Iklan

Rutan Bengkayang Lakukan Upaya Deteksi Dini Terhadap Penyebaran Virus TB Di Dalam Rutan Bersama Puskesmas Lumar

Kalimantan Barat
22 Maret 2023 | 21:46 WIB Last Updated 2023-03-22T14:46:37Z

 


BENGKAYANG, KALBAR,- Dalam rangka deteksi dini penyebaran Virus Tuberculosis (TB), Rutan Kelas IIB Bengkayang bekerja sama dengan Puskesmas Lumar menggelar Screening TB kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Bengkayang. Selasa, 21/03/2023.

 

Bertempat di Aula Rutan Kelas IIB Bengkayang, sebanyak 250 Warga Binaan diikutsertakan dalam pemeriksaan ini. Screening TB yang dilakukan antara lain registrasi awal dimana Warga Binaan ditanya mengenai indikasi penyerbaran virus dan gejala TB lalu dilanjutkan pemeriksaan sampel dahak, bagi WBP yang diduga rentan terhadap kemungkinan penyebaran virus TB.


Pelaksanaan Screening ini dipantau langsung oleh Kepala Rutan Kelas IIB Bengkayang. Kepala Rutan Kelas IIB Bengkayang, Pak Keynes mengatakan :


"Kegiatan Screening TBC ini merupakan salah satu upaya Deteksi Dini Bagi Rutan Bengkayang dan Hal ini juga demi mencegah penyebaran virus TBC dan penyakit lainnya ke dalam Rutan" Menutup sambutannya didepan seluruh WBP Rutan Kelas IIB Bengkayang.


Kepala Puskesmas Kecamatan Lumar drg. Sugesti menyampaikan kegiatan screning TBC ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan secara berkala sebagai bentuk kerjasama Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB yang dalam hal ini menunjuk tim Puskesmas Lumar sebagai pelaksana screning dan test TB. Kegiatan ini juga dalam rangka Hari TBC Sedunia yang diperingati setiap tanggal 24 Maret. Tema tahun 2023 kali ini adalah "AYO BERSAMA AKHIRI TBC, INDONESIA BISA"  dengan harapan kita memiliki kekuatan bersama untuk mengakhiri TBC. Dan kegiatan screning dan test TBC ini adalah salah satu upaya  untuk tercapainya harapan kita, harapan Indonesia.


"Tak lupa ucapan terimakasih diberikan kepada Kepala Rutan Kelas IIB Bengkayang beserta jajaran dan seluruh warga binaan pemasyarakatan yang dengan antusias dan kooperatif mendukung kegiatan ini." Pungkas Ibu drg. Sugesti selaku Kepala Puskesmas Lumar mengakiri. ***HR



INJIL

====

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rutan Bengkayang Lakukan Upaya Deteksi Dini Terhadap Penyebaran Virus TB Di Dalam Rutan Bersama Puskesmas Lumar

Trending Now

Iklan