iklan

---

8 Aplikasi Android Yang Akan Mencuri Isi Rekeningmu

Relasi Nasional
Minggu, 29 Agustus 2021 | 01:06 WIB Last Updated 2021-10-24T07:59:11Z

Foto: Unsplash


Relasi Nasional | Belgia - Belakangan marak terjadi pencurian data pribadi dan saldo rekening melalui aplikasi android, hal ini terjadi karena Malware atau Virus Joker yang tertanam didalam aplikasi tersebut.


Di Belgia sendiri, kepolisian setempat telah mengeluarkan peringatan untuk aplikasi tersebut yang dapat merugikan pengguna android.

"Program jahat ini telah terdeteksi di delapan aplikasi Play Store yang telah dihapus oleh Google," Ujar Polisi Belgia seperti dikutip dari Times Of India (29/08/21).


Cara kerja Virus Joker tersebut sangatlah sederhana, yaitu dengan cara memaksa ataupun secara otomatis berlangganan layanan premium pada aplikasi tersebut tanpa sepengetahuan pemilik ponsel.

"Anda akan terkejut melihat tagihan di rekening bank atau kartu kredit Anda di akhir bulan," Ungkap Polisi Belgia.

Google telah menghapus 8 aplikasi tersebut dari playstore, namun ancaman dari aplikasi tersebut tidak akan hilang sebelum anda menghapus aplikasi tersebut dari smartphone anda.

Berikut 8 aplikasi yang di sebut kepolisian belgia tertaman malwer di dalamnya:

1. Auxiliary Message

2. Element Scanner

3. Fast Magic SMS

4. Free CamScanner

5. Go Messages

6. Super Message

7. Super SMS

8. Travel Wallpapers

Virus Joker adalah malware yang sengaja ditaman dalam sebuah aplikasi untuk mencuri data pribadi pengguna android, dan menguras rekening pengguna android dengan cara berlangganan layanan premium secara paksa pada aplikasi tersebut tanpa sepengetahuan pengguan android. (Rel)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 8 Aplikasi Android Yang Akan Mencuri Isi Rekeningmu

Trending Now

Ads

iklan