Ads

---

Dayah Al Hilal Al Aziziyah Nibong Melaksanakan Acara Tepung Tawar/Peusijuek Santri Baru TA 2022/2023

Relasi Nasional
Selasa, 28 Juni 2022 | 16:45 WIB Last Updated 2022-06-28T09:52:59Z

 

Dayah Al Hilal Al Aziziyah

ACEH UTARA - Dayah Al Hilal Al Aziziyah Nibong melaksanakan Acara Tepung Tawar/Peusijuek santri baru TA 2022/2023. Acara ini dilaksanakan Oleh Kabag Pendidikan Dayah Al Hilal Al Aziziyah bertempat di Masjid Besar Nurul Iman Nibong Minggu, (25/06/2022).

 

Acara ini pertama kali diadakan di Dayah Al Hilal Al Aziziyah Nibong sejak berdirinya dayah ini pada tahun 1997.

 

Tgk Nawawi, SH atau akrab disapa Abati Nibong selaku pimpinan Dayah Al Hilal Al Aziziyah menjelaskan tentang filosofi peusijuek yang sudah menjadi adat istiadat masyarakat aceh khsususnya dan indonesia pada umumnya yaitu menjadi tafaul/pelajaran dari alat dan bahan yang digunakan seperti daun-daunan untuk memercikkan air untuk memberi kesejukan dalam menjalankan aktivitas dan nasi ketan melambangkan kelengketan agar melekat ilmu didalam hati para santri. Dalam pemaparannya, Abati juga menyampaikan bahwa santri perlu kesungguhan dan istiqamah dalam menuntut ilmu. Bahkan beliau juga sedikit mengulang kisah ketika beliau menuntut ilmu di Dayah MUDI Mesra Samalanga, dimana semangat dan kesungguhan sudah menjadi kebiasaan dan pedoman ulama-ulama terdahulu.

 

Keterangan yang kami dapatkan dari Kabag Pendidikan Dayah Al Hilal Al Aziziyah Nibong, yang juga salah satu  Mahasiswa Pasca Sarjana di IAIN Lhokseumawe Tgk Safrizal, S.EI, beliau menuturkan bahwa penerimaan santri untuk tahun ini berjumlah 150 santri terdiri dari 50 putri dan 100 putra yang mulai memasuki asrama pada hari kamis, 23 juni 2022.

 

Beliau juga mengatakan bahwa santri Dayah Al Hilal Al Aziziyah kebanyakan berasal dari kecamatan-kecamatan di Seputaran Kecamatan Nibong dan ada juga dari provinsi lain seperti Sumatera Utara dan Kepulauan Riau. Sementara jumlah santri keseluruhan pada tahun ini sekitar 500 orang lebih.

 

Kepercayaan  wali santri untuk menitipkan anaknya kepada kami sangat besar, namun karena keterbatasan sarana dan prasarana sehingga penerimaan terbatas sesuai sarana yang tertampung. Beliau juga mengharapkan semua pihat baik wali santri, masyarakat dan stakeholder untuk selalu bekerjasama dalam memajukan pendidikan khususnya pendidikan agama.

 

Acara tersebut juga dihadiri oleh para wazir dan dewan guru Dayah Al Hilal Al Aziziyah nibong. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dan jabat tangan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dayah Al Hilal Al Aziziyah Nibong Melaksanakan Acara Tepung Tawar/Peusijuek Santri Baru TA 2022/2023

Trending Now