dr Karolin Margaret Natasa M.H Ketua DPK HKTI kabupaten landak .


INJIL

=====

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Desa Untang Gelar Turnamen Bola Volley, Dalam Rangka Gawe Pade (Tahun Baru Padi) Cup I Tahun 2023

Trending Now

Iklan