iklan

---

Tingkatkan Literasi Menulis, MTsN 1 Bireuen Ajak Siswa Menulis Puisi

Relasi Nasional
Minggu, 14 November 2021 | 10:50 WIB Last Updated 2021-11-14T03:50:18Z

Tingkatkan Literasi  Menulis, MTsN 1 Bireuen Ajak Siswa Menulis Puisi

Relasi Nasional | Bireuen - Puluhan siswa MTsN 1 Bireuen yng didampingi guru Pembimbing di bawah Koordinator Literasi Sekolah Cut Dian Rahmawati,S.Pd mengikuti Program Literasi Nasional Gerakan Menulis Buku Indonesia, Sabtu,13/11//2021

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar di ruang Lab Komputer MTsN 1 Bireuen.


Dewi Sofiana SP salah seorang fasilitator dari GSMB Nasional mengatakan kemampuan literasi perlu dikuasai oleh setiap anak, khususnya literasi baca dan tulis. Oleh karenanya, dua literasi dasar ini perlu dikenalkan sejak dini.


Dewi juga menambahkan jika siswa dan guru memiliki komitmen yang kuat serta semangat dan ketekunan untuk berkarya maka harus ada sebuah karya tulis yang diciptakannya.


Guna meningkatkan literasi siswa madrasah. MTsN 1 Bireuen bekerjasama dengan GSMB Nasional menyelenggarakan Gerakan Sekolah/Madrasah Menulis Buku.


Munawar, S.Ag selaku Kepala Madrasah mengatakan, gerakan tersebut penting untuk menanamkan kegemaran siswa dalam menulis, kegemaran menulis harus ditanamkan pada siswa sejak dini agar kegiatan literasi bisa berhasil dengan baik, juga dalam rangka mewujudkan literasi menjadi bagian dari karakter siswa, karena MTsN 1 Bireuen sebagai Madrasah Unggul Berbasis Riset, tentu kemampuan menuangkan hasil penelitian dalam bentuk tulisan merupakan suatu keharusan


Jika siswa dan guru memiliki komitmen yang kuat serta semangat dan ketekunan untuk berkarya maka akan ada sebuah karya tulis yang diciptakannya, ucap Munawar.


Ini menjadi bukti bahwa siapapun bisa menjadi apapun selama ada usaha, doa, dan ketekunan. Kita harus berusaha untuk mengembangkan bakat dan semangat menulis sehingga menghasilkan karya-karya yang mampu membawa perubahan bagi dunia pendidikan dan kemajuan literasi terutama di Kabupaten Bireuen.



Sebanyak 50 Puisi siswa MTsN 1 Bireuen dibawah 5 Guru pembimbing yaitu Bakhtiar,S.Pd, Nurhidayah Tambunan,S.Pd, Nurlaila,S.Pd, Azizah, S.Ag, dan Mursyidah S. Pd, serta 6 karya puisi Guru dibawah Koordinator Literasi Sekolah Cut Dian Rahmawati,S.Pd. telah berhasil membuat buku Antologi Puisi siswa MTsN 1 Bireuen.
Jika siswa dan guru memiliki komitmen yang kuat serta semangat dan ketekunan untuk berkarya maka harus ada sebuah karya tulis yang diciptakannya. Rept//ft: Bakhtiar,S.Pd

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Literasi Menulis, MTsN 1 Bireuen Ajak Siswa Menulis Puisi

Trending Now