iklan

---

Hapus Aplikasi Ini Jika Tidak Ingin Rekeningmu di Bobol

Relasi Nasional
Sabtu, 23 Oktober 2021 | 07:23 WIB Last Updated 2021-12-03T16:43:40Z


Relasi Nasional | Teknologi - Maraknya pencurian data pribadi, Google kembali menghapus sejumlah aplikasi dari Google Play Store karena tertanam malware berbahaya.



Kali ini sebanyak tiga aplikasi di blokir oleh google yang masuk dalam kategori aplikasi edit foto dan video. Ketiganya telah tertanam malware yang bisa mencuri informasi pribadi pengguna secara diam-diam tanpa sepengetahuan.



Aplikasi tersebut yaitu:

• Magic Photo Lab - Photo Editor

• Blender Photo Editor - Easy Photo Background Editor

• Pix Photo Motion Edit 2021




Ketiga aplikasi photo editor yang dimaksud tidak bisa ditemukan lagi di Google Play Store. Jika Anda sudah mengunduh salah satu aplikasi tersebut, sangat disarankan untuk menghapusnya sesegera mungkin demi keamanan data pribadi.


Dilansir dari BGR India, Kamis (23/10/2021), firma keamanan siber Kaspersky mengatakan, ketiga aplikasi tersebut mencuri informasi kredensial korban melalui metode login Facebook, kemudian digunakan untuk mengakses rekening bank korban.



Opsi "Login with Facebook" yang digunakan untuk trik ini memang cukup banyak diterapkan di aplikasi.
Beberapa pengguna memilih opsi ini agar tidak ribet untuk membuat akun baru. Google sendiri sering menemukan aplikasi berbahaya di Play Store store.


Baru-baru ini, misalnya, 150 aplikasi dihapus karena berisi malware Grift Horse Trojan yang membanjiri ponsel korban dengan pemberitahuan bahwa mereka telah memenangkan hadiah. Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.


Setelah diklik, link notifikasi akan mengarahkan korban ke situs web yang akan meminta kontak pribadi dengan alasan verifikasi. Bahkan, situs tersebut justru akan mendaftarkan nomor korban ke layanan SMS premium seharga 30 Euro (sekitar Rp 494.000) per bulan tanpa sepengetahuan dari korban.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hapus Aplikasi Ini Jika Tidak Ingin Rekeningmu di Bobol

Trending Now