Ads

---

Meriahkan HUT RI Ke-77 Penggalas Ikan dan Nelayan Dusun Langenget Gelar Lomba Tarik Tambang Perahu

Relasi Nasional
Sabtu, 20 Agustus 2022 | 19:13 WIB Last Updated 2022-08-20T12:13:39Z

Meriahkan HUT RI Ke-77 Penggalas Ikan dan Nelayan Dusun Langenget Gelar Lomba Tarik Tambang Perahu

SIMEULUE - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 77 tahun 2022, kelompok Penggalas ikan, Nelayan dan Pemuda dusun Langenget menggelar Lomba Tarik Tambang Perahu Tradisional. Acara yang di dominasi para penggalas ikan, nelayan dan pemuda dusun Langenget itu berlangsung di areal pelabuhan Laut Sinabang (Cargo) Desa Suka Jaya, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue. Jum’at (19/08/2022).


Terpantau dilapangan, para peserta lomba menggunakan perahu tradisional yang di siapkan oleh panitia pelaksana tanpa depang atau penyeimbang. Masing-masing perahu di isi oleh dua orang peserta dan ekor perahu masing-masing peserta di ikat dengan tali. Bak pertandingan Nasional, hitungan mundur pun di mulai sebagai pertanda aba-aba pertandingan akan di memulai. Para peserta pun mendayung sekuat tenaga, iringan suara tepuk tangan dan teriakan sorak gembira dari ratusan penonton yang ikut menyaksikan perlombaan itu pun membuat suasana perlombaan semakin semarak. Dalam perlombaan itu, siapa yang mampu menarik perahu lawannya hingga garis yang di tentukan atau perahu lawannya terbalik, maka merekalah yang jadi pemenangnya.

”Acara perlombaan tarik tambang perahu ini kami laksanakan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun 2022. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendidik generasi muda di Dusun kami agar terus dapat memupuk rasa kekompakan, kebersamaan dan kepedulian sesama masyarakat di Dusun Langenget.” Ungkap Sahril dan Nadian selaku Ketua dan Sekretaris panitia pelaksana perlombaan.

Panitia perlombaan tarik tambang perahu tradisional kepada awak media menyebutkan, kegiatan ini kami laksanakan secara spontan dengan dana yang kami kumpulkan dari teman-teman penggalas ikan di Cargo, nelayan dusun Langenget dan Pemuda dusun. Ada pun nama-nama peserta yang ikut dalam perlombaan tarik tambang perahu kali ini diantaranya ; Ismadin Waruhu berpasangan dengan Pan Nasution, Hermansyah berpasangan dengan Irwansyah, mas berpasangan dengan Panjul, Gidi berpasangan dengan Pengkik, David berpasangan dengan Gindo, sedangkan Agus Songkek berpasangan Ucok galun, sementara Ai berpasangan dengan Andi, sedangkan kepala Desa Suka Jaya, Amrullah, SH berpasangan dengan Mak Nul.

”Perlombaan tarik tambang perahu tradisional dusun Langenget tahun 2022 ini di ikuti sebanyak 16 peserta dan di menangkan oleh pasangan ; Jul dan Irfan sebagai juara 1, juara 2 di menangkan oleh saudara Kasnal dan Suma, juara 3 di menangkan oleh saudara Kiki dan Oji sedangkan juara 4 di menangkan oleh mantan RT 09 yaitu bapak Ending Prama Wijaya dengan pasangannya Ir.” Sebut panitia pelaksana perlombaan.

Acara Perlombaan tarik tambang perahu itu juga turut di hadiri oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Simeulue, Hardani. Kepada media ia mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kekompakan para Pemuda dan Pemudi di dusun tempat tinggalnya itu.

Ia juga mengatakan, Perlombaan tarik tambang perahu ini sebenarnya bukanlah hal yang baru bagi kami masyarakat dusun Langenget Desa Suka Jaya. Pasalnya, pada tahun 2006 lalu perlombaan ini juga pernah kita laksanakan.

”Alhamdulillah, setelah 16 tahun berlalu perlombaan ini dapat di laksanakan kembali, untuk itu saya ucapkan apresiasi kepada panitia pelaksana dan teman-teman pemuda serta pemudi dusun Langenget yang telah dapat melaksanakan kembali perlombaan tarik tambang perahu ini dengan baik dan sukses,” ucap laki-laki yang akrab disapa Hardhany Suka Jaya itu.

Lebih lanjut, Hardani yang juga Mantan Ketua Pemuda Suka Jaya itu berharap, acara perlombaan tarik tambang perahu ini kiranya dapat di gelar setiap tahunnya walaupun hanya di tingkat Dusun.

”Kita berharap perlombaan tarik tambang perahu ini dapat terus di laksanakan setiap tahunnya walaupun hanya di tingkat dusun. Meski hadiahnya tak seberapa, namun rasa kebahagiaan dan kegembiraan itulah yang dapat membuat kita terus memupuk rasa kekompakan serta kebersamaan di dalam dusun yang kita cintai ini. Jadikan momen hari kemerdekaan sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan dan kekompakan diantara kita.” Demikian harapan, Hardani, selaku Mantan Ketua Pemuda Desa Suka yang kini menjabat sebagai sebagai Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Simeulue. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meriahkan HUT RI Ke-77 Penggalas Ikan dan Nelayan Dusun Langenget Gelar Lomba Tarik Tambang Perahu

Trending Now