Iklan

Resmi Buka Pendaftaran Bacaleg, PKB Aceh Utara Siap Hadapi Pemilu 2024

relasinasional
24 Juli 2022 | 11:33 WIB Last Updated 2022-07-24T04:33:20Z

PKB Aceh Utara

LHOKSUKON - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Aceh Utara  resmi membuka pendaftaran bagi Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) untuk DPRK Aceh Utara.


Ketua DPC PKB Kabupaten Aceh Utara Tgk Samsul Bahri Ishak, SHI., MSos, atau sering disapa SBI mengatakan, pihaknya memberi kesempatan bagi siapapun untuk maju sebagai Bakal Calon Legislatif dari partainya. Tidak hanya berlaku bagi internal namun juga eksternal PKB, termasuk kaum milenial.

“Ini adalah bukti keseriusan PKB Kabupaten Aceh Utara dalam menghadapi Pemilu 2024," ujar Tgk. Samsul dalam keterangan yang diterima media ini, Minggu (24/07/2022).

Dengan dibuka lebih awal pendaftaran Bacaleg ini menandakan bahwa PKB Aceh Utara sangat siap menghadapi Pemilu serentak pada 2024 nanti, baik Pilpres, Pileg, dan juga Pilkada.

"Kami (PKB) juga membuka ruang kepada siapa saja yang ingin bergabung dengan PKB, pada dasarnya kami ingin PKB kedepan jauh lebih besar solid, dan yang pasti makin siap menghadapi pemilu serentak 2024," lanjut SBI.

Sementara Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPC PKB Aceh Utara, Tgk Junaidi secara teknis menjelaskan mekanisme pendaftaran akan dilakukan secara online tetapi berkas pendaftaran juga harus dimasukkan manual.

"Walaupun para Bacaleg sudah mendaftar secara online, tetapi berkas secara manual tetap diantar ke kantor sekretariat, " ungkapnya.

Tgk Junaidi meminta agar seluruh Bacaleg dari PKB menghormati seluruh proses dan tahapan yang telah ditetapkan sebelum nantinya terpilih menjadi calon anggota legislatif dari PKB.

Sementara Sekretaris DPC PKB Aceh Utara Agus Adhar ST, menyampaikan seluruh Bacaleg yang mendaftar belum tentu diterima karena akan disesuaikan dengan jumlah kursi per dapil.

Katanya, untuk menyeleksi itu PKB memiliki berbagai tahapan dan juga mempertimbangkan kuota 30 persen perempuan sebagai syarat.

Selain itu para Bacaleg juga akan diuji selama beberapa bulan kedepan untuk berkontribusi kepada partai, selama jangka waktu penetapan nomor urut.

Partai juga akan memberikan penugasan kepada Bacaleg mulai dari pembentukan anak ranting dan kerja politik lainnya.

"Itu sebagai uji seleksi, jadi yang mendaftar belum tentu otomatis diterima, karena kami meyakini yang mendaftar lebih dari kuota yang disiapkan 45 orang sehingga perlu dilakukan seleksi sebelum penetapan calon sementara dari partai, " jelas Agus yang juga berprofesi sebagai seorang konsultan.

Menurutnya, dengan dibukanya pendaftaran Bacaleg secara online akan membuka ruang bagi seluruh masyarakat Aceh Utara untuk menjadi calon dari PKB.

"Pendaftaran secara online artinya membuka ruang kepada seluruh warga Aceh Utara, kami menghimbau untuk kaum perempuan, milenial dan siapapun politisi yang berminat menjadi calon dari PKB silahkan mendaftarkan diri, tentunya dengan mengikuti seleksi dan tahapan yang telah ditetapkan, " tuturnya.


==========
Murhaban
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Resmi Buka Pendaftaran Bacaleg, PKB Aceh Utara Siap Hadapi Pemilu 2024

Trending Now

Iklan