iklan

---

Rakor Peningkatan Kerjasama Pemda Nagan Raya dengan Universitas Teuku Umar Tahun 2022

Relasi Nasional
Rabu, 27 Juli 2022 | 15:37 WIB Last Updated 2022-07-27T08:37:45Z

Rakor Pemda Nagan Raya

SUKA MAKMUE - Untuk mendukung Perencanaan Pembangunan di Bidang Sosial Budaya, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya lakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan Pembangunan Bidang Sosial Budaya Kabupaten Nagan Raya tahun Anggaran 2022 dengan Universitas Teuku Umar (UTU).


Rakor tersebut berlangsung di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten setempat. Rabu (27/07/2022). Dengan Agenda Penguatan Sinergi Antara Pemerintah Kabupaten dan Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Daerah.


Sekretaris Daerah Kabupaten Nagan Raya, H.Ir. Ardimartha yang diwakili Asisten Administrasi dan Umum, Bambang Surya Bakti, SE dalam sambutannya mengatakan, dengan diberlakukannya Undang-undang Otonomi Daerah memberi peluang yang lebih luas bagi pemerintah daerah untuk mengelola segala sumber daya yang ada di daerah.

Menurutnya, kondisi ini memberikan peluang besar bagi pemerintah daerah untuk memanfaatkan perguruan tinggi sebagai mitra strategis dalam bekerja sama dalam berbagai bentuk. Ujar Bambang.

Asisten III menambahkan, kepentingan perguruan tinggi sebagai sumber ilmu pengetahuan yang memiliki sumber daya manusia yang handal harus mampu memberikan alternatif upaya pemberdayaan dan solusi dalam menghadapi berbagai permasalahan yang di hadapi oleh masyarakat dan pemerintah daerah. Jelasnya.

Dikatakan, hal ini sebagai mandat utama pengguruan tinggi di Indonesia yaitu memberi nilai tambah dan mengabdi untuk masyarakat dan pemerintah daerah.

"Mungkin dalam konteks pembangunan di daerah, ada beberapa hal dapat di perankan oleh pengguruan tinggi antara lain, membangun sumber daya manusia daerah yang berkualitas dan mengadakan studi-studi untuk di sumbangkan kepada pemerintah melalui model-model pembangunan daerah dengan mempertimbangkan sektor-sektor unggulan antara universitas dan pemerintah daerah," jelas Bambang.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, mengingat pengguruan tinggi memiliki peran yang sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan di daerah, Pemerintah Kabupaten Nagan berencana memperkuat hubungan kerja sama dengan Uversitas Teuku Umar yang merupakan perguruan tinggi terbesar di kawasan Barat Selatan Aceh.

Tujuannya, agar memperoleh masukan dari sudut pandang akademis. "Dengan adanya kerjasama ini, antara Pemkab Nagan Raya bersama UTU dapat mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terkait aspek-aspek yang tercakup dalam bidang pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan. Tutup Bambang.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pemerintahan, Sumberdaya Manusia dan Keistimewaan (PSDMK) Bappeda Nagan Raya, Muhammad Ar'rafi S.Kel.,M.Sc, dalam laporannya menjelaskan, kegiatan hari ini merupakan Rakor Perencanaan Pembangunan Bidang Sosial Budaya, dengan agenda penguatan sinergi antara pemerintah kabupaten dan perguruan tinggi dalam pembangunan daerah. Dengan jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 35 orang.

"Sebagaimana kita ketahui sekitar dua tahun yang lalu, telah kita buat nota kesepahaman antara Universitas Teuku Umar dan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya tentang kerjasama bidang pendidikan, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)," Jelas Kabid PSDMK tersebut.

Maksud dari kegiatan ini lanjut Ar'rafi, adalah meningkatkannya kerjasama antara Pemkab Nagan Raya dengan Universitas Teuku Umar beserta unit-unit organisasi didalamnya dalam rangka tindak lanjut nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Nagan Raya dan UTU tentang kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan acara diskusi, dengan pemateri yaitu Dr. Mursyidin Zakaria yang merupakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Teuku Umar dan Rencana Tindak Lanjut disampaikan oleh Kepala Bappeda Nagan Raya, Rahmattullah, S.STP.,M.Si.

Acara tersebut turut dihadiri Sekretaris Dinas Pertanahan, Para Kabid, Kasi, Kasubag dan staf dilingkup pemerintah setempat. (*)


==========
Said
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rakor Peningkatan Kerjasama Pemda Nagan Raya dengan Universitas Teuku Umar Tahun 2022

Trending Now

Ads

iklan