Ads

---

Cara Mengatasi Maag Kambuh yang Aman dan Mudah

Relasi Nasional
Minggu, 10 Juli 2022 | 06:30 WIB Last Updated 2022-07-09T23:30:16Z

cara mengatasi maag kambuh


Maag yang kambuh dapat mengganggu aktivitas, karena itu dibutuhkan cara mengatasi maag kambuh yang tepat agar maag segera mereda. Sakit maag adalah rasa tidak nyaman di perut seperti perut terasa penuh, panas di bagian perut atas dan kembung.

Gejala ini sering terjadi selama atau beberapa saat setelah selesai makan. Umumnya maag terjadi karena adanya luka terbuka di lapisan dalam lambung, infeksi bakteri helicobacter pylori, efek samping mengkonsumsi obat anti inflamasi non-steroid atau karena stress.


Cara Mengatasi Maag Kambuh

Lambung akan mencerna makanan secara kimiawi dengan bantuan dari enzim pepsin dan renin yang bercampur dengan asam lambung. Jika terjadi gangguan maka mukosa akan rusak dan dapat menimbulkan rasa nyeri atau sakit.

Jika gangguan ini terus terjadi maka asam lambung akan memecah mukosa dan akan terjadi iritasi dan peradangan. Kondisi ini lah yang akhirnya mengakibatkan maag. Rasa nyeri pada maag akut terjadi sebab asam lambung bersentuhan dengan lapisan mukosa sehingga ujung saraf akan menjadi lebih peka oleh rasa nyeri.

Bagi sebagian orang mungkin maag tidak terlalu mengganggu, namun ada pula yang aktivitasnya terganggu, karena itu penting untuk segera mengatasinya. Nah, berikut ini adalah cara mengatasi maag kambuh yang dapat Anda terapkan:


Konsumsi Obat Maag

Pertolongan pertama saat maag kambuh yaitu dengan mengkonsumsi obat maag. Obat tersebut akan mencegah produksi asam lambung, menetralkan dan melapisi dinding lambung yang akan membuat maag tidak semakin parah.

Anda dapat mengonsumsi obat yang mengandung antasida, kalsium karbonat dan magnesium. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan obat herbal karena dengan bahan alaminya akan meminimalkan efek samping yang dapat terjadi.


Berdiri Tegak

Jika maag terjadi saat Anda berbaring atau duduk, maka cobalah untuk berdiri dan tegakkan tubuh. Dengan postur ini maka tekanan pada bagian sfingter esofagus bagian bawah (LES) akan berkurang, maka rasa nyeri pada perut akan berkurang.


Konsumsi Air Putih

Cara mengatasi maag kambuh selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi air putih. Air putih bisa membantu menahan efek sakit asam lambung yang berlebih dan menjadi sebab gejala maag. Namun, jangan pula mengkonsumsi air terlalu banyak karena akan berpengaruh pada keseimbangan mineral dalam tubuh dan malah akan mengakibatkan risiko refluks.


Konsumsi Air Kelapa

Air kelapa juga dapat menjadi salah satu alternatif saat maag kambuh. Kombinasi kandungan zat yang terkandung di air kelapa seperti kandungan enzim dapat menjaga kestabilan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Kemudian terdapat kandungan tanin yang mampu mengurangi peradangan yang terjadi di lambung.


Konsumsi Pepaya

Buah-buahan juga dapat menjadi pertolongan saat sakit maag, salah satunya yaitu buah pepaya. Pepaya memiliki berbagai kandungan yang baik untuk pencernaan termasuk maag.

Buah berwarna oranye ini memiliki enzim papain yang dapat menunjang sistem pencernaan dan juga memiliki kandungan asam askorbat dan asetat yang dapat menjadi obat alami untuk mengatasi gejala maag.


Berhenti Mengonsumsi Makanan Penyebab Maag

Banyak makanan yang dapat menyebabkan maag kambuh, contohnya yaitu makanan yang pedas, makanan asam, minuman bersoda serta makanan berkafein dan beralkohol. 

Makanan tersebut dapat mengakibatkan naiknya asam lambung serta dapat melemahkan kerja cincin otot antara lambung dan kerongkongan. Saat maag kumat maka hindarilah untuk mengkonsumsi makanan seperti diatas.

Itulah beberapa cara mengatasi maag kambuh. Akan lebih baik lagi jika Anda menghindari berbagai penyebab kambuhnya maag agar maag tidak kambuh dan mengganggu lagi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cara Mengatasi Maag Kambuh yang Aman dan Mudah

Trending Now