Ads

---

Motivasi Warga Berkebun, Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Bagikan Hasil Panen

Relasi Nasional
Minggu, 24 Juli 2022 | 17:30 WIB Last Updated 2022-07-24T10:30:15Z

Yonif 711/Rks

KEEROM - Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas)  RI-PNG Yonif 711/Rks Pos Arso Kota melaksanakan kegiatan panen cabai, bertempat di lahan Pos Arso Kota Kampung Arso, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu (23/7/2022)


Hal tersebut disampaikan Danpos Arso Kota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Lettu Inf Ayub Edi Harahap dalam keterangannya.


Danpos mengungkapkan bahwa di sela-sela tugas pokok mengamankan wilayah perbatasan RI-PNG, personel Satgas juga mengembangkan potensi dalam bidang berkebun guna memanfaatkan lahan kosong sekitar pos.

Seperti yang dilakukan personel Pos Arso Kota, beberapa bulan lalu menaman cabai, kini musim panen tiba dan hasilnya cukup melimpah, kemudian dibagikan kepada warga.

"Tujuan dari berkebun, sebagai salah satu cara untuk memotivasi masyarakat asli Papua di Kampung Arso agar semangat dalam berkebun memanfaatkan lahannya. Tidak harus dilahan yang luas, karena jika diberdayakan secara maksimal, hasilnya bisa melimpah, serta dapat dijual untuk meningkatkan pendapatan,” kata Lettu Inf Ayub Edi Harahap.

“Kami berupaya membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan RI-PNG khususnya dalam bidang pertanian, seperti membantu warga berkebun, memberikan motivasi dan contoh melalui kebun yang dimiliki Pos Arso Kota,” tambahnya.

Yonif 711/Rks Berkebun

Danpos berharap seperti komitmen sejak awal bertugas, kehadiran Satgas di tengah masyarakat untuk mempererat tali silaturahim, sehingga kemanunggalan TNI-rakyat selalu ada dan nyata.

“Tidak hanya memanen buah, tetapi kita Satgas TNI juga saling bertukar pikiran tentang wawasan dalam meningkatkan hasil pertanian sesuai dengan harapan,” jelasnya.

Sementara itu, Bapak Tinus (46) salah satu warga Arso mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Pos yang telah memberikan hasil panen pos berupa cabai kepada warga sekitar.

“Kami berharap ketulusan dan keikhlasan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, sehingga terjalin ikatan kekeluargaan yang semakin erat antara TNI dan masyarakat,” ucapnya.

Ungkapan yang sama disampaikan Mama Marta (36) selaku warga kampung Arso yang ikut memanen menyampaikan terima kasih karena sudah dilibatkan dan diajarkan memanfaatkan lahan yang berada di sekitar lingkungannya.

“Atas nama warga Kampung Arso kami ucapkan terima kasih kepada personel TNI Satgas Yonif 711/Rks Pos Arso Kota yang telah mengajar cara bercocok tanam yang benar hingga hasilnya dapat dipanen, karena selama ini hanya berburu dan memancing," ujar Marta.


==========
Pen Yonif 711/Rks
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Motivasi Warga Berkebun, Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Bagikan Hasil Panen

Trending Now