iklan

---

Apa Itu Tape Reading Saham? Begini Penjelasan dan Aturan Mainnya

Relasi Nasional
Sabtu, 02 Juli 2022 | 06:42 WIB Last Updated 2022-07-03T02:53:33Z

Tape Reading Saham


Tape reading saham bisa menjadi salah satu teknik jitu yang dipilih trader saat memutuskan untuk berkecimpung di dunia saham. Hal ini disebabkan karena sekarang ini pasar saham semakin diminati bagi mereka yang ingin mendapatkan untung besar.


Tidak mengherankan jika ada berbagai teknik yang digunakan juga dibarengi serangkaian upaya untuk meminimalisir risiko kerugian yang tidak diinginkan. BEI selaku otoritas pengawas mengupayakan agar fungsi dan perannya berjalan khususnya saat melakukan kontrol serta memberlakukan pidana bagi yang terbukti melanggar aturan.



Apa itu Tape Reading Saham, Cari Tahu Yuk!


Reading saham merupakan suatu teknik analisis yang secara mutlak dimiliki trader harian atau istilah lainnya intraday trader yang ingin mendapat profit lebih cepat dalam proses jual beli saham di hari itu juga. Teknik analisa saham ini juga dianggap sebagai seni dalam membaca naik turunnya saham dalam transaksi yang terjadi pada running trade atau order book.


Sebenarnya, tape reading sudah diperkenalkan sejak lama, yang dituangkan dalam buku-buku karya Jesse Livermore. Buku-buku tersebut mengulas tentang cara membaca pergerakan saham menggunakan 2 metode, yakni bid dan offer saham.


Seiring berjalannya waktu, ada banyak hal yang bisa kaji dengan menggunakan teknik reading saham. Mulai dari pergerakan harga di bid offer, volume, order speed, running trade, trade done, dan masih banyak lagi. Bahkan kita dimudahkan untuk melakukan analisis terhadap transaksi yang telah atau sedang berlangsung.



Aturan Menggunakan Tape Reading Saham


Sama halnya saat Anda memantau saham lain, di era digital saat ini, kita dimudahkan melakukan tape reading melalui android atau PC. Namun, alangkah baiknya jika analisa tape reading beserta cek grafik dilakukan menggunakan laptop saja.


Penggunaan PC atau laptop akan semakin memudahkan Anda untuk melihat dan memantau berbagai perubahan yang mungkin saja terjadi pada bid dan offer saham tersebut. Jadi, Anda akan lebih efektif dan efisien melakukan analisa, pengamatan, hingga membuat perbandingan bid dan offer bukan hanya dengan satu saham saja namun beberapa saham sekaligus.



Hal yang Harus Diperhatikan Trader Pemula Harian


Anda termasuk trader pemula yang ingin memperdalam tape reading saham? Untuk membaca dan memahami pergerakan suatu harga dan karakteristik saham, memang dibutuhkan pengalaman dan jam terbang pengamatan seorang trader. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan seorang trader saat memprediksi arah pergerakan saham melalui layar monitor meliputi:



1). Bid-Offer by Stock


Bid-offer merupakan harga beli (bid) dan jual (offer). Dari kedua item tersebut Anda dapat melakukan analisa beberapa hal seperti deretan susunan, detail masing-masing bid-offer, dan proses perpindahan keduanya. Proses perpindahan ini berkaitan erat dengan bagaimana cara Anda membeli di harga jual (offer) maupun cara membuang atau menjual di posisi beli (bid).



2). Time and Trade Stock (Done)


Hal yang harus Anda perhatikan berikutnya saat melakukan tape reading saham adalah dimana posisi transaksi bid/offer yang sudah terjadi di harga tersebut. Perhatikan grafik transaksi saham apakah sudah ada broker yang melakukan akumulasi atau justru distribusi di harga tersebut.



3). Running Trade


Running trade atau live trade merupakan tampilan transaksi saham yang terjadi pada bursa saham. Melalui running trade tape reading saham ini Anda bisa mengamati peristiwa mana saja yang sudah done di pasaran saham Indonesia, baik itu lot, harga, maupun broker jual dan beli.


Anda juga mudah mendeteksi saham mana yang aktif diperdagangkan dan terjadi di harga berapa pada saham tersebut sehingga bisa menganalisa naik turunnya bid-offer saat saham tersebut aktif diperdagangkan di bursa.



4). Net Buy-Sell by Stock


Pergerakan bursa saham global cenderung diminati di pasar saham Tanah Air. Hal ini menyebabkan saat kondisi pasar saham global naik, umumnya diikuti arah tren pergerakan bursa saham global IHSG. Ambil keputusan tepat dengan melihat peluang pergerakan harga saham dengan tingkat keyakinan investor asing dan lokal pada saham tersebut.


Tertarik menggunakan tape reading saham? Pastikan Anda memiliki kejelian saat membaca bid-offer pergerakan saham harian.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Apa Itu Tape Reading Saham? Begini Penjelasan dan Aturan Mainnya

Trending Now

Ads

iklan