iklan

---

Perbedaan Penetapan Hari Idul Adha 1443 H di Simeulue Jadi Perbincangan di Kalangan Publik

Relasi Nasional
Senin, 11 Juli 2022 | 13:19 WIB Last Updated 2022-07-11T06:19:23Z

Idul Adha di Simeulue


SIMEULUE - Surat Edaran bupati Simeulue terkait pelaksanaan hari raya Idul Adha 1443H yang jatuh pada tanggal 9 juli 2022 menjadi pembicaraan hangat dikalangan publik.


Dengan adanya penetapan hari raya Idul Adha 1443H yang berbeda, Forkopimda Kabupaten Simeulue malaksanakan Shalat Idul adha sesuai dengan penetapan dari pemerintah pusat yakni pada hari minggu 10 juli 2022, sedangkan masyarakat Kabupaten Simeulue umumnya telah melaksanakan shalat Idul Adha1443H pada hari sabtu 9 juli 2022 sesuai dengan surat edaran Bupati Simeulue.


Sementara itu, Kemenag Simeulue dan Forkopimda serta instansi vertikal melaksanakan shalat Idul Adha pada hari minggu 10 juli 2022 di Mesjid Baiturrahmah Kota Sinabang.


Shalat I'dul Adha yang dilaksanakan Forkopimda dan instansi vertikal yang bertindak tata laksananya, sebagai imam shalat Kepala Kemenag Simeulue Drs. H. Aiyub, MA, dan sebagai Khatib Rais Syuriah PCNU Simeulue Tgk. Muhammad Ilyas, SHI.


Pelaksanaan hari raya Idul Adha dilaksanakan sesuai surat edaran keputusan Kemenag RI jatuh pada 10 juli 2022, di hadiri unsur forkopimda dan instansi vertikal diantaranya, Kejari, Dandim, Danlanal, Kapolres, Ketua Mahkamah Syariah, Pengadilan Negeri Sinabang, Wakil Bupati dan Sekda Simeulue serta ASN lainnya.


Sementara Bupati Simeulue dan Ketua MPU Simeulue tidak hadir melaksanakan shalat Idul Adha pada minggu tanggal 10 juli 2022.


Saat dikonfirmasi awak media ke Sekda Simeulue Ahmadlyiah, keberadaan Bupati Erli Hasyim, Beliau mengatakan pak Bupati tidak berada disimeulue, saat ini beliau ada di Banda Aceh.


Kepala Kemenag Simeulue, Drs.H.Aiyub MA, saat ditemui di ruang kerjanya, terkait perbedaan pelaksanaan hari raya Idul Adha tahun ini di Simeulue antara surat edaran Bupati Simeulue dengan surat edaran Kementrian Agama Republik Indonesia.


Aiyub mengatakan "kami komitmen dengan surat edaran Kementerian Agama pusat, dan kita melaksanakan shalat di Mesjid Baiturrahmah Kota Sinabang pada hari minggu 10 juli dengan khatib Tgk. Ilyas." Minggu (10/07/2022)


Perbedaan Penetapan Hari Idul Adha 1443 H di Simeulue Jadi Perbincangan di Kalangan Publik


Aiyub menceritakan awal penentuan hari raya Idul Adha tahun ini di Simeulue, kami di undang ke pendopo Bupati, dalam pertemuan dengan Forkopimda pada tanggal 6 Juli 2022. Kemenag, TNI dan Polri menyampaikan ke Bupati bahwa kami akan melakukan shalat Idul Adha pada Hari Minggu sesuai edaran Kemenag RI, namun kami tetap menghargai bagi yang melaksanakan shalat Idul Adha pada hari Sabtu.


Didalam pertemuan itu tidak ada keputusan dan penandatanganan bersama hasil musyawarah, bahwa penetapan hari raya Idul Adha di Simeulue jatuh pada Sabtu 9 juli 2022 seperti dalam surat edaran Bupati Simeulue.


"Yang saya tanda tangani hanya daftar hadir, selain dari itu tidak ada". Tegas Kepala Kemenag Simeulue.


Dihari yang sama 10 juli 2022 Polres Simeulue melaksanakan shalat Idul Adha bersama masyarakat dihalaman Mapolres.


Kapolres Simeulue AKBP Jatmiko disela pembagian daging kurban pada masyarakat, saat di temui awak media terkait pelaksanaan shalat I'dul Adha di halaman Polres Simeulue mengatakan,  "kami sebagai instansi vertikal tetap tegak lurus satu komando dengan keputusan Pemerintah Pusat". Jelas Kapolres Simeulue.



==========

Helman

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perbedaan Penetapan Hari Idul Adha 1443 H di Simeulue Jadi Perbincangan di Kalangan Publik

Trending Now

Ads

iklan