iklan

---

Penyebab HP Lemot Lengkap Dengan Cara Jitu Mengatasinya

Relasi Nasional
Senin, 11 Juli 2022 | 18:26 WIB Last Updated 2022-07-11T11:26:49Z

 

Penyebab HP Lemot

Seiring kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini, HP sudah bisa dibilang sebagai kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat modern. Hanya saja, penggunaannya seringkali terkendala karena HP lemot. Penyebab HP lemot pun beragam.


HP yang lemot atau kurang responsif akan membuat penggunanya merasa bosan. Multitasking akan terganggu sehingga terasa buang-buang waktu. Apabila Anda tak ingin rutinitas terhambat, maka perlu ketahui penyebab dan cara mengatasi ponsel lemot.



Ketahui Penyebab HP Lemot


HP yang lemot bisa terjadi karena beberapa hal berikut ini.



Terlalu Banyak Aplikasi


Salah satu penyebabnya yaitu terlalu banyak aplikasi yang terpasang dalam ponsel. Semakin membuat ponsel lemot apabila aplikasi tersebut memiliki ukuran besar. Hal ini dikarenakan aplikasi dengan ukuran besar dan jumlah banyak akan menghabiskan kapasitas memori ponsel. Minimnya ruang penyimpanan membuat kinerja ponsel menjadi melambat.



Performa Baterai Menurun


Selain terlalu banyak aplikasi berukuran besar, ponsel yang lemot juga bisa dikarenakan turunnya performa baterai. Sebagaimana yang kita tahu, baterai berkaitan erat dengan daya ponsel. Apabila performanya menurun, sudah bisa dipastikan akan mempengaruhi kinerja ponsel. Adapun hal-hal yang bisa menurunkan kualitas baterai di antaranya yaitu mengoperasikan ponsel saat dicas, menggunakan HP sampai lowbat, HP sudah lama digunakan, HP minim perawatan, dan lain sebagainya.



Menggunakan Widget Secara Berlebihan


Penggunaan widget yang berlebihan juga termasuk salah satu penyebab HP lemot. Hal ini dikarenakan widget akan mempengaruhi kapasitas RAM dan performa baterai. Tak hanya widget, melainkan juga penggunaan wallpaper.



Cara Mengatasi HP Lemot Secara Mudah


Setelah mengetahui beberapa penyebab ponsel lemot di atas, kini saatnya beralih ke bagaimana cara mengatasinya. Adapun beberapa caranya yaitu:



Hapus Aplikasi yang Tak Terpakai


HP yang lemot bisa diatasi dengan menghapus aplikasi tak terpakai. Cara ini akan membuat penyimpanan menjadi lega. Kapasitas RAM pun bisa lebih optimal.



Reboot HP


Anda bisa reboot HP agar tak lemot. Cara ini bisa diterapkan untuk HP berbasis Android maupun iPhone. Bahkan cara ini sangat direkomendasikan apabila Anda sudah lama tidak restart HP. Dengan reboot HP, maka berbagai masalah kinerja bisa teratasi secara baik.



Cek Koneksi WiFi


Ponsel yang lemot bisa saja bukan karena perangkatnya, melainkan jaringan WiFi. Maka dari itu, alangkah baiknya apabila rutin mengecek koneksi WiFi. Anda patut waspada apabila koneksi WiFi lancar, namun HP lemot.



Bersihkan Cache


Anda bisa bersihkan cache untuk mengatasi HP lemot. Cache itu sendiri adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan data halaman yang dibuka dalam aplikasi sementara waktu. Apabila Anda tidak pernah membersihkannya, maka data akan semakin menumpuk dan memenuhi ruang penyimpanan ponsel. Maka jangan heran apabila ponsel menjadi lemot.



Cek Pembaruan Sistem


Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hp lemot yaitu cek pembaruan sistem secara berkala. Perlu untuk Anda ketahui bahwa HP dengan sistem operasi lawas seringkali berisi bug yang membuat hp lemot. Oleh karena itu, menggunakan ponsel dengan sistem operasi versi terbaru jadi solusi terbaik.


Pastikan Anda memperhatikan beberapa penyebab HP lemot lengkap dengan cara mengatasinya di atas. Dengan mengetahuinya, maka Anda bisa segera mengatasi ketika mengalami masalah tersebut. Hal yang pasti, sebaiknya selalu memberikan perawatan pada HP kesayangan Anda. Selain mengatasi lemot, hal ini juga bisa mencegah HP mengalami berbagai permasalahan lainnya. Misalnya saja blank, lag, dan lain sebagainya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penyebab HP Lemot Lengkap Dengan Cara Jitu Mengatasinya

Trending Now

Ads

iklan