Iklan

Polres Bengkayang adakan Jum’at Curhat dengan tema "Keselamatan Berlalu Lintas di Lingkungan Sekolah".

Kalimantan Barat
03 Maret 2023 | 14:46 WIB Last Updated 2023-03-03T07:46:22Z

 


BENGKAYANG, KALBAR,- Untuk kesekian kalinya Kepolisian Resor Bengkayang menggelar kegiatan silaturahmi dan berkomunikasi kepada masyarakat yang bernuansa Jum’at Curhat, yang pada saat ini mengambil tema “Keselamatan Berlalu Lintas di Lingkungan Sekolah” dengan melibatkan Dinas Pendidikan, Para Kepala Sekolah dan Dewan Guru di Kecamatan Bengkayang” yang bertempat di Warung Bude Suryati. Jum’at, 3/3/2023 pagi.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Bengkayang yang diwakili Wakapolres Bengkayang Kompol Michael Terry Hendrata, S.H., S.I.K., M.H., Pju Polres Bengkayang, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bengkayang diwakilkan oleh Kasi Pembina SD dan SMP, Kepala Sekolah SMAN 01 Bengkayang, Kepala Sekolah SMAN 02 Bengkayang, Kepala Sekolah SMK N 01 Bengkayang, Kepsek SMP N 01 Bengkayang, Kepala Sekolah SMP ST Tarsisia Bengkayang, Kepala Sekolah SDN 09 Bengkayang, Kepala Sekolah SDN 02 Bengkayang serta beberapa Dewan Guru.


Dalam pembukaannya, Wakapolres Bengkayang mengatakan pihaknya mengambil tema ini bertujuan untuk mewujudkan Pelajar yang berprestasi dan memiliki kepedulian dalam keselamatan berlalu Lintas serta menanamkan dan membangun pemahaman kesadaran dalam berperilaku tertib berlalu lintas untuk mengurangi resiko kecelakaan yang terjadi terhadap pelajar.


“Kami ucapkan terima kasih atas waktu yang diluangkan bapak ibu untuk menghadiri kegiatan Jum’at Curhat ini. Untuk diketahui kegiatan ini rutin kami laksanakan setiap minggunya di hari jum’at dan serentak diseluruh Polda, Polres dan Polsek. Kali ini, kami mengambil tema Keselamatan Berlalu Lintas di Lingkungan Sekolah,” jelas Wakapolres.


Dalam kegiatan Jum’at Curhat ini, tampak berbagai pihak yang hadir saling berbincang-bincang, memberikan pertanyaan, menyampaikan keluhan dan masukkan serta membahas mengenai keamanan dan ketertiban berlalu lintas di lingkungan sekolah maupun mengenai kenakalan remaja yang hampir marak terjadi dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah.


Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Bengkayang diwakilkan oleh Kasi Pembina SD dan SMP, Bpk. R. Rusdi, menyampaikan, terima kasih atas waktu dan kesempatan ini, kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Polres Bengkayang. Mengenai keselamatan berlalu lintas di lingkungan sekolah kami berharap adanya kegiatan rutin dari pihak Kepolisian dalam pembinaan tentang aturan berlalu lintas di sekolah-sekolah dan tentang Patroli Keamanan Sekolah.


"kami juga berharap adanya pelatihan secara terus menerus dari pihak Polres Bengkayang agar anak-anak murid yang mengikuti PKS memiliki kepercayaan diri dalam melaksanakan kegiatan keamanan dan ketertiban disekolah,” ucapnya Rusdi.


Selain tentang keselamatan berlalu lintas, menurut kami ancaman yang sangat nyata saat ini dikalangan anak-anak sekolah adalah Narkoba, kami berharap adanya dilakukan rajia di sekolah-sekolah terkait kemungkinan peredaran Narkoba,” tambah Rusdi.


Mengenai hal tersebut, Wakapolres menjelaskan bahwa pihaknya melalui Sat Lantas sudah melakukan sosialisasi dan pembinaan tentang aturan berlalu lintas di beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Bengkayang, namun tentu pihaknya akan lebih merutinkan lagi kegiatan tersebut. Sedangkan mengenai Patroli Keamanan Sekolah (PKS), dibeberapa sekolah juga telah dilaksanakan. Dalam hal PKS, dirinya mengharapkan adanya kelengkapan atribut seperti Pet yang digunakan kepolisian, pluit maupun rompi guna optimalnya kegiatan Patroli Keamanan Sekolah.


“Adapun terkait kemungkinan peredaran narkoba di lingkungan sekolah, kami juga telah beberapa kali melakukan kegiatan razia dengan melibatkan Polsek Jajaran. Seperti yang dilakukan Polsek Seluas beberapa waktu yang lalu melakukan razia disalah satu sekolah di Kecamatan Seluas, pihaknya menemukan adanya pelajar yang memiliki narkoba dengan jenis sabu dan telah kami amankan untuk diselidiki lebih lanjut” ungkap Wakapolres.


Dalam kesempatan ini juga, Kepala Sekolah SMAN 01 Bengkayang, Ibu. Sri Yanti, S.Pd., M.Pd, mengutarakan ungkapan terima kasih atas undangan kegiatan Jum’at Curhat ini, menurutnya kegiatan ini sangatlah efektif dan bermanfaat, sehingga segala pihak dapat mudah bertukar informasi ataupun menyampaikan pendapat, keluhan dan pertanyaan.


“Terima kasih atas undangan Jum’at Curhat ini, kegiatan ini sungguh sangat bagus dan bermanfaat. Adapun mengenai tema yang pada saat ini dibahas, kami dari pihak sekolah tidak melarang para pelajar menggunakan motor saat bersekolah namun dengan syarat wajib untuk tertib dan mematuhi aturan lalu lintas. Kami juga rutin melakukan pengecekkan serta pengawasan terhadap kelengkapan pelajar dalam berkendara,” sampai Sri.


“Mengenai balap liar di jalanan yang marak dilakukan anak-anak pelajar, kami selaku pihak sekolah tidak henti-hentinya menghimbau untuk tidak ikut-ikutan dalam kegiatan tidak bermanfaat tersebut. Dalam kesempatan ini kami berharap pihak Kepolisian dapat melakukan patroli dan mengedukasi terhadap adanya balap liar yang dilakukan para pelajar,” lanjut Sri.


Kemudian Wakapolres menjawab apa yang disampaikan dari pihak Kepala Sekolah SMAN 01 Bengkayang, menurutnya perlu adanya kerja sama dengan Bapak/Ibu Kepala Sekolah untuk terus mengedukasi kepada siswa/siswi pentingnya keselamatan berlalu lintas serta menanamkan pengetahuan dan menumbuhkan perilaku tertib berlalu lintas sejak dini dengan harapan anak-anak  memahami tata cara berlalu lintas lintas dengan baik.


“Tentang adanya balap liar yang dilakukan anak-anak pelajar, dari Satuan Lalu Lintas dan Satuan Samapta Polres Bengkayang sudah melakukan patroli secara rutin untuk menertibkan balap liar, beberapa kali kami temukan anak-anak yang melakukan balap liar yang kebanyakan masih dibawah umur,” kata Wakapolres.


Dikesempatan yang lain, Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H., menyampaikan dengan kegiatan yang digelar ini, dia berharap para pihak sekolah dapat menyampaikan, menghimbau dan mengedukasi kepada anak muridnya, sehingga kedepannya palajar ini nantinya menjadi warga yang sadar hukum khusunya tentang peraturan dalam berlalu lintas serta dapat menjadi pelopor keselamatan.



Sumber: Humas Polres Bengkayang


INJIL

====

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polres Bengkayang adakan Jum’at Curhat dengan tema "Keselamatan Berlalu Lintas di Lingkungan Sekolah".

Trending Now

Iklan