Iklan

Wow! Kelompok Binaan Sitti Zubaidah Dapatkan Terbaik 1 Inovasi Pelaporan Belajar Milenial Melalui Youtube

relasinasional
08 April 2022 | 11:40 WIB Last Updated 2022-04-08T05:24:50Z

Wow! Kelompok Binaan Sitti Zubaidah Dapatkan Terbaik 1 Inovasi Pelaporan Belajar Milenial Melalui Youtube

 

Relasi Nasional | Bireuen - Kelompok magang binaan Dosen Pascasarjana Prodi PSL Universitas Almuslim, Dr. Ir. Sitti Zubaidah, S.Pt., S.Ag., MM., IPM., ASEAN Eng. mendapatkan penghargaan Terbaik 1 pada kegiatan Inovasi Pelaporan Belajar Milenial melalui media Youtube di Pantai Jangka, Bireuen (30/3/2022)


Hal itu dibenarkan oleh Sitti Zubaidah saat ditemui awak media Relasi Nasional di ruang kerjanya, Jumat, 8 April 2022



"Alhamdulillah, benar kelompok magang binaan saya mendapatkan penghargaan Terbaik 1 pada kegiatan Inovasi Pelaporan Belajar Milenial melalui media Youtube dari 8 kelompok lainnya yang ikut," ujar Sitti Zubaidah

 

Sitti Zubaidah yang juga menduduki jabatan Ketua Pusat Pengembangan Inovasi dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) ini mengatakan sistem pendidikan di Perguruan Tinggi Kampus Merdeka kini telah memberikan kepercayaan dan kebebasan yang seluas-luasnya terhadap potensi mahasiswa bahwa mereka mampu untuk mendapatkan pendidikan sesuai dengan minat dan bakatnya.


Generasi Mellineal adalah generasi yang memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar (curiosity), percaya diri yang tinggi (confident), dan suka membaca secara digital sehingga dibutuhkan suatu solusi media pendidikan dan pengajaran yang sesuai untuk generasi tersebut yang wajib dipenuhi oleh para akademisi di perguruan tinggi yang dipimpin oleh generasi diluar Generasi Mellinial seperti Generasi Baby Boomer, Alpha, X, dan Y, karena jika tidak akan memberikan kejenuhan kepada generasi tersebut.


Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengembangkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang sangat sesuai untuk memenuhi kebutuhan dan pengembangan potensi akademik baik secara soft skill dan hard skill mahasiswa dan dosen saat ini yang cenderung berinteraksi dan berbagi berbagai informasi melalui media sosial di Internet.


"Tentu ini peluang yang sangat baik dimanfaatkan untuk menciptakan berbagai karya melalui jejak digital," ungkapnya


Sitti Zubaidah menerangkan bahwa pada 7 Februari 2022, ia diberikan kesempatan oleh Dekan Fakultas Pertanian Umuslim untuk membimbing mahasiswa magang di lapangan yang berjumlah 6 (enam) mahasiswa yaitu Alifa Aqila, Zulmahera, Nurhaliza, Mawarni, Raudah dan Anisatul Ula dari Program Studi Peternakan. Kegiatan magang ini dilakukan di Kebun Percobaan FP Umuslim dikarenakan masa pandemi belum normal, sehingga perlu dilakukan kegiatan lapangan yang sesuai dengan passion mahasiswa dan menemukan hal inovasi baru yang mereka belum dapatkan di bangku perkuliahan. Kegiatan magang ini dilakukan selama 2 bulan (Februari - Maret), sehingga ia menerapkan sistem manajemen semi industri dalam kegiatan magang tersebut agar mampu meningkatkan soft skill seperti rasa tanggungjawab, disiplin, rajin dan percaya dan hard skill mahasiswa agar mereka mampu secara tehnik dalam kegiatan magang sampai dengan pelaporan magang secara online melalui Youtube

Wow! Kelompok Binaan Sitti Zubaidah Dapatkan Terbaik 1 Inovasi Pelaporan Belajar Milenial Melalui Youtube
 Foto :  Dosen Pascasarjana Prodi PSL Universitas Almuslim, Dr. Ir. Sitti Zubaidah, S.Pt., S.Ag., MM., IPM., ASEAN Eng.
 
 
 
Dalam pelaporan magang melalui media Youtube mahasiswa diwajibkan untuk mampu membuat video yang akan diupload di alamat Youtube Pribadi dengan harapan apa yang mereka lakukan selama magang dapat memberikan ilmu pengetahuan dan informasi tambahan kepada orang lain dan juga akan menjadi sebuah karya mahasiswa di media sosial yang akan menjadi kekayaan atas segala hasil kecerdasan daya pikir dalam bidang teknologi yang sering disebut dengan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).


Beberapa link Youtube kegiatan magang yang telah dikembangkan oleh mahasiswa Prodi Peternakan yaitu:
  1. Alifa Aqila, Tehnik Pembuatan Pupuk Organik dari Limbah Kambing dengan Link: https://youtu.be/ky7urfCMuKc
  2. Zulmahera, Pembuatan Konsentrat sebagai Ketersediaan Pakan Ternak Kambing, dengan Link: https://youtu.be/QuwgkgnrNUU
  3. Nurhaliza, Manajemen Kesehatan Ternak dengan Link: https://youtu.be/MyO_wp1x-nw
  4. Mawarni, Budidaya Rumput Odot sebagai Ketersediaan Pakan Ternak dengan Link: https://youtube.com/watch?v=qGYG50KdtvA&feature=share
  5. Raudah, Budidaya Indigofera sebagai Pakan Ternak dengan Link: https://youtu.be/YDQw0qymxms
  6. Anisatul Ula, Budidaya Rumput King Grass sebagai Ketersediaan Pakan Ternak link https://youtu.be/K-M_yucfW_4



Bila melihat hasil karya yang telah dilakukan oleh mahasiswa tersebut membuktikan bahwa mereka sudah mampu membuat laporan magang melalui Youtube walaupun membutuhkan penambahan atau editan video agar yang dibuat lebih baik lagi dan ia sampaikan juga kepada mereka agar dikemudian hari mendapatkan hasil karya yang lebih baik lagi.

 

Kegiatan pelaporan magang dalam bentuk Youtube ini baru pertama kali dilakukan di Fakultas Pertanian Universitas Almuslim. Harapan setiap kegiatan lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa umuslim dapat dikembangkan melalui cara yang mereka sukai dalam dunia digitalisasi (Internet of Thing), tutup Sitti Zubaidah




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wow! Kelompok Binaan Sitti Zubaidah Dapatkan Terbaik 1 Inovasi Pelaporan Belajar Milenial Melalui Youtube

Trending Now

Iklan