Ads

---

Usai Sholat Idul Adha, Panitia Qurban Desa Sinabang Sembelih 20 Ekor Hewan Qurban

Relasi Nasional
Sabtu, 09 Juli 2022 | 20:12 WIB Last Updated 2022-07-09T13:12:42Z

Panitia Qurban Sinabang


SIMEULUE - Sholat Idul Adha telah selesai dilaksanakan, suasana ramai terlihat di halaman masjid Al Falaq Desa Sinabang, ratusan warga sudah berkumpul sejak pukul 09.30 Wib tadi untuk menyaksikan prosesi penyembelihan hewan qurban. Sabtu, (9/7/2022).


Pada perayaan Idul Adha tahun ini, panitia qurban desa Sinabang menyembelih hewan qurban sebanyak 20 ekor, diantaranya kerbau 18 ekor dan kambing 2 ekor. Proses penyembelihan hewan qurban tersebut melibatkan sekitar puluhan orang.


Mereka bertugas mulai dari proses penyembelihan, menguliti, pemisahan daging dengan tulang, hingga membagikannya kepada warga.


Ketua panitia Mirwan mengatakan proses penyembelihan akan selesai hari ini dan langsung dibagikan ke warga. Daging hewan qurban tersebut akan dibagikan kepada warga desa di dua dusun yakni dusun Suka Makmur dan Damai Makmur.


"Warga yang telah mendapatkan kupon pengambilan daging hewan qurban tersebut tidak perlu mengantri atau berdesak-desakan, dan pengambilan daging qurban melalui kepala Dusun masing-masing di lokasi pemotongan hewan qurban."


Sementara itu Kepala Desa Sinabang, Novian SE saat ditemui media Relasi Nasional di lokasi penyembelihan hewan qurban yang turut didampingi oleh Srimulyadi, SE dan Mirwan mengatakan " Alhamdulillah pada hari ini bertepatan dengan hari raya idul adha 1443 H atau hari raya qurban kita bersama dengan para panitia qurban dan masyarakat desa Sinabang melakukan penyembelihan hewan qurban."


Panitia Qurban


Untuk desa Sinabang sendiri, penyembelihan hewan qurban ada dua titik yaitu satu titik di dusun Suka Makmur dan Damai Makmur dengan jumlah hewan qurban (kerbau) 9 ekor dan kambing 2 ekor, sementara di titik kedua yaitu di dusun Suka Damai dengan jumlah hewan qurban 9 ekor kerbau.


"Jadi total hewan qurban untuk desa Sinabang berjumlah 20 ekor, diantara nya ada 2 ekor kambing." Jelas Kades Sinabang Novian SE


"Terima kasih kepada seluruh panitia sehingga pelaksanaan pemotongan hewan qurban ini dapat terlaksana dengan baik, dan Terima kasih juga kepada para dermawan yang sudah menitipkan hewan qurbanny di desa Sinabang untuk dibagikan kepada masyarakat desa,


Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan Berqurbanlah " Ucap Kades Novian


Hal senada juga disampaikan Srimulyadi, SE Kordinator Lapangan " Alhamdulillah hewan qurban desa Sinabang dipastikan aman dari penyakit mulut dan kaki (PMK) dan semua hewan qurban dalam keadaan sehat, sehingga aman dikomsumsi oleh seluruh masyarakat desa Sinabang.


Dan dalam tahun ini untuk desa Sinabang sendiri memiliki keistimewaan yang mana panitia tidak perlu bersusah paya lagi memotong tulang kerbau dengan menggunakan kampak, tapi kita sudah memiliki mesin sendiri untuk memotong tulang hewan qurban.


Lebih lanjut, ia mengatakan Terima kasih juga kepada kepala Desa Sinabang Bapak Novian yang mana beliau sudah menyediakan baju kaos untuk panitia qurban, ini sungguh luar biasa karena belum pernah dilakukan oleh pemimpin sebelumnya.


Dengan baju kaos ini membuat panitia qurban lebih bersemangat dalam bekerja dan terasa kompak.


Pantauan media Relasi Nasional, banyaknya hewan qurban serta mekanisme pembagian yang merata dan teratur tersebut, dapat terwujud berkat partisipasi dari semua panitia dan elemen masyarakat.



==========

Helman

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Usai Sholat Idul Adha, Panitia Qurban Desa Sinabang Sembelih 20 Ekor Hewan Qurban

Trending Now