Ads

---

Turun Ketengah Masyarakat Satlantas Polres Aceh Barat Sosialisasikan Road Safety

Relasi Nasional
Selasa, 21 Juni 2022 | 17:57 WIB Last Updated 2022-06-21T10:57:54Z

 

Satlantas Polres Aceh Barat

MEULABOH - Dalam meningkatkan kesadaran keamanan dalam berkendara Satlantas Polres Aceh Barat terus berupaya untuk memberikan pemahaman akan pentingnya berkendara aman demi keselamatan. Melalui Road safety ini lah, kepolisian berupaya menuju impian Zero Accident. Senin, (20/6/2022).


Kapolres Aceh Barat AKBP Pandji Santoso, S.I.K., M.Si. Melalui Kasat Lantas IPTU Sugeng Riyadi S.H. Menuturkan Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Barat masih terus mengsosialisasikan Road Safety kepada para pengguna jalan demi terciptanya gaya hidup yang tertib berlalu lintas dan dapat meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan.

"Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Barat memberikan edukasi kepada kepada para pengguna jalan untuk berkendara yang benar dan berkeselamatan guna menekan angka kecelakaan lalu lintas.Salah satu yang menjadi sasaran Edukasi Road Safety Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Barat adalah kepada Para sopir mobil yang membawa muatan di jalan raya.


Dirinya menambahkan, Pergerakan mobil barang yang membawa muatan pasir dan  material batu sangat rawan mengakibatkan kecelakaan Lalu lintas. Kehadiran mobil mobil Dump truk yang melintas di jalan raya maupun area pemukiman penduduk kerap menimbulkan permasalahan.  Material pasir dan batu kerikil yang jatuh diaspal  saat perjalanan merupakan salah satu Gangguan Nyata bagi keselamatan lalu lintas maka perlu di lakukan edukasi kepada para sopir tersebut agar lebih memperhatikan keselamatan saat berkendara baik buat sendiri maupun pengendara lain".Ucap nya.

Kegiatan Sosialisasi Road Safety ini akan terus dilakukan bersamaan digelar operasi patuh Seulawah 2022.  Demi terwujudnya keselamatan dijalan raya. Apabila ada didapati mobil Dump truk bermuatan pasir dan kerikil tidak ditutup dengan terpal / tenda pihak Polantas akan memberikan edukasi dan peringatan, apabila sopir masih belum bisa mentaati aturan tersebut tentunya Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Barat akan melakukan tindakan secara yuridis.

Satlantas Polres Aceh

Berbagai upaya telah di lakukan Polantas Polres Aceh Barat, mulai  dari himbauan, ajakan kepada para sopir agar menutup muatan pasir dan kerikil menggunakan tenda / terpal secara benar. Sehingga kehadiran mobil Dump truk bermuatan pasir dan kerikil tidak menambah deretan permasalahan dijalan raya.

Ps. Kanit Turjawali AIPDA Kausar mengatakan Petugas Polantas telah melakukan pengecekan terhadap pemilik usaha angkutan mobil  Dump truk dan menanyakan apakah himbauan yang selama ini dilakukan Polantas Polres Aceh Barat sudah di laksanakan oleh para pemilik usaha mobil Dump truk.
Dari hasil pengecekan langsung dilapangan, banyak pemilik mobil Dump truk yang sudah mentaati aturan dan telah melengkapi mobilnya dengan terpal / tenda penutup bak belakang untuk menghindari terjadinya muatan pasir tercecer di jalan dan dapat membahayakan pengendara lain.

"Sosialisasi dan penertiban harus senantiasa dilakukan karena dapat berdampak baik seperti mengurangi resiko kecelakaan dan menjaga keselamatan bagi pengguna jalan lainnya,
Diharapkan dengan sosialisasi tersebut bisa mengajak pemilik usaha dump truk dan para sopir untuk bekerjasama menjadi pelopor keselamatan di jalan raya dan selalu mematuhi peraturan berlalu-lintas guna menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu-lintas (kamseltibcar lantas),” pungkasnya.

(Helman)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Turun Ketengah Masyarakat Satlantas Polres Aceh Barat Sosialisasikan Road Safety

Trending Now