iklan

---

Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Perhatikan Baik-Baik!

Relasi Nasional
Sabtu, 09 Juli 2022 | 06:21 WIB Last Updated 2022-07-08T23:21:00Z

 

cara menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung harus selalu diperhatikan dengan baik. Cara menjaga kesehatan jantung pun sangat beragam dan Anda bisa terapkan mulai dari sekarang.


Deretan Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung yang bermasalah menimbulkan beberapa ciri. Sebut saja batuk, mudah lelah, rambut rontok, kaki bengkak, hingga tekanan darah tinggi. Anda tentu tak ingin mengalaminya bukan? Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga kesehatan jantung.


Rajin Minum Air Putih

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar jantung tetap terjaga kesehatannya yaitu minum air putih secara rutin. Tentu Anda sudah familiar bahwa minum air putih memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan bahkan kecantikan. Oleh karena itu, Anda perlu terapkan cara ini setidaknya 8 gelas setiap harinya. Terlebih lagi mengingat bahwa sebagian besar tubuh dipenuhi cairan sehingga jangan sampai dehidrasi atau kekurangan cairan.


Hindari Rokok

Agar jantung selalu sehat, pastikan Anda menghindari rokok. Dalam artian, apabila Anda perokok aktif, maka lebih baik menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Sementara jika Anda termasuk perokok pasif, sebaiknya sebisa mungkin menghindari asap rokok. Bahkan jika perlu, gunakan masker saat bepergian ke ruang publik.


Rutin Olahraga

Cara lainnya yang bisa Anda terapkan apabila ingin jantung tetap sehat yaitu rutin olahraga. Anda bisa mulai melakukan olahraga ringan terlebih dahulu, seperti jogging, renang, dan lain sebagainya. Baru setelah itu Anda bisa mulai melakukan olahraga berat. Misalnya saja gym. Dengan membiasakan diri berolahraga, maka jantung sehat dan tubuh pun terasa bugar. Jangan sepelekan cara menjaga kesehatan jantung yang satu ini.


Makan Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan gizi nyatanya memberikan banyak manfaat, termasuk kesehatan jantung. Semakin baik untuk jantung apabila konsumsi makanan sehat yang rendah kadar gula dan rendah lemak. Adapun makanan sehat tersebut seperti halnya sayuran hijau. Mulai dari bayam, sawi, dan kangkung bisa dikonsumsi demi kesehatan jantung.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa di dalam sayuran berdaun hijau terdapat kandungan vitamin yang melimpah. Vitamin K, mineral, bahkan antioksidan bisa Anda temukan di dalamnya. Selain sayuran hijau, Anda juga perlu mengimbanginya dengan konsumsi buah-buahan segar. Misalnya saja pepaya, melon, strawberry, dan jeruk. Biasakan konsumsi makanan sehat demi gaya hidup yang lebih baik pula.


Hindari Stres

Stres nyatanya berdampak buruk terhadap kesehatan jantung. Maka dari itu, sudah semestinya Anda hindari stres. Caranya, Anda bisa coba untuk tak terlalu memikirkan masalah yang tengah dihadapi. Selain itu, Anda bisa memanjakan diri dengan liburan, spa, maupun melakukan berbagai hal yang diinginkan.


Istirahat Cukup

Anda perlu istirahat secara cukup setiap harinya. Hal ini tak hanya bisa membuat tubuh terasa lebih bugar saja, melainkan juga menyehatkan jantung. Anda tentu ingin jantung tetap sehat bukan? Oleh karena itu, mulai dari sekarang perhatikan waktu tidur Anda. Pastikan Anda bisa tidur nyenyak setidaknya 8 jam setiap harinya. Apabila selama ini Anda sering begadang, maka hentikan kebiasaan tersebut. Terlebih jika bukan karena sesuatu hal yang penting.

Beberapa cara menjaga kesehatan jantung diatas penting Anda pahami dan jalankan. Perlu Anda ingat bahwa kesehatan sangat penting. Banyak diluaran sana yang rela keluar biaya besar untuk mengembalikan kesehatannya. Jantung yang sehat akan membuat hari-hari Anda terasa lebih menyenangkan dan penuh semangat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cara Menjaga Kesehatan Jantung, Perhatikan Baik-Baik!

Trending Now

Ads

iklan