Iklan

DPKPP Kota Singkawang Bersama Sahabat Herry Kin Salurkan Lima Ton Benih Padi Unggul Varietas Inpari 32 ke Gapoktan

relasinasional
02 Agustus 2022 | 20:58 WIB Last Updated 2022-08-02T13:58:21Z

DPKPP Kota Singkawang Bersama Sahabat Herry Kin Salurkan Lima Ton Benih Padi Unggul Varietas Inpari 32 ke Gapoktan

SINGKAWANG - Benih padi Inpari 32 ini merupakan jenis benih padi yang tahan atas pembusukan daun. Dengan jenis tanah di Kota Singkawang yang pada dasarnya merupakan daerah yang lembab, sehingga benih tersebut cocok untuk ditanam di Kalimantan Barat umumnya, termasuk di Kota Singkawang.


Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Singkawang, Kalimantan Barat, melaksanakan Serah Terima Bantuan Benih Padi Lokal Unggul Varietas Inpari 32 pada Selasa (2/8/2022).


Bantuan ini diperoleh dari dana APBD Pemerintah Kota Singkawang melalui DPKPP Kota Singkawang dan dilaksanakan oleh Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan.

Bantuan benih padi Varietas Unggul Inpari 32 ditujukan kepada 24 Kelompok Tani (Poktan) yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) masing-masing pada dua Kecamatan di Kota Singkawang.

Dalam pelaksanaannya, Tim pelaksana Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan oleh masing-masing Koordinator BPP saat menyerahkan Bantuan Benih Padi Unggul tersebut turut dibantu oleh relawan “Sahabat Herry Kin”.

Diketahui keseluruhan bantuan sebanyak lima ton benih padi varietas unggul Inpari 32 dengan keseluruhan luas lahan yang dikelola ialah 200 Ha. Masing-masing Gapoktan mendapatkan bantuan yang bervariasi.

Mazlan Staf Tanaman Pangan dan Hortikultura menjelaskan, didistribusikan 5 ton benih padi untuk gapoktan di Singkawang Utara tiga Gapoktan, di Singkawang Selatan Kelurahan Sijangkung satu Gapoktan dan Kelurahan Sedau satu satu Gapoktan.

Jenis bibit benih padi yang di salurkan adalah varietas inpari 32. Gimana varietas inpari 32 ini sudah tip dengan adanya lahan di Kota Singkawang, sehingga produksinya agak tinggi dan cocok apabila terjadi kekeringan di bandingkan kualitas yang lainnya.

Kristianus SH selaku koordinator relawan dari Sahabat Herry Kin menyampaikan kepada bahwa bantuan benih padi varietas unggul Inpari 32 ini didasari oleh permintaan daripada petani itu sendiri pada tahun 2021 yang mana menjadi agenda tahunan dan dilaksanakan pada tahun 2022 sekaligus merupakan perjuangan serta kepedulian sosok Herry Kin selaku anggota DPRD Kota Singkawang ke para petani.

“Jadi kami ikut hadir guna membantu pihak pemerintah, dalam hal ini DPKPP Singkawang guna menyalurkan bantuan ini. Sekaligus juga kita turut memastikan agar amanah dari buah perjuangan dan kepedulian Bapak Herry Kin ini diterima dengan baik dan tepat sasaran,” kata Kristianus yang juga dikenal sebagai lawyer tersebut.

Sementara itu, perwakilan petani yang menerima bantuan kali ini sangat berterima kasih dengan terpenuhinya permintaan benih padi unggul, tentunya produktivitas juga akan meningkat dan berkualitas.

“Dengan adanya bantuan dari pemerintah, kami para petani pastinya akan menghasilkan padi yang berkualitas,” kata H Rusmadi selaku Ketua Gapoktan Kita Bersatu di Desa Setapuk Besar Kecamatan Singkawang Utara.

Petani juga berharap agar bantuan benih juga dapat sejalan dengan bantuan pupuk yang memadai. Sebab diakui para petani, kendala yang hingga saat ini masih dihadapi selain serangan hama dan yang paling mendasar serta diharapkan yakni bantuan pupuk.


==========
Hamdani
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DPKPP Kota Singkawang Bersama Sahabat Herry Kin Salurkan Lima Ton Benih Padi Unggul Varietas Inpari 32 ke Gapoktan

Trending Now

Iklan