Iklan

Puluhan CPNS Nagan Raya Formasi Tahun 2021 Ikuti Latsar Angkatan Pertama

relasinasional
26 Juli 2022 | 23:19 WIB Last Updated 2022-07-26T16:19:11Z

CPNS Nagan Raya

SUKA MAKMUE - Sebanyak 40 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Nagan Raya Formasi Tahun 2021 mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) Angkatan I yang diselenggarakan oleh BKPSDM Kabupaten Nagan Raya bekerja sama dengan BPSDM Aceh.


Latsar CPNS tersebut, dibuka oleh Kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh, Syaridin, S.Pd., M.Pd. di Aula BPSDM Aceh, Banda Aceh, Senin (25/7/2022).

Sekretaris Daerah Kabupaten Nagan Raya, H. Ir. Ardimartha yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Amran Yunus S.P., M.T.  yang ikut hadir pada pembukaan latsar tersebut, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aceh beserta jajaran atas terlaksananya Pelatihan Dasar bagi CPNS Kabupaten Nagan Raya Formasi tahun 2021.

Pelatihan Dasar merupakan bekal CPNS untuk memiliki pengetahuan, kemampuan, dan ketrampilan dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur negara sekaligus pelayan masyarakat.

Selain itu, pelatihan dasar ini, menurut Amran, bertujuan untuk membentuk karakter disiplin dan etika sebagai PNS dalam rangka pembinaan SDM Aparatur yang memiliki peranan penting terhadap penyelenggaraan pemerintahan.

"Melalui pelatihan dasar, peserta sekalian akan memperoleh pemahaman tentang tugas dan peranan sebagai Aparatur Sipil Negara yang memiliki cara berpikir, bersikap dan bertindak secara benar dan juga tepat, selalu berpihak pada kemaslahatan rakyat sebagai implementasi kepemerintahan yang baik untuk mewujudkan kepercayaan masyarakat," ujar Amran.

Sementara itu, Plt. Kepala BKPSDM Kabupaten Nagan Raya, Bambang Surya Bakti, S.E. menyampaikan bahwa CPNS yang mengikuti pelatihan dasar ini berjumlah 200 orang peserta, terdiri dari golongan II 124 orang, dan golongan III sebanyak 76 orang. Sementara berdasarkan kategori jabatan, tenaga kesehatan berjumlah 187 orang dan tenaga teknis 13 orang.

Semua peserta tersebut terbagi dalam 5 angkatan, untuk angkatan pertama diikuti oleh 40 orang peserta yang berlangsung selama 51 hari dan 511 Jam Pelajaran.

“Latsar CPNS Angkatan I berjumlah  40 orang peserta yang dilaksanakan selama 51 hari. Terdiri atas 18 hari on campus, 30 hari off campus kembali ke unit kerja asal, serta diakhiri dengan evaluasi aktualisasi di BPSDM Aceh selama 3 hari,” ujar Bambang. 

Penyelenggaraan Latsar CPNS Formasi Umum Golongan II dan III berlangsung selama  511 Jam Pelajaran, bersifat 2 (dua) tahap, yaitu tahap internalisasi (klasikal) 191 JP dan tahap aktualisasi (non klasikal) 320 JP.

Adapun tahapan latsar ini, dimulai dengan tahap internalisasi dari tanggal 25 Juli 2022 sampai dengan 13 Agustus 2022 bertempat di BPSDM Aceh, kemudian tahap aktualisasi dari tanggal 15 Agustus 2022 sampai dengan 19 September 2022 pada unit kerja masing-masing peserta.

Selanjutnya seluruh peserta kembali ke BPSDM Aceh untuk mengikuti  evaluasi aktualisasi mulai tanggal 20 sampai dengan 22 September 2022.


==========
Said
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Puluhan CPNS Nagan Raya Formasi Tahun 2021 Ikuti Latsar Angkatan Pertama

Trending Now

Iklan