Iklan

5 Tips Cepat Paham Belajar Matematika, Yukk Disimak!

relasinasional
10 Oktober 2021 | 12:24 WIB Last Updated 2021-10-24T07:59:11Z

5 Tips Cepat Paham Belajar Matematika, Yukk Disimak!Foto : Elga Safitri Pengajar Aktif Matematika

 

Relasi Nasional | Sampai sekarang matematika masih menjadi pelajaran yang momok dikalangan siswa karena menganggap matematika pelajaran paling sulit. Ditambah lagi dengan sosok guru matematika yang sangat menyeramkan bagi mereka maka tidak jarang kita akan mendengar bahwa matematika pelajaran yang ingin dimusnahkan di bumi ini.

Padahal sebenarnya tidak demikian, matematika itu sangat mudah dan tidak ribet. Kenapa? Karena matematika selalu menyajikan jawaban yang pasti tanpa meleset sesuai rumus yang digunakan.

Nah, disitulah keunikan dari ilmu yang satu ini. Tetap konsisten sampai kapanpun dan bahkan ada yang mengatakan biasanya yang jago berhitung itu akan sukses dalam hidupnya lho!!

Meskipun teori di atas tidak bisa dibuktikan secara konkrit namun faktanya mereka yang jago matematika terlihat keren dan otaknya pasti sangat encer karena matematika ratunya dari segala ilmu di dunia ini. Matematika masuk ke semua pelajaran dan peradaban yang tanpa disadari perhitungan yang benar dari matematika telah menciptakan berbagai penemuan yang bermanfaat di dunia ini

Untuk itu , bagi adik-adik siswa sekalian yuk kita simak tips pintar belajar matematika dengan benar. Baca sampai habis ya!

1. Ubah Pola Pikir Matematika Sulit Menjadi Matematika itu Menyenangkan

Semua pastinya berawal dari apa yang kita pikirkan karena pikiran mampu merangsang sistem gerak tubuh untuk melakukan sesuatu sesuai dengan perintahnya. Jadi, tanamkan dalam pikiran bahwa matematika itu menyenangkan agar menjadi langkah awal menggerakkan semangat belajar matematika.

Pokoknya cintai dulu matematika maka kamu akan tahu kejutan yang menyenangkan selanjutnya

2. Catat Rumus Matematika Sesuai Cara yang Disukai Agar Lebih Paham

Terkadang melihat rumus dan angka yang berantakan di buku catatan membuat pikiran pusing seperti melihat benang yang kusut. Untuk itu, mulai sekarang tulislah rumus dengan rapi dan menarik. Bila perlu berikan coretan warna yang indah agar kamu suka melihatnya

3. Pahami Konsep Rumus Bukan Sekedar Hafalan

Disinilah sering terjadi kesalahan setiap siswa. Ketika rumus dihafal maka sudah pasti kamu akan lupa. Alhasil kamu tidak akan mampu menganalisis soal matematika yang diberikan oleh guru.

Mirisnya lagi, ketika materi yang diberikan sama namun hanya angka yang diganti maka sudah pasti siswa yang menghafal tanpa memahami konsep mereka tidak akan mampu menjawabnya. Lalu berdalih, guru memberikan soal tidak sesuai dengan yang diajarkan sebelumnya.

Padahal disini siswa belum mampu memahami konsep rumus matematika yang diberikan. Semua soal matematika akan mudah dijawab walaupun angka diganti ketika konsep sudah dipahami

4. Rutin Menjawab Soal Matematika Minimal Tiga Soal Sehari

Ibarat makan, matematika juga harus demikian. Membiasakan diri belajar matematika setiap harinya dengan menjawab minimal 3 soal dalam sehari maka lambat laun kemampuan matematika semakin terasah dan lancar

5. Tanyakan Pada Orang yang Tepat Jika Belum Paham

Terakhir tips yang penting diterapkan adalah jangan segan untuk selalu bertanya ketika ada yang belum dipahami pada materi matematika. Tapi ingat, kamu harus cari orang yang tepat untuk bertanya. Sebab jika kamu bertanya pada orang yang tidak paham matematika maka kamu akan dibuat kesal sendiri dan akan timbul rasa malas belajar matematika lagi

Nah itu dia tips yang benar dalam belajar matematika ya. Simak dan terapkan agar kamu menjadi orang yang pintar matematika selanjutnya!

Sumber : kaltim.idntimes.com

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 5 Tips Cepat Paham Belajar Matematika, Yukk Disimak!

Trending Now

Iklan