Iklan

Mahasiswa PGSD FKIP Umuslim Gelar Temu Ramah dan Perpisahan KKM-T di Alue Peuno

relasinasional
18 Januari 2022 | 22:25 WIB Last Updated 2022-01-19T03:18:26Z

Mahasiswa PGSD FKIP Umuslim Gelar Temu Ramah dan Perpisahan KKM-T di Alue Peuno


Relasi Nasional | Bireuen - Mahasiswa PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim menggelar kegiatan temu ramah dalam rangka pembagian hadiah perlombaan dan perpisahan Kuliah Kerja Mahasiswa Tematik (KKM-T) di Desa Alue Peuno, Kecamatan Peusangan, Bireuen pada Minggu (16/1/2022)

Ketua Program Studi PGSD FKIP Universitas Almuslim, Fachrurrazi, M.Pd menjelaskan KKM-T ini sudah berlangsung selama 5 bulan dan terakhir kegiatan KKM-T sudah selesai dengan digelar kegiatan temu ramah bersama masyarakat setempat pada Minggu malam kemarin

"Alhamdulillah kami sudah menjemput Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Almuslim yang sudah melaksanakan KKM-T selama 5 bulan terakhir di Alue Peuno," ujar Fachrurrazi

Fachrurrazi yang juga Alumni UPI ini menambahkan bahwa kegiatan lomba yang digelar oleh Mahasiswi KKM-T di pengajian Babusslam bertempat di desa Alue Peuno dan berlangsung dari tanggal 14 - 16 Januari 2022. Kegiatan ini langsung dibawah tanggungjawab Bapak Zulfa Amiruddin S.Pd selaku Keuchik desa Alue Peuno serta perangkat desa lainya.


Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswi KKM-T selama 3 hari tersebut di bantu remaja gampong, ibu PKK serta dewan guru pengajian Babussalam. Rangkaian kegiatan lomba dimulai dengan acara seleksi peserta dengan cabang-cabang lomba diantaranya lomba azan, lomba hafalan Surah Al-Qariah, lomba hafalan surat pendek, lomba praktek sholat, dan lomba cerdas cermat.

Adapun tema dari acara tersebut adalah “Menciptakan Generasi Muda yang Islami dan Berprestasi” dengan tujuan kegiatan untuk menggali potensi dan bakat yang dimiliki oleh anak serta dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Malam puncak kegiatan temu ramah dan perpisahan KKM-T dihadiri oleh Keuchik, Tgk Imum, Tuha 4, Tuha 8, Ketua Pemuda, Ibu PKK, serta Aparat dan masyarakat Gampong Alue Peuno. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Evendi, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKM-T.

Saya sangat mengapresiasikan kegiatan lomba yang diadakan oleh mahasiswa KKM-T di desa ini. Kegiatan ini sangatlah positif dan berguna dalam menggali potensi anak-anak di desa kami," ucap Zulfa Amiruddin dalam kata sambutan selaku Keuchik Desa Alue Peuno.

Pada malam puncak kegiatan tersebut Mahasiswa KKM-T menyerahkan cendramata untuk Desa, untuk Bapak dan Ibu Keuchik serta kepada Dewan Guru Pengajian Babussalam Alue Peuno. Selain itu, kegiatan juga diiringi dengan engumuman serta pembagian hadiah kepada para peserta pemenang lomba.

 

Mahasiswa PGSD FKIP Umuslim Gelar Temu Ramah dan Perpisahan KKM-T di Alue Peuno
 
 
Evendi menjelaskan selama kurang lebih 5 bulan mahasiswi menjalani KKM-T di Desa Alue Peuno. Mereka telah melakukan berbagai program, baik itu dari program kelompok maupun Individu. Adapun program-program kelompok yang sudah dilakukan antara lain pogram belajar membaca, menulis dan berhitung menggunakan APE (Alat Peraga Edukatif), TPA (Taman Pendidikan Al-quran), Sekolah alam, dan Publik Speaking.

Adapun program-program individu yang dilaksanakan diantaranya kursus menjahit bersama ibu-ibu PKK, melatih kreativitas anak (membuat kerajinan tangan, kolase daun), Les Matematika, Les Komputer, Les Bahasa Inggris, mengambar dan mewarnai, serta membuat kerajinan.


"Alhamdulillah semua program-program tersebut sudah dilaksanakan dan berjalan dengan baik, serta sangat diterima oleh masyarakat. Untuk program menjahit alhamdulilah sudah permanen karena dari ibu-ibu PKK beserta kepala desa telah melakukan kontribusi untuk melatih khursus menjahit setiap 6 bulan sekali kepada masyarakat gampong, guna untuk menciptakan masyarakat produktif yang bisa membuka usaha jahit rumahan," ujar Evendi

Pada malam penjemputan Mahasiswi KKM-T, Zulfa Amirudin, S.Pd selaku keuchik Gampong tersebut berharap agar program KKM-T ini terus berlanjut kedepannya. Karena dengan adanya mahasiswi yang turun ke Desa Keuchik berharap mahasiswi tersebut dapat mendidik anak di desa agar menjadi anak yang berprestasi dan menciptakan generasi cerdas
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa PGSD FKIP Umuslim Gelar Temu Ramah dan Perpisahan KKM-T di Alue Peuno

Trending Now

Iklan