iklan

---

Berusia 500 Tahun, Kotak Misterius Ini Ditemukan di Penggunungan Norwegia

Relasi Nasional
Selasa, 22 Juni 2021 | 23:01 WIB Last Updated 2021-12-14T02:49:46Z

Relasi Nasional | Norwegia - Baru-baru ini peristiwa mencairnya es glasial di sepanjang jalur pegunungan Norwegia mengungkap keberadaan dari ratusan artefak kuno di dalamnya.

Salah satu artefak yang menjadi sorotan yakni sebuah kotak kayu dengan penutup yang masih terpasang dengan cukup kuat. Hingga bikin penasaran apa isi dari kotak tersebut.

Para peneliti pun sukses membukanya dan akhirnya kotak ini memperlihatkan isinya yang selama menjadi misteri. Namun, apa yang tersimpan dalam kotak kayu berusia 500 tahun ini?

Dilansir dari jalantikus.com yang Mengutip Gizmodo, kotak kayu tersebut rupanya berisi lilin lebah. Bukannya harta karun emas atau perhiasan seperti yang diharapkan sebelumnya.

Namun, yang menjadi menarik adalah lilin lebah dan kotak tersebut ketika ditemukan masih berada di kondisi yang terpelihara dengan cukup baik. Bahkan tutupnya terpasang kuat.

Selain itu, usai dibuka lilin lebah bersama sumbunya tampak masih siap untuk digunakan. Tak heran kalau temuan ini justru mengisahkan hal menarik yang terjadi di masa lampau.

Lapisan es Lendbreen, yang berada di Oppland Country, Norwegia kali pertana ditemukan oleh arkeolog di tahun 2011 lalu. Lapisan es ini mengawetkan benda-benda organik yang terbuat dari kayu, kulit, tulang, hingga wol.

Pemanasan global yang kian parah membuat lapisan es ini mencair dan mengungkap keberadaan dari benda-benda kuno ini, termasuk salah satunya yakni kotak kayu berisi lilin lebah tadi.

Kotak kayu yang menjadi salah satu penemuan paling mengagumkan dari lokasi mencairnya es tersebut pun mengundang rasa penasaran para arkeolog.

Arkeolog bahkan ingin mengetahui usia dari kotak ini, jenis kayu sebagai bahan pembuatnya, dan tentu muatannya yang sudah diketahui berisi lilin lebah, Lilin Lebah Adalah Benda Berharga di Masanya

Menurut penanggalan radiokarbon, arkeolog mendapati kalau kotak ini terbuat dari pinus yang berasal dari tahun 1475 M hingga 1635 M atau berusia sekitar 386 hingga 546 tahun. Awet sekali bukan?


"Sekarang kita tahu bahwa kotak lilin seperti itu digunakan di masa lalu. Ini juga sesuai dengan apa yang kami ketahui tentang jalur Lendbreen," terang peneliti.


Lebih lanjut, kotak-kotak tersebut dipakai oleh para petani untuk menyimpan juga melindungi lilin ketika mereka menjalani perjalanan dari ladang utama hingga ladang musim panas.

Begitu tiba di ladang musim panas mereka, lilin-lilin tersebut jadi satu-satunya sumber penerangan di malam hari lantaran petani akan mulai bekerja dari awal musim semi sampai musim gugur.

Sehingga bisa dikatakan kalau lilin merupakan sumber daya yang penting dan kala itu diperlakukan layaknya benda yang berharga.

Walau kotak ini tak menyimpan harta dan cuma berisi barang rumah tangga. Namun temuan ini tetap menjadi hal yang penting untuk kontribusi ilmu pengetahuan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berusia 500 Tahun, Kotak Misterius Ini Ditemukan di Penggunungan Norwegia

Trending Now