Ads

---

Setor Jutaan Rupiah, Listrik Masyarakat Sumber Karya Belum Juga di Fungsikan

Relasi Nasional
Sabtu, 16 Juli 2022 | 13:03 WIB Last Updated 2022-07-16T14:34:54Z

Listrik Masyarakat Sumber Karya Belum Juga di Fungsikan

BENGKAYANG - Listrik sebagai sumber utama untuk penerangan maupun keperluan hidup lainnya, sebagai warga negara yang merdeka tentunya ingin mendapatkan sentuhan pembangunan pemerintah merata sampai ke pelosok negeri, terutama  Listrik PLN yang sangat di perlukan oleh masyarakat. Hal inilah yang diharapkan oleh masyarakat Desa Sumber karya kecamatan Teriak kabupaten Bengkayang.


Saat media ini berkunjung ke Dusun Temu, kepada media ini masyarakat menyampaikan keluh kesah tentang jaringan PLN yang sudah di bangun dan terpasang sudah hampir satu tahun, namun sampai saat ini belum bisa digunakan oleh masyarakat, bahkan menurut pengakuan salah satu warga biaya untuk penyambungan ke rumah sudah dilunasi dengan biaya jutaan rupiah, Kamis (14/07/22).

Minarti salah satu warga mengatakan kepada awak media ini bahwa semua biaya sudah dilunasi sesuai permintaan, biaya yang di keluarkan sejumlah Rp. 2.500.000 dengan pengajuan daya 1.300 VA, namun sampai saat ini jaringan PLN belum bisa di fungsikan.

"Jaringan terpasang sudah mau setahun ini, serta masyarakat sudah membayar, karena saya mau pasang daya 1.300 VA saya membayar Rp. 2.500.000 dan saat ini instalasi sudah terpasang, namun masih belum bisa digunakan, terus terang yang lebih tahu tentang permasalahan ini sekdes kami", Ujar Winarti.

Winarti juga mengatakan rata rata setoran Rp. 2.000.000 melalui desa, ada juga yang tidak melalui desa.

"Rata-rata masyarakat menyetor Rp. 2.000.000 melalui desa dan ada juga masyarakat yang tidak menyetor melalui desa mungkin melalui pihak kontraktor. Kalau kami di sini RT 01 dan RT 02 ada sekitar 5 orang yang menyetor ke desa. Untuk yang lebih banyak setor ke desa dari sibo beringin hampir semua ke desa. Sampai saat ini pun kami belum menerima berupa bukti setoran kami masuk kemana, dan bukti sekarang ini listrik belum juga di fungsikan.

Listrik Masyarakat Sumber Karya Belum Juga di Fungsikan

Kami selaku masyarakat meminta agar jaringan listrik PLN di daerah kami segera diaktifkan, karena sudah hampir setahun belum juga di fungsikan. Beberapa waktu lalu ada petugas yang cek kelapangan melihat langsung, menurut keterangan mereka ada beberapa titik yang perlu di bersihkan lagi, saya pikir kalau berharap ke masyarakat lagi yang akan membersihkan kemungkinan mereka tidak mau lagi, tuh lihat di beberapa tempat ada tali kabel yang sudah jatuh ke tanah". Ungkapnya.

Sekretaris Desa Sumber karya, Saulus saat dijumpai media ini mengatakan, perihal masalah jaringan ini sudah ditanyakan ke pihak pengawasan di lapangan mengenai kapan rencana pengaktifan gardu di wilayah sumber karya namun hingga saat ini belum ada kejelasan kapan, Kamis (14/07/2022).

"Kemarin saya sudah bertanya kapan pengaktifan gardu di wilayah sumber karya, alasannya ada beberapa yang harus di pangkas lagi serta masih ada beberapa yang masih bermasalah, seperti ada ranting kayu dan bambu,

Terkait dalam hal instalasi sejauh ini pihak yang urus (Instalatir) masih belum ada kejelasan, sementara warga sudah membayar rata-rata 2 juta bahkan lebih melalui desa yang urus. Rencana kemarin mau di bantu dari dana DD sebanyak 1 juta, tapi tidak di ACC, karena menyangkut kepemilikan kWh. Sampai sejauh ini pak kades (Sumber karya red) tidak ada menyampaikan apa-apa kepada saya, sebab saya memang stay di sini, Sementara beliau kan stay di Bengkayang,

Jadi maksud saya kalau ada planing ke depan baik dari PLN maupun instansi terkait agar selalu menyampaikan informasi ter-update lah. Saya memang sering ke Bengkayang juga, namun pihak terkait pasti carinya ya pak kades bukan sekdes, kecuali pak kades tidak ada barulah sekdes". Ungkapnya

Kepala ULP rayon Bengkayang Luthfi Rizal saat di konfirmasi media ini melalui via WhatsApp, membenarkan jaringan listrik yang masuk desa sumber karya memang belum diaktifkan mengingat masih ada beberapa hal baik teknis maupun Non teknis yang harus di selesaikan.

"Untuk jaringan listrik yang menyuplai Desa Sumber Karya memang saat ini belum diaktifkan. Terdapat beberapa hal baik teknis maupun non teknis yang perlu diselesaikan agar jaringan layak untuk dioperasikan. Namun hal tersebut saat ini sudah selesai, beberapa hari lalu kami juga menerima kunjungan dari Kades Sumber Karya. Kami menyampaikan bahwa secara administratif, jaringan sudah bisa dioperasikan dan siap untuk melayani penyambungan listrik ke masyarakat Sumber Karya.

Terkait setoran untuk layanan pasang baru, sampai saat ini belum ada permohonan dan pelunasan biaya pasang baru dari masyarakat Sumber Karya yang masuk ke kami. Jika masyarakat merasa sudah melakukan pelunasan baik secara individu maupun kolektif kepada pihak yang sudah dipercaya, silahkan pihak terkait dapat berkoordinasi langsung dengan kami untuk melakukan permohonan dan pelunasan biaya pasang baru. Perlu kami sampaikan bahwa besaran biaya pasang baru yang disetor ke PLN itu sama seluruh Indonesia, tergantung daya yang ingin diajukan. Perbedaan biaya yang disetor oleh masyarakat biasanya terkait dengan biaya lain-lain diluar biaya yang disetor ke PLN, seperti pemasangan instalasi di rumah dan penerbitan SLO". Pungkasnya.


==========
Injil
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Setor Jutaan Rupiah, Listrik Masyarakat Sumber Karya Belum Juga di Fungsikan

Trending Now