iklan

---

Tanam Bibit Mangrove, Pandji Santoso : Bukti Peran Aktif Polres Aceh Barat dalam Menjaga Revitalisasi Alam

Relasi Nasional
Selasa, 23 Agustus 2022 | 16:00 WIB Last Updated 2022-08-25T16:52:52Z

Polres Aceh Barat

MEULABOH - Dalam rangka HUT kemerdekaan Republik indonesia ke 77 tahun 2022 Polda Aceh melakukan program Aceh Hijau dengan penanaman 77 ribu pohon serentak di Seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Aceh.


Dalam hal ini Polres Aceh Barat juga ikut berpartisipasi dalam rangka Aceh hijau tersebut dengan melakukan penanaman Mangrove yang di laksanakan di Pantai Batu Putih, Desa Ujung kalak, Kec. Johan Pahlawan Kab. Aceh Barat, Selasa, (23/8/2022).


Penanaman pohon serentak ini di pimpin langsung oleh Kapolres Aceh Barat AKBP Pandji Santoso, S.I.K. M.Si. dan dalam kegiatan Tersebut hadir juga Bupati Aceh Barat yang di wakili Asisten I , Danrem 012/TU Kolonel Inf Riyanto S.I.P., Dandim 0105 Abar Letkol Inf. Dimar Bahtera, S.Sos.M.A.P., Seluruh Personel Polres Aceh Barat dan berbagai lapisan masyarakat lainnya.

Dalam amanat Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Ahmad Haydar, S. H., M. M, yang di bacakan Kapolres Aceh Barat mengatakan ; Tumbuhan yang akan kita tanam ini memiliki peran ekologis yang besar bagi kehidupan manusia. Telah berabad - abad lamanya dijadikan tumpuan jutaan orang yang hidup baik di pesisir maupun di pegunungan.

"Tumbuh-tumbuhan ini sangat penting bagi manusia dan lingkungan. Adapun pohon mangrove yang kita tanam saat ini dapat mencegah terjadinya abrasi laut dan menghindari terjadinya perembesan air ke dalam lapisan tanah, yang bisa mengakibatkan terjadinya percampuran air laut dengan air tanah"

"Sebagai tindakan preventif dan premtif dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya terhadap setiap aktivitas yang  mengancam kerusakan lingkungan, sumber daya laut, pesisir pantai dan pegunungan, mari kita bersama - sama melakukan penanaman pohon, dengan harapan dapat mengembalikan ekosistem yang telah rusak agar dapat kita wariskan pada anak cucu kita kelak," tutur Kapolres saat membacakan Amanat.

Lebih lanjut Kapolres Aceh Barat Mengatakan
penanaman pohon ini sebagai langkah revitalisasi alam, peningkatan produktivitas lahan, mitigasi bencana dan perubahan iklim juga untuk mendorong terciptanya sumber ekonomi dan kemandirian masyarakat yang hasilnya dapat dinikmati bersama.

“Melalui proses menanam pohon mangrove, diharapkan nilai integritas yaitu gotong royong, tanggung jawab, dan harmoni antara pemikiran dan tindakan tertanam. Kegiatan ini tidak hanya selesai sampai di sini, selanjutnya pohon-pohon ini tetap harus dirawat dan dipelihara dengan baik,” Kata Kapolres Aceh Barat. (*)

==========
Helman
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tanam Bibit Mangrove, Pandji Santoso : Bukti Peran Aktif Polres Aceh Barat dalam Menjaga Revitalisasi Alam

Trending Now

Ads

iklan