Ads

---

Menjaga Kesehatan Lansia Supaya Tetap Produktif, Bugar dan Bahagia

Relasi Nasional
Sabtu, 02 Juli 2022 | 00:46 WIB Last Updated 2022-07-01T17:46:41Z

 

Menjaga Kesehatan Lansia

Menjaga kesehatan lansia supaya tetap bugar dan aktif nyatanya bisa dilakukan dengan mudah. Meskipun banyak orang yang beranggapan bahwa tidak semudah itu. Apalagi mereka sudah memasuki usia senja tidak mungkin lagi bisa aktif seperti sedia kala. Namun hal tersebut merupakan suatu kesalahan. Mereka tetap bisa aktif namun pada porsinya saja. Karena memang tenaganya juga sudah berkurang.

Tapi apa yang terjadi di Indonesia? Justru malah banyak lansia yang menghabiskan sisa umurnya hanya untuk duduk diam dan bermalas-malasan saja. Padahal masih ada banyak hal yang bisa mereka lakukan demi kesehatan mereka sendiri. Masih banyak lansia Indonesia pula yang kurang menyadari akan hal tersebut. Sejauh ini mereka hanya paham bahwa tiba waktu lansia adalah data rumah saya untuk duduk diam tanpa melakukan kegiatan.

Sebenarnya apa yang terjadi pada saat usia lansia itu juga tergantung dengan apa yang dikonsumsi saat usia muda. Percaya ataupun tidak Ternyata makanan kita akan berpengaruh terhadap usia kita ketika sudah memasuki lansia. Akan ada banyak dampak yang yang bakalan kita terima terhadap konsumsi makanan tersebut ketika kita usia senja. Entah itu dampak negatif maupun positif.


Menjaga Kesehatan Lansia, Seperti ini

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya fungsi tubuh itu juga akan menurun seiring bertambahnya usia. Proses penuaan tersebut umumnya ditandai dengan munculnya keriput, kemudian kekebalan tubuh mulai melemah dan hal tersebut akan terjadi secara perlahan. Untuk itu penting sekali bagi para lansia menjaga kesehatan mereka supaya tetap bugar meski sudah usia senja. Oh iya, meskipun sudah lansia bukan berarti kesehatan fisik serta mental itu tidak diperhatikan lagi. Justru mengenai hal ini menjadi perhatian tersendiri.

Supaya kesehatan fisik serta mental lansia itu tetap terjaga ini beberapa cara menjaga kesehatan yang bisa diamalkan.


Aktif

Untuk cara menjaga kesehatan lansia yang pertama adalah dengan tetap aktif. Aktif bergerak dan berolahraga itu juga dapat membantu menjaga fisik serta mental lansia. Bukan hanya menjaga kesehatan saja tetapi juga menghindari dari adanya penyakit yang serius. Ternyata disabilitas itu juga bisa terjadi pada lansia. Sehingga meskipun sudah lancar dan menghabiskan waktu dengan duduk diam dan santai-santai di rumah saja.

Bergeraklah dengan aktif dan berolahraga. Nyatanya olahraga juga berdampak baik terhadap kesehatan otak lansia karena, semakin tua fungsi otak juga akan mengalami penurunan. Maka dengan demikian itu juga tidak heran Apabila salah satu masalah yang kerap dihadapi para lansia adalah pikun.


Menjaga Berat Badan

Kemudian yang kedua adalah dengan cara menjaga berat badan. Pada kenyataannya juga obesitas atau kelebihan berat badan itu meningkatkan risiko penyakit yang serius. Sebenarnya mengenai hal ini tidak hanya terjadi bagi mereka yang berusia lanjut. Karena lansia lebih rentan terhadap penyakit maka dengan menjaga berat badan harapannya mereka bisa terhindar dari hal tersebut. Berat badan yang seimbang juga meningkatkan kesehatan mereka.

Kendati demikian para lansia yang mempunyai berat badan atas maupun bawah normal juga tidak baik. Apabila berat badan kurang seimbang ataupun ideal mempunyai tingkat kematian yang lebih tinggi. Jadi usahakan untuk terus menjaga berat badan supaya tetap ideal dengan cara makan makanan yang bergizi dan rutin melakukan olahraga.


Makanan Sehat

Ternyata tidak hanya itu saja cara menjaga kesehatan lansia. Makan makanan yang sehat dan bergizi juga menjadi hal penting sebab makanan adalah sumber kekuatan. Tidak hanya memperhatikan makanan yang sehat dan bergizi saja tetapi pola makan juga harus tetap seimbang agar dapat meningkatkan energi. Ketahuilah bahwa pola makan yang sehat untuk para lansia adalah asupan yang rendah akan lemak jenuh namun tinggi vitamin juga Omega 3.

Misalnya saja adalah buah, ikan, gandum, susu, ataupun sayuran. Itu saja juga tidak cukup karena saya juga harus memperbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi. Meskipun begitu bukan berarti para lansia tidak boleh mengonsumsi teh, kopi, jus buah dan yang lainnya. Semuanya itu boleh asalkan sesuai takaran dan tidak berlebihan apalagi untuk minuman yang manis-manis .


Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup juga menjadi salah satu hal yang berpengaruh terhadap kesehatan lansia. Katakan sebagai istirahat yang cukup apabila seseorang dapat tidur selama 7 sampai 8 jam. Banyak orang yang berusia lanjut tetapi mengalami gangguan tidur seperti halnya insomnia. Mereka Justru malah mengantuk pada waktu siang dan terbangun di tengah malam.

Ketahuilah meskipun bertambahnya usia itu tidak berpengaruh terhadap resiko gangguan tidur yang meningkat. Supaya menjadi lansia yang sehat dan bugar juga produktif pastikan Anda mempunyai waktu tidur yang cukup serta berkualitas. Siapkan tempat yang senyaman mungkin hindari penggunaan lampu yang mempunyai cahaya terang. Oh iya, menjalin komunikasi ataupun hubungan baik dengan orang lain itu juga termasuk salah satu cara menjaga kesehatan lansia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menjaga Kesehatan Lansia Supaya Tetap Produktif, Bugar dan Bahagia

Trending Now