iklan

---

Asisten 1 Buka Rakor dan PUG Perencanaan Pembangunan Daerah Nagan Raya Tahun 2023

Relasi Nasional
Selasa, 26 Juli 2022 | 23:31 WIB Last Updated 2022-07-26T16:31:41Z

Rakor dan Pug Pembangunan Nagan Raya 2023

SUKA MAKMUE - Bupati Nagan Raya H.M. Jamin Idham SE, di wakili Asisten Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Zulfika, SH, membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2023.


Rapat tersebut berlangsung di Aula utama Bappeda komplek perkantoran Suka Makmue, Selasa (26/07/2022).

Rakor ini mengagaskan tema "Sosialis Penerapan Pengarusutamaan Gender (PUG) pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Nagan Raya."

Pada kesempatan itu, Asisten I, Zulfika SH, mengatakan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017,  bahwa perumusan perencana pembangunan salah satunya harus dilakukan secara partisipatif dimana masyarakat memiliki hak untuk terlibat dalam tahapan perencanaan pembangunan daerah. Ujarnya

Ia menjelaskan, responsif gender merupakan salah satu proses perencanaan dan penganggaran program dan kegiatan pembangunan yang mampu menjamin unsur keadilan terutama bagi laki-laki dan perempuan. Jelas Zulfika

Menurutnya, pelaksanaan PUG perlu ditingkatkan lagi karena masih ada beberapa kelemahan salah satu nya keterbatasan fasilitator. terangnya.

"Saya berharap kepada seluruh SKPK terkait supaya dapat terus meningkatkan sinergi dalam mewujudkan pengarusutamaan gender sehingga semua tantangan akan dapat dicarikan solusi dan jalan keluar sesuai dengan kondisi daerah." Tutup Zulfika.

Sebelumnya, Kabid Pemerintahan Sumber Daya Manusia dan Keistimewaan, Muhammad Ar'rafi, S.Kel.,M.Sc, dalam laporannya menjelaskan, kesetaraan gender ini termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan bagaimana kesetaraan gender dalam pembangunan di Nagan Raya. ujar Ar'rafi.

"Kepada para peserta saya berharap untuk benar-benar mengikuti acara ini, semoga dengan dilaksanakan rakor pada hari ini bisa menambah wawasan tentang Pengarusutamaan gender." Tutupnya.

Acara ini dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Dinas PPPA Provinsi Aceh, Dasrita Bakri SSI.MPA tentang Pengarusutmaan Gender dalam Pembangunan.

Turut hadir pada acara tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Nagan Raya, serta sejumlah Kepala SKPK terkait lain di kabupaten setempat.


==========
Said
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Asisten 1 Buka Rakor dan PUG Perencanaan Pembangunan Daerah Nagan Raya Tahun 2023

Trending Now

Ads

iklan