iklan

---

Jangan Panik, Inilah Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Relasi Nasional
Kamis, 30 Juni 2022 | 11:53 WIB Last Updated 2022-06-30T04:53:49Z

HP Kemasukan Air


Mungkin kamu pernah mengalami handphone jatuh dan terendam air, hal yang pertama kamu lakukan pasti mencari cara mengatasi HP kemasukan air. Beberapa HP atau handphone canggih telah dilengkapi fitur tahan air.


Namun, masih banyak juga handphone yang tidak memiliki fitur seperti itu. Jika sewaktu-waktu HP tersebut atau terendam atau terkena air, biasanya kamu langsung panik ketika HP mati total.


Cara Mudah Mengatasi HP Kemasukan Air


Ketika handphone kamu terendam air, maka air akan berubah menjadi kryptonite ponsel dan akan masuk ke jack, port, dan speaker. Begitu terendam, air mengalir pada bagian-bagian handphone. Air ini berfungsi sebagai konduktor yang bisa membawa arus yang membebani ponsel dengan energi.


Terkadang, air bisa saja membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai komponen HP yang rentan. Itu sebabnya, kadang ketika handphone kamu terendam air pada hari pertama tidak terjadi apapun, tapi keesokan harinya handphone bisa mati total. Nah, agar terhindar dari hal tersebut, berikut cara mengatasi handphone yang kemasukan air.



1. Langsung Ambil dan Selamatkan


Cara mengatasi HP saat kemasukan air salah satunya dengan menyelamatkan HP lalu ambil handphone tersebut. Semakin lama handphone kamu terendam air, maka makin besar kemungkinan untuk air masuk lalu merusaknya. Segera keluarkan ponsel kamu dari air dan ada harapan besar untuk terselamatkan atau akan baik-baik saja.



2. Segera Matikan dan Bongkar Handphone


Cara mengatasi HP kemasukan air selanjutnya ialah matikan dan bongkar. Setelah handphone kamu terkena ataupun terendam air, langsung matikan serta jangan dinyalakan dulu.


Jika handphone kamu masih hidup, matikan saja HP kamu. Kemudian lepaskan baterai sesegera mungkin dari tempatnya. Ini bertujuan supaya komponen HP tidak korslet. Hal ini bisa menyebabkan HP  tidak akan menyala lagi.


Selain itu, bagian handphone lainnya yang harus kamu keluarkan ialah SIM Card, kartu memori, dan casing handphone. Ini bermanfaat untuk mengeluarkan sisa air yang mungkin masih menempel dan mempercepat proses pengeringan handphone kita.



3. Goyangkan Handphone


Cara mengatasi HP kemasukan air selanjutnya dengan menggoyangkan perangkat dengan lembut. Dengan cara ini kamu dapat membuang air yang mungkin  tersangkut di handphone. Jika kamu memiliki penyedot debu, gunakan penutup atau dengan jarak yang aman.



4. Jangan Menggunakan Pengering Rambut


Beberapa orang mungkin menggunakan pengering rambut saat mengeringkan air. Namun,  jangan pernah mencoba mengeringkan ponsel kamu dengan pengering rambut. Panas dari pengering tersebut dapat melelehkan beberapa bagian handphone dapat merusak komponen bagian internal handset.



5. Jangan Masukan ke dalam Freezer


Cara mengatasi HP yang kemasukan air biasanya dimasukan ke dalam freezer. Ini sering dilakukan namun sebenarnya merupakan tindakan yang. Cara tersebut dapat membuat air yang ada di dalam handphone tidak bisa keluar dan membeku. Hal ini berisiko karena handphone akan mati total.



6. Melakukan Pengeringan Segera


Jangan dulu bawa handphone kamu ke tukang reparasi. Setelah terendam air, mematikan handphone serta mengeluarkan semua isinya, kamu bisa mengeringkannya dengan tisu, kipas angin, atau kain yang kering.



7. Rendam Handphone di dalam Beras


Untuk membuat handphone kamu benar-benar kering, kamu bisa memanfaatkan beras, lho. Beras bisa menimbulkan rasa panas atau hangat jika lama dipegang. Nah, efek panas tersebut sangat bagus dalam menyerap cairan pada handphone kamu yang terendam air.


Jadi, kamu bisa menggunakan baskom atau wadah lain untuk menyimpan handphone kamu .Pastikan handphone kamu tenggelam dalam beras lalu diamkan selama 24 hingga 48 jam. Setelah didiamkan beberapa hari, keluarkan handphone kamu dari dalam beras.


Itulah cara mengatasi HP kemasukan air. Jangan buru–buru panik ketika mengalaminya. Kamu bisa mencoba tips ini.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jangan Panik, Inilah Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Trending Now

Ads

iklan