iklan

---

Rekomendasi Tempat Wisata di Banda Aceh yang Patut Anda Kunjungi

Relasi Nasional
Rabu, 06 Juli 2022 | 17:29 WIB Last Updated 2022-07-06T10:29:01Z

 

Tempat Wisata di Banda Aceh

Banyak tempat wisata di Banda Aceh yang patut Anda kunjungi jika sedang berada di Aceh, mulai dari wisata alam seperti pantai hingga museum. Daerah yang berjuluk Serambi Mekkah ini juga sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah untuk wisata religi. Berbagai wisata yang tersedia di sini tentunya mampu melepaskan penat dan menyegarkan pikiran setelah lelah beraktifitas.


Rekomendasi Tempat Wisata di Banda Aceh

Banda Aceh memang memiliki banyak sekali tempat wisata, baik wisata alam yang memukau maupun wisata yang kental akan sejarah. Untuk Anda yang berencana mengunjungi Banda Aceh atau sekedar ingin liburan berikut ini adalah beberapa wisata yang dapat Anda kunjungi:


Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Pemandangannya yang eksotis dengan pasir putih yang memanjakan mata tentunya sangat sayang untuk dilewatkan.

Pantai ini juga berperan sebagai tempat konservasi satwa penyu sehingga dapat menjadi wahana edukasi biota laut. Selama berlibur pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seru seperti berselancar, berenang bahkan berlayar di laut.


Museum Tsunami

Dari tempat wisata di Banda Aceh ini pengunjung dapat belajar lebih lengkap tentang apa yang terjadi saat kejadian tsunami 2004 silam. Fasilitas dalam museum cukup lengkap, mulai space of fear yang merupakan simbol rasa takut masyarakat terhadap tsunami. Dalam lorong tersebut pengunjung akan merasakan bagaimana kondisi saat tsunami terjadi.

Kemudian terdapat ruang kenangan yang di dalamnya berisi banyak foto dan dokumentasi terkait bencana tsunami tersebut. Terus menyusuri jalan pengunjung akan menemui sumur doa yang memiliki filosofi khusus menjadi makam bagi ribuan korban tsunami. Terdapat pula nama-nama korban tersebut.


Masjid Raya Baiturrahman

Masjid ini berdiri pada tahun 1612 di masa Sultan Iskandar Muda. Bangunan masjid ini tetap kokoh setelah mendapat terjangan tsunami dan tidak mengalami kerusakan yang parah seperti bangunan lain. Menariknya lagi, usianya saat bencana ini terjadi yaitu sekitar 392 tahun. Hingga saat ini pun masjid ini selalu ramai mendapat pengunjung.


Rumah Cut Nyak Dien

Cut Nyak Dien adalah salah satu pahlawan perempuan yang paling terkenal di Aceh. Di tempat wisata di Banda Aceh Rumah Cut Nyak Dien ini, pengunjung akan melihat lebih dekat bukti perjuangannya dalam mengusir penjajah. Dalam rumah ini terdapat banyak arsip dan bukti perjuangan Cut Nyak Dien sekaligus dapat melihat seperti apa bangunan Aceh zaman dahulu.


Museum Aceh

Museum ini banyak menyimpan sejarah dan memiliki koleksi yang bukan hanya berasal dari zaman penjajahan saja melainkan dari zaman pra aksara juga. Dari banyaknya koleksi yang tersedia, salah satu koleksi yang menarik yaitu Lonceng Cakra Donya yang telah berusia 1400 tahun. Lonceng ini merupakan hadiah dari KaisarChina pada Dinasti Ming untuk Kesultanan Pasai.


Pantai Lhok Mee

Pantai berpasir putih ini memiliki air yang sangat jernih, bahkan bisa melihat karang yang terdapat di bawah air. Tempat ini memiliki sesuatu yang khas yaitu gerumbang, pohon yang tumbuh di atas perairan dan mampu menahan beban yang berat bahkan hingga puluhan kilogram. Pengunjung pun tak jarang yang bersantai di pohon ini.


Bukit Lhok Eumpe

Untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan yang hijau-hijau maka tempat wisata di Banda Aceh Bukit Lhok Eumpe ini dapat menjadi pilihan. Di bukit ini pengunjung akan menyaksikan pemandangan bukit-bukit hijau nan jauh dan hal menarik lainnya. Selain itu pertunjukan seni budaya juga sering tampil disini.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rekomendasi Tempat Wisata di Banda Aceh yang Patut Anda Kunjungi

Trending Now