Iklan

Mahasiswa KKN Melayu Serumpun Cetus Pakan Alternatif Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

relasinasional
16 Juli 2022 | 00:29 WIB Last Updated 2022-07-24T17:38:43Z

KKN Melayu Serumpun

ACEH JAYA - Mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan Kuliah Kerja Nnyata (KKN) Melayu Serumpun menggelar pelatihan pembuatan pakan alternatif kepada masyarakat setempat di Desa Jambo Masi, Kecamatan Jaya, Aceh jaya, Sabtu (16/7/2022).


Pelatihan yang dilaksanakan di Perabot atau pasar ikan tersebut diikuti oleh masyarakat dengan antusias. Pasalnya, pakan alternatif merupakan pakan ekonomis yang bahan bakunya berasal dari Alam, seperti daun singkong, daun pepaya, dan sejenis daun lainnya. Jika dikembangkan bisa menjadi peluang besar baik itu bagi petani tambak, ternak maupun petani sayur-sayuran.

Dengan memanfaatkan hasil alam yang ada mahasiswa KKN Melayu Serumpun Desa Jambo Masi berhasil mengangkat UMKM masyarakat setempat yang sebelumnya belum terstruktur dan terarah menjadi lebih terorganisir.

Ide cemerlang itu diusul melalui kreativitas dan kolaborasi para mahasiswa yang berasal dari berbagai provinsi diantaranya  Kurniawan Hadi (UIN Syahadah Padangsidempuan) Sarina Junita ( UIN SMDD Bukittinggi), Aidi syahriri (UIN Sultan Syarif Kasim Riau),  Nurhidayah ( IAIN SAS Babel) Santia zaherni (UIN Imam Bonjol padang), Ahmad Aji Nurfahmi (IAIN Curup) , Salma Nurmilatina (IAIN Langsa),  Dan Tuan rumah Azwar salem, Win Hafidz Firdaus, Isranudin, Nurjannah, dan Tuti parida hasibuan (UIN Ar-Raniry Banda Aceh).


Fakhrizal selaku sekretaris desa mengatakan "Ini merupakan sebuah gagasan ide yang sangat luar biasa, yang sebelumnya tidak pernah kami pikirkan, dengan adanya pelatihan ini saya berharap masyarakat bisa menerapkan dengan sungguh-sungguh pelatihan agar bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

Pelatihan ini juga disaksikan Oleh Ibu Maisyarah Selaku Dosen pembimbing lapangan, Beliau mengatakan: Program yang ditawarkan oleh adik mahasiswa KKN Melayu Serumpun adalah sebuah program yang sangat menjanjikan, Harapannya Desa jambo masi ini bisa secara mandiri  memproduksi pakan ternak dan menjadi produsen pakan terbesar khusus nya untuk masyarakat Lamno. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN Melayu Serumpun Cetus Pakan Alternatif Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Trending Now

Iklan