Ads

---

5 Cara Trading Saham Supaya Cepat Dapat Pundi-Pundi Rupiah

Relasi Nasional
Senin, 11 Juli 2022 | 19:57 WIB Last Updated 2022-07-11T12:57:00Z

 

Cara Trading Saham

Dewasa ini, trading saham merupakan pekerjaan yang paling diminati oleh sebagian masyarakat. Bukan tanpa alasan, trading saham sendiri mampu menghasilkan banyak keuntungan. Namun, bagi Anda para pemula, tentunya harus memperhatikan cara trading saham yang baik dan tepat.


Menyusun rencana dan strategi sebelum melakukan trading merupakan langkah dasar yang mesti Anda persiapkan. Hal ini tidak hanya memaksimalkan keuntungan saja, akan tetapi juga meminimalisir kerugian.




5 Cara Trading Saham, Simak!


Pada dasarnya, trading saham hanya memerlukan waktu yang singkat untuk mendapatkan keuntungan. Akan tetapi, hal ini tidak pernah lepas dengan caranya yang benar.


Tidak terlalu sulit untuk menjadi trader yang hebat. Anda bisa menggunakan cara berikut ini untuk memulainya.




1. Belajar Semua Aspek Penting Saham


Cara pertama yang perlu Anda lakukan yakni dengan mempelajari semua aspek penting yang berkaitan dengan saham tersebut. Mulai dari jenis saham, risiko saham, keuntungan saham, dan lain sebagainya.


Tak hanya itu, saat Anda melakukan trading saham seringkali muncul singkatan atau istilah asing, Anda juga harus mempelajarinya. Semua materi penting ini bisa Anda pelajari dari berbagai sumber mulai dari buku, artikel, video, hingga belajar langsung dari pakarnya.


Hal yang paling penting, sebelum Anda memulai trading, pastikan Anda memiliki wawasan yang luar tentang saham. Dengan begitu, Anda bisa menyusun langkah dan strategi berikutnya secara jitu.




2. Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik


Memilih perusahaan sekuritas terbaik menjadi salah satu cara trading saham yang tak boleh Anda lupakan. Pasalnya, saat ini sudah banyak perusahaan sekuritas yang terdaftar dalam OJK.


Namun, tak semua perusahaan sekuritas memiliki pergerakan saham yang baik. Padahal, perusahaan sekuritas sendiri memiliki peranan yang sangat penting, yakni sebagai broker saham untuk perantara jual beli saham.


Pilihlah perusahaan sekuritas yang menyediakan trading saham. Selain itu, ada baiknya Anda juga memilih perusahaan sekuritas yang memiliki persentase harga rendah.




3. Naked Trading


Cara trading saham selanjutnya yakni dengan naked trading. Apa itu naked trading?


Naked trading sendiri merupakan sebuah teknik trading saham sederhana. Teknik ini tanpa menggunakan indikator atau signal apapun. Hal yang perlu Anda lakukan yakni dengan memperhatikan pergerakan serta psikologi harga saham melalui candlestick.




4. Memahami Konsep Price Action


Tak kalah penting untuk Anda perhatikan yakni memahami konsep price action. Cara ini berkaitan dengan cara ketiga (naked trading).


Pasalnya, naked trading memanfaatkan konsep yang paling basic yakni price action. Price action sendiri merupakan pergerakan harga saham dari waktu ke waktu.


Anda bisa menggunakannya sebagai dasar analisis untuk mengambil sebuah keputusan. Bagi seorang trader saham, mengetahui pergerakan harga dapat mempresentasikan apa yang akan terjadi selanjutnya.




5. Menggunakan Candlestick


Saat Anda menggunakan naked trading, maka alat analisis yang Anda gunakan cukup dengan candlestick saja. Bahkan, penentuan support maupun resistance juga berdasarkan pada jenis candlestick (candlestick kontemporer).


Pada dasarnya, terdapat dua jenis candle yang bisa Anda gunakan, yakni candle pendek dan candle panjang. Candle pendek memiliki tinggi bod maksimal tujuh tick. Sedangkan candle panjang memiliki tinggi body minimal tujuh tick, sesuai dengan fraksi harga.


Sukses dalam dunia trading saham dan menjadi trader profesional bukan hal yang tidak mungkin. Salah satu persiapan yang bisa Anda lakukan yakni dengan mempelajari cara trading saham seperti informasi di atas. Penting untuk selalu diingat, bahkan memulai trading saham tidak harus mengeluarkan modal yang besar, Anda bisa memulainya dengan modal kecil terlebih dahulu. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 5 Cara Trading Saham Supaya Cepat Dapat Pundi-Pundi Rupiah

Trending Now