Ads

---

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tak Boros

Relasi Nasional
Minggu, 10 Juli 2022 | 07:36 WIB Last Updated 2022-07-10T00:36:37Z

 

cara mengatur keuangan rumah tangga


Cara mengatur keuangan rumah tangga yang tepat penting Anda pahami dan terapkan. Hal tersebut bertujuan agar tak terjadi permasalahan ekonomi dalam rumah tangga. Jangan sampai besar pasak daripada tiang karena kurang tepat dalam mengelola finansial keluarga.



Ketahui Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga


Anda tentu tak ingin merasakan kekurangan dalam segi ekonomi bukan? Terlebih ketika sudah berkeluarga. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, bisa dengan bekerja hingga membuka usaha.


Hanya saja, semua akan tetap sia-sia jika tak tepat dalam mengelola keuangan. Baik itu, dana yang masuk (pendapatan) maupun pengeluaran. Lantas bagaimana cara mengelola keuangan rumah tangga yang baik? Anda bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini.



Hitung Pemasukan


Salah satu cara untuk mengelola finansial rumah tangga yaitu menghitung pemasukan. Anda perlu hitung secara detail setiap pemasukan, baik pendapatan dari Anda sendiri maupun pasangan.



Buat Rincian Pengeluaran


Selain menghitung pemasukan, Anda juga perlu membuat rincian pengeluaran. Pastikan Anda ketahui dan catat setiap pengeluaran wajib di tiap bulannya. Misalnya saja biaya listrik, bayar air, belanja bulanan, dan lain sebagainya.



Siapkan Dana Darurat


Poin yang satu ini juga tak kalah penting. Pastikan Anda selalu menyisihkan uang sebagai dana darurat. Dalam kehidupan ini memang tak bisa diprediksi apa yang akan terjadi kedepannya.


Dengan adanya dana darurat, setidaknya sudah siap menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Adapun hal-hal darurat yang bisa saja terjadi yaitu biaya untuk menjenguk orang sakit, biaya perbaikan kendaraan, dan lain sebagainya.



Utamakan Kebutuhan Dibanding Keinginan


Ungkapan ini mungkin sudah sangat sering Anda dengar. Nyatanya hal tersebut benar adanya. Anda harus mampu menahan diri untuk memenuhi segala keinginan. Akan terasa lebih baik dan bermanfaat apabila memenuhi kebutuhan yang memang benar-benar penting.


Alokasikan dana rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan bersama sehingga tak terkesan buang-buang uang atau boros.



Menabung


Cara yang tak kalah penting lainnya dalam mengatur keuangan rumah tangga yaitu menabung. Sisihkan beberapa persen pemasukan yang Anda terima untuk ditabung. Dengan menabung, maka sama saja Anda telah membuat persiapan di masa depan. Baik itu bertujuan untuk biaya pendidikan anak, mengembangkan usaha, maupun kebutuhan lainnya.



Melunasi Hutang


Bukan rahasia lagi jika hutang bisa menjerat pelakunya. Apabila tak bisa membayar, maka akan menjadi permasalahan. Maka dari itu, sisihkan pemasukan yang diterima untuk melunasi hutang. Jangan menunggu jadi masalah baru setelah itu membayarnya. Hal ini tentu akan membuat beban pikiran.


Selain itu, jangan pula menambah hutang baru. Akan lebih bijak jika hidup seadanya tanpa hutang daripada hidup bermewah-mewah namun modalnya dari berhutang. Apabila terpaksa harus berhutang, maka pertimbangan dengan matang. Termasuk memperhatikan pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Jangan sampai mengganggu keseimbangan finansial keluarga.



Investasi


Dalam mengatur keuangan rumah tangga, Anda juga perlu memikirkan investasi. Sisihkan dana yang diperoleh untuk berinvestasi.


Tak harus langsung investasi dengan modal besar, bisa mulai dari investasi kecil-kecilan terlebih dahulu. Dijamin dengan cara ini, maka setiap pemasukan yang Anda terima akan memberikan manfaat kedepannya. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak melewatkan cara pengelolaan finansial rumah tangga ini.


Dengan menerapkan beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga di atas, maka segi perekonomian Anda dan keluarga akan terjaga dengan baik. Anda tak perlu khawatir akan mengalami masalah ekonomi apabila mengelolanya secara tepat dan cermat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tak Boros

Trending Now