iklan

---

Peran Generasi Bangsa Untuk Memajukan Indonesia

Relasi Nasional
Sabtu, 11 Desember 2021 | 15:00 WIB Last Updated 2021-12-11T08:00:59Z

Foto: Unsplash/Anggit Rizkianto


Siapa yang tidak tahu tentang Indonesia?


Indonesia adalah salah satu negara penghasil rempah-rempah terbanyak di dunia.


Dan Indonesia merupakan negara yang menduduki peringkat kedua negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Berbicara mengenai negara Indonesia, banyak menyimpan sejarah dan nilai-nilai perjuangan didalamnya.


Jika kita mengenang kembali peristiwa negara ini puluhan tahun yang lalu sangatlah memilukan.


Hasil alam dirampas, tindak kekerasan dan kelaparan dimana-mana serta kematian berjatuhan setiap harinya.


Para pahlawan kita tetap semangat membela negara, meskipun hanya mengandalkan alat dan teknologi yang seadanya dan terbilang sangat sederhana.


Mereka bersatu bertempur melawan penjajah dengan cucuran keringat dan darah demi mempertahankan dan merebut kembali kebebasan tanah air tercinta Indonesia.


Berkat kuasa Tuhan, kegigihan dan tekad para pahlawan serta jiwa persatuan Indonesia saat itu, sehingga saat ini Merah Putih masih dapat berkibar diiringi lagu kebangsaan terutama lagu Indonesia raya masih dapat kita dengar dan nyanyikan.


Bayangkan saja jika saat itu rakyat Indonesia tidak bersatu mempertahankan negara, maka entah apa yang akan terjadi sekarang ini dengan negara Indonesia.


Usaha dan kerja keras yang dilakukan Indonesia saat itu telah membuahkan hasil.


Jatuh bangun yang dirasakan akhirnya kini  Indonesia dapat berdiri tegak.


Tahukah kalian, apa salah satu alat yang berperan penting bagi Indonesia saat itu?

Salah satu alat yang berperan penting saat itu ialah radio.


Para pejuang bangsa menjadikan radio sebagai strategi alat perjuangan, yang dimana merupakan sinyal dan alat komunikasi yang di jadikan dalam mempersatukan semangat jiwa juang Indonesia.


Melalui siaran radio yang disiarkan, mampu memberikan harapan dan jiwa bangkit perjuangan Indonesia mulai tumbuh kembali, yang sengaja disiarkan dari kota sampai  terdengar pelosok desa demi mengobarkan semangat dan rasa persatuan untuk membangun Indonesia merdeka.


Dan tiba saatnya, sudah berpuluh-puluh tahun pula Kita telah hidup di negara merdeka dan hidup di era modernisasi dengan tingkat teknologi yang serba canggih ini.


Meski demikian, sampai saat ini juga Indonesia masih dikatakan negara berkembang dan belum dikatakan negara maju.


Banyaknya tingkat pengangguran, korupsi, dan kemiskinan menjadi faktor Indonesia belum dikatakan negara maju.


Peran Kita Sebagai Generasi Bangsa

Sebagai generasi penerus bangsa, maka kita harus mempertahankan kemerdekaan bangsa dan persatuan dalam memajukan negara serta menjaga reputasi negara.


Salah satu caranya yaitu memanfaatkan teknologi saat ini.


Jika kita bersatu dan memanfaatkan teknologi/internet untuk memajukan negara Indonesia sudah pasti Indonesia mampu menjadi negara maju, sebab jika dilihat saat ini Indonesia merupakan salah satu pengguna internet terbanyak.


Tidak ada yang tidak mungkin, hanya tinggal dari dalam diri kita saja.


Negara yang dijajah berpuluh-puluh tahun saja bisa dimerdekakan kembali, apalagi negara yang sudah bebas dan merdeka ini.


Melalui ini, sebagai generasi bangsa Indonesia mari kita bersatu manfaatkan kecanggihan teknologi saat ini berjuang untuk negara Indonesia.


“Jika kita tidak ikut memerdekakan Indonesia pada peristiwa puluhan tahun yang lalu, maka saat ini kita dilahirkan untuk memajukan negara tercinta ini”.


Mari bersama-sama membawa nama baik Indonesia di seluruh dunia, lakukan sesuatu yang bermanfaat bagi negara.

Jangan karena anda negara ini terpecah belah.


Termotivasi dari sebuah pepatah:

Bersatu kita teguh, Bercerai kita runtuh.”


Dalam hal ini, kemajuan negara Indonesia ini berada di tangan generasi bangsa Indonesia sendiri, jika persatuan diteguhkan untuk memajukan negara maka negara ini pasti akan maju, namun sebaliknya jika dari generasi bangsa sendiri yang menjadi dalang akan terhambatnya kemajuan bangsa, maka sulit untuk memajukan suatu negara, dan jika tidak ada rasa persatuan bersama maka tidak akan tercapai sebuah cita-cita negara.


Penulis : Chaya Kuraa
Editor   : M Ilham Sakubat
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peran Generasi Bangsa Untuk Memajukan Indonesia

Trending Now