iklan

---

Yayasan Al-Marhamah dan ACT Langsa Adakan Parenting Class dan Wakaf Sumur di Kota Langsa

Relasi Nasional
Minggu, 28 November 2021 | 17:08 WIB Last Updated 2021-11-28T10:58:44Z

Yayasan Al-Marhamah dan ACT Langsa Adakan Parenting Class dan Wakaf Sumur di Kota Langsa

Relasi Nasional | Langsa - Setiap orang pasti memiliki luka psikologis di masa lalu, jika ini tidak diatasi makai a akan berdampak banyak dalam setiap keputusan dan tindakan kita sehari-hari. Jadi, Jika emosi sering meledak-ledak, tiba-tiba merasa sedih tanpa ada alasan yang logis, atau cepat merasa tersinggung, terlalu khawatir dan sebagainya ini bisa menjadi salah satu tanda memiliki luka psikologis.


Luka psikologis di masa kecil lebih dikenal dengan inner child, yaitu kondisi trauma dimasa lalu, yang masih membekas sampai beranjak dewasa malah sampai tua. Kondisi ini sangatlah berbahaya ketika luka psikologis masih terbawa ke dalam rumah tangga, terutama bagi pasangan yang sudah memiliki anak. Dampaknya, orangtua secara tidak sadar mendidik anak dengan membawa beban-beban dimasa lampau, misalnya orang tua yang terbiasa membentak anak, mengekang anak sehingga anak tidak bisa menyampaikan pendapatnya, sering meremehkan kemampuan anak sehingga anak menjadi tidak percaya diri dan sebagainya.



Apa yang disebutkan diatas, faktanya terjadi dibanyak keluarga, dan solusinya adalah mengedukasi lebih banyak orangtua sehingga kedepannya pola asuh akan lebih baik. Kondisi inilah yang membuat Yayasan Al-Marhamah berkolaborasi dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Langsa Menyelenggarakan kelas parenting untuk wali santri santri dengan tema “Inner Child, Membangun Karakter yang Baik atau menyembuhkan luka dari masa kecil“, pada Hari Sabtu (27/11/2021) di Aula Cakra Donya, Kota Langsa.

Program ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh Yayasan Al-Marhamah dimana turut mengundang seluruh wali santri baik dari TAUD (Tahfizd Anak Usia Dini), RA (Raudhatul Atfal), PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), , SD IT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) dan SMP IT (Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu)”, Ujar Bu Irma, Humas SD IT Al-Marhamah


Selanjutnya ia menambahkan, alasan lain pentingnya kelas kelas parenting ini untuk wali santri.
Tema ini merupakan salah satu upaya sinergitas antara sekolah dengan wali santri sehingga kita mampu mencapai tujuan bersama yaitu membentuk generasi yang sehat mentalnya, baik akhlaqnya dan cerdas secara intelektual” Tambah Bu Irma.


Bunda Rahmah Nur Rizki, S.Psi., M.Psi, Founder dan Trainer Sekolah Inspirasiyang menjadi pemateri di kelas parenting itu, ia menyampaikan beberapa penyebab yang melukai psikologi kita di masa lampau.


Inner Child atau luka psikologis bisa terjadi karena bencana alam, bullying, perilaku yang kurang tepat dari orangtua sehingga anak menjadi trauma, salah satunya seperti mengurung anak dikamar mandi, menganiaya, mengeluarkan kata-kata yang buruk, dan sebagainya”. Ujar Bu Irma.


Selanjutnya ia menambahkan “ Banyak kasus yang saya tangani, seperti sakit yang menahun, gejolak emosi yang tidak stabil, bahkan perilaku-perilaku yang agaka aneh, justru bisa diselesaikan dengan beberapa terapi psikologi yang ia lakukan, ini artinya Kesehatan mental memiliki peranan penting dalam pengambilan keputusan, tindakan dan kesehatan fisik manusia” Tambahnya
Ia juga berpesan kepada orang tua untuk terus belajar.


Pesan saya kepada bapak atau ibu untuk memaafkan semua kejadian buruk yang pernah dialami, dan mari terus belajar ilmu parenting sehingga anak-anak tidak menjadi korban dari kesalahan perilaku kita, dan ini memang butuh waktu, tetapi jika tidak dilakukan ini akan menjadi boomerang bagi kita di masa depan, karena apa yang kita tanam itu yang akan kita tuai” imbuhnya.

Ryanda Saputra, Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap Langsa Melalui Furqan mengatakan hal senada tentang pentingnya ilmu parenting.


Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah mengatakan bahwa Setiap anak dilahirkan dalam kondisi fitrah kecuali orang tuanya yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi. Ini menunjukkan bahwa setiap anak adalah representasi dari didikan para orangtua, dan sudah seyogyanya jika ingin melahirkan generasi emas, kita harus memperbanyak kajian-kajian tentang bagaimana mendidik anak dengan baik, dan salah satunya juga adalah bagaiamana kita menyembuhkan luka psikologis yang pernah kita alami di masa lampau.” Ujar Ryanda Saputra

IA jugsa sangat bersyukur bisa berkolaboarasi dengan Yayasan Almarhamah untuk menyelenggarakan kegiatan positif ini.
“Kami dari Keluarga Besar ACT Langsa sangat bersyukur bisa berkolaborasi dalam kegiatan positif ini,” Ujarnya.

Sebelum kegiatan ini ditutup dengan sesi Outbound, Keluarga Besar Yayasan Almarhamah Langsa, termasuk wali santri menyerahkan donasi untuk program pembangunan sumur wakaf untuk pesantren yang ada di Kota Langsa.


Alhamdulillah, kami sangat mengapresiasi setiap langkah baik dari keluarga besar Yayasan almarhamah, salah satunya ikut serta dalam program pembangunan sumur wakaf baik di Kota Langsa maupun di Palestina, semoga semangat ini terus terjaga dan makin kuat menyebar ke sahabat dermawan lainnya” Tutup Furqan, Marketing Communication ACT Langsa.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Yayasan Al-Marhamah dan ACT Langsa Adakan Parenting Class dan Wakaf Sumur di Kota Langsa

Trending Now

Ads

iklan