iklan

---

Indikasi Finansial Sehat Masa Depan Cerah, Ini Ciri-Cirinya

Relasi Nasional
Jumat, 01 Juli 2022 | 04:09 WIB Last Updated 2022-06-30T21:09:58Z

Indikasi Finansial Sehat


Indikasi finansial sehat menunjukkan apakah keuangan Anda benar-benar dalam kondisi baik dan sehat. Hal ini terlihat dari beberapa sektor mulai dari rasio tabungan, rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio hutang. Sebagian besar orang menganggap bahwa keuangan mereka baik-baik saja. 


Namun secara nyata masih dalam rasio tertentu dan kondisi tertentu. Banyak orang yang menilai dengan memiliki rumah, bisa bergaya atau lainnya sudah menunjukkan bahwa finansialnya dalam kondisi baik. Namun sebetulnya sehat atau tidaknya finansial seseorang adalah dari beberapa segi. 


Simak Indikasi Finansial Sehat yang Penting Diketahui

Penting Anda ketahui apakah Anda berada di posisi finansial sehat atau belum. Dengan mengetahui indikasi keuangan sehat maka Anda dapat mengetahui keuangan pribadi Anda sudah sehat. Jika belum maka Anda bisa melakukan perubahan menjadi lebih baik. Inilah indikasi keuangan yang sehat. 



Memiliki Dana Darurat

Salah satu tanda sehat finansial adalah memiliki dana cadangan atau dana darurat. Sudahkah Anda memiliki dana darurat? Jika telah menyiapkan dana darurat maka finansial Anda telah sehat.


Karena dana ini bisa membantu Anda ketika dalam kondisi darurat atau mendesak. Sehingga Anda tidak perlu lagi mencari pinjaman lain atau dana lain untuk mencukupi kebutuhan tak terduga. Dana ini sebagai penyelamat ketika Anda mengalami suatu hal. 

 



Memiliki Aset dan Investasi

Salah satu tanda keuangan yang sehat adalah memiliki aset dan investasi. Aset tersebut berupa rumah, tanah, emas dan lainnya. Juga bentuk investasi sesuai tujuan finansial. Baik saham, obligasi, properti, reksadana dan lainnya. Mengetahui keuntungan juga risikonya. Sehingga dapat dikatakan sehat dalam segi kekayaan. 




Sisi Arus Keuangan Lancar

Hal yang dapat Anda ketahui lainnya adalah dari segi arus keuangan yang lancar. Indikasi finansial sehat umumnya memiliki cash flow yang lancar.


Intinya pengeluaran tidak melebihi pemasukan setiap bulannya. Umumnya seseorang akan mengetahui keuangannya jika memiliki catatan baik pemasukan maupun pengeluaran. 


Fungsi dari catatan keuangan tersebut adalah membantu seseorang mengontrol pengeluaran. Lebih mengutamakan urusan yang prioritas setiap bulannya.


Jika seseorang tersebut memiliki catatan keuangan yang baik maka dapat diartikan bahwa keuangannya sehat. Hindari besar pasak daripada tiang. Jika menerapkan hal yang tepat maka keuangan akan lebih stabil dan sehat. 




Memiliki Dana Pendidikan 

Secara fakta tingginya biaya pendidikan anak  menjadi satu hal yang paling ditakuti oleh orang tua. Meskipun terdapat program gratis untuk bersekolah namun ada sisi tingkatan yang membutuhkan dana besar. Selain itu tidak semua memilih pendidikan gratis demi mencapai tujuan tertentu. 


Kenaikan biaya pendidikan mencapai 20% setiap tahunnya. Sedangkan mempersiapkan dana pendidikan untuk anak tidak bisa dalam waktu singkat.


Terlebih kewajiban mendanai pendidikan anak adalah suatu kewajiban. Indikasi finansial sehat atau stabil apabila Anda telah memiliki dana pendidikan baik berinvestasi maupun berasuransi pendidikan.


Anda sudah memperhitungkan kebutuhan biaya pendidikan anak sesuai jenjang yang dituju. Jika Anda belum mengetahui perkiraan biaya pendidikan maka bisa konsultasikan pada ahlinya. 




Pengelolaan Hutang yang Sehat

Memiliki hutang boleh saja. Namun Anda harus bisa menakarnya. Sesuai pendapat pakar, keuangan yang sehat itu hutang tidak melebihi 30% pendapatan.


Jika melebihi itu apalagi mencapai 60% maka keuangan Anda akan sulit. Pengelolaan hutang yang terkontrol membuat finansial Anda lebih sehat. Jika Anda memenuhi beberapa kriteria tersebut berarti Anda memiliki indikasi finansial sehat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Indikasi Finansial Sehat Masa Depan Cerah, Ini Ciri-Cirinya

Trending Now