iklan

---

Bersama Warga Gunung Riut, Program Bina Desa PT Buma Wujudkan Komunitas Pembuatan Rumah Bambu

Relasi Nasional
Rabu, 03 Agustus 2022 | 00:27 WIB Last Updated 2022-08-03T09:39:38Z

Bersama Warga Gunung Riut, Program Bina Desa PT Buma Wujudkan Komunitas Pembuatan Rumah Bambu

BALANGAN - PT Adaro Indonesia bersama PT Buma serta Yayasan Bambu Cibinong  melakukan sosialisasi pembuatan karya seni dari bambu, Selasa (2/8).


Kegiatan berlangsung di Gunung Riut bersama masyarakat lokal setempat melalui diskusi. Yudi Febrianda dari PT Adro Indonesia mengungkapkan yang dilakukan pihaknya dalam rangka pemberdayaan oleh perusahaan menawarkan solusi warga bisa mandiri ke depannya.

Lewat diskusi panjang, terwujudlah komunitas pembuatan rumah bambu. Sekdes Hariadi menyebutkan ada banyak potensi yang bisa digali di Desa Gunung Riut Kecamatan Halong. Salah satunya potensi seni keterampilan mengolah Bambu. 

Sementara itu, kang Heru dari yayasan bambu Cibinong, menjelaskan bahwa Bambu bisa menjadi tabungan air, bahkan melebihi dari aqua, kali Ciliwung jadi saksi  perjalanan bambu Cibinong.

“hari yang dilarang melakukan penebangan bambu yaitu hari Selasa dan Sabtu. Karena mempengaruhi kualitas bambu,” bebernya.

Selain itu, bambu bisa Bikin kajebu, bikin mebel, pemasarannya hingga ke Jepang dan Amerika Serikat. Disamping kemudahan mengolah bahan dari bambu sekaligus bisa tergali potensi tempat wisata dari bambu.


==========
Iwan Robyanto
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bersama Warga Gunung Riut, Program Bina Desa PT Buma Wujudkan Komunitas Pembuatan Rumah Bambu

Trending Now