iklan

---

SMP Negeri 1 Nanga Pinoh Barometer Mutu Pendidikan Kabupaten Melawi Menjalankan Berbagai Program Unggulan

Relasi Nasional
Minggu, 04 September 2022 | 22:46 WIB Last Updated 2022-09-04T15:46:40Z

SMP Negeri 1 Nanga Pinoh

MELAWI - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Nanga Pinoh berada dalam posisi strategis. Selain karena posisinya yang berada di pusat kota Nanga Pinoh, SMP Nergri 1 Nanga pinoh juga mendapat predikat sebagai sekolah rujukan. Tentu hal itu menempatkan SMP Negeri 1 Nanga Pinoh pada posisi strategis sebagai barometer mutu pendidikan di Kabupaten Melawi, Jumat (2/9/2022).


"Minat orang tua untuk memasukkan putra- putrinya di SMP Negeri 1 Nanga Pinoh sangat tinggi. Hal ini di Karenakan SMP Negeri 1 Nanga Pinoh berada dalam posisi strategis serta memiliki potensi sarana prasarana yang cukup memadai, juga guru-guru yang profesional," Ungkap Sri Hanani, S.Pd Waka Kesiswaan SMP N 1 Nanga Pinoh saat ditemui awak media.

Berdasarkan hal itulah maka Kepala Sekolah bersama dengan wakil kepala sekolah, guru dan komite sekolah sebagai mitra merumuskan dan menyepakati Visi Sekolah yaitu: "Unggul dalam Prestasi, Mandiri, Kreatif, Berakhlak Mulia, Berlandaskan Iman dan Taqwa".

Sri Hanani menjelaskan "Dalam upaya mencapai visi tersebut maka SMP Negeri 1 Nanga Pinoh menentukan misi. Melaksanakan pembelajaran yang efektif dan terencana, Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan kemandirian, Melaksanakan program kegiatan yang mengembangkan kemandirian. Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan kreativitas, Melaksanakan program kegiatan yang mengembangkan kreativitas, Menerapkan budaya positif: disiplin, toleransi, saling menghargai, percaya diri, dan nasionalis dalam rangka Penguatan Pendidikan Karakter, Menumbuhkembangkan perilaku religius dan mengamalkannya dalam segala aspek kehidupan," Jelasnya.

Berdasarkan Visi dan Misi tersebut kemudian diimplementasikan dengan menyusun rencana program kegiatan yang berdampak pada siswa untuk peningkatan mutu layanan SMP Negeri 1 Nanga Pinoh sesuai dengan mekanismenya mendapatkan masukan dan pertimbangan komite sekolah.

SMP Negeri 1 Nanga Pinoh Barometer Mutu Pendidikan Kabupaten Melawi Menjalankan Berbagai Program Unggulan

Ditempat yang sama Hj. Kherolina, S.Pd Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Negri 1 Nanga Pinoh menambahkan “Komite sekolah sebagai mitra yang tugas utamanya 1 (Satu) Memberi masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada sekolah mengenai kebijakan dan program sekolah, RKAS, kriteria kinerja sekolah, kriteria tenaga kependidikan, kriteria fasilitas pendidikan, dan hal-hal lain yang terkait dengan pendidikan. 2 (Dua) Mendorong orang tua dan masyarakat berpartisipasi dalam pendidikan guna mendukung peningkatan mutu dan pemerataan pendidikan. 3 (Tiga) Menggalang dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di sekolah. 4 (Empat) Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan program, penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di sekolah," Tambahnya.

Kherolina juga membeberkan “Hampir tiga tahun kegiatan ekstrakurikuler di  SMP Negeri 1 Nanga Pinoh dihentikan karena masa pandemi, akhirnya pada tahun pelajaran 2022/2023 ini, SMP Negeri 1 Nanga Pinoh telah mengaktifkan kembali kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di luar jam belajar.  Antara lain Pramuka sebagai program yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX. Ditambah Ektrakurikuler pilihan yaitu Patroli Kemanan Sekolah (PKS), Karate, Drum Band, Olahraga Prestasi, Seni tari, Seni Musik tradisional dan paduan suara. Dimana dalam setiap kegiatan tersebut ditunjuk koordinator, pelatih atau pembimbing," Bebernya.

Lebih lanjut Kherolina menyampaikan “Kegiatan kesiswaan tidak hanya ekstrakulikuler saja, namun juga kegiatan-kegiatan peringatan-peringatan hari-hari besar keagamaan seperti 1 Muharram, Maulid Nabi, Isro Mi'roj, Pesantren Ramadhan, Halal bi Halal, Natal, Paskah, dan Imlek, dan juga peringatan hari-hari besar Nasional seperti 17 Agustus, Hari Kartini, Hari Pramuka, Sumpah Pemuda, dan lain-lain. Kegiatan tersebut diisi  dengan kegiatan-kegiatan siswa dan lomba-lomba siswa dengan tujuan untuk meningkatkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), seperti Religiusitas, Nasionalis, Gotong Royong, dll. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mewujudkan visi dan misi SMPN 1 Nanga Pinoh. Maka kepala sekolah, guru, pengurus komite menyusun anggaran guna menunjang terselenggaranya program intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstra kurikuler," Jelasnya.

"Dalam upaya mendapatkan dukungan orang tua, maka pada hari Rabu, tanggal 31 Agustus 2022 dilaksanakan rapat komite sekolah di Graha Sukiman Center dengan pertimbangan ruangan lebih representatif untuk mengumpulkan seluruh orang tua/wali murid yang berjumlah 800 orang lebih. Rapat berjalan dengan baik dan lancar, akan tetapi karena tidak memperoleh kesepakatan maka ketua komite sekolah memutuskan bahwa komite sekolah yang ada tetap akan mendukung berjalannya program sekolah meskipun tanpa partisipasi pendanaan dari orang tua/ wali siswa," Ungkap ibu Kepsek.

Sementara itu Triyono Ketua Komite SMP Negeri 1 Nanga Pinoh menyampaikan "Komite Sekolah akan berupaya mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen serta kerjasama masyarakat dan pemerintah terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Termasuk menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat." Ungkapnya.

==========
Surawan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SMP Negeri 1 Nanga Pinoh Barometer Mutu Pendidikan Kabupaten Melawi Menjalankan Berbagai Program Unggulan

Trending Now

Ads

iklan