iklan

---

Bupati Melawi Buka Lokakarya 7 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan Ke - 4

Relasi Nasional
Senin, 17 Oktober 2022 | 21:11 WIB Last Updated 2022-10-17T14:11:40Z

Bupati Melawi Buka Lokakarya 7 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan Ke - 4

MELAWI - Lokakarya 7 pendidikan guru penggerak angkatan ke – 4 dibuka langsung Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa. Kegiatan yang diadakan di SMP Negeri 1 Nanga Pinoh turut dihadiri Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Barat, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, Pengawas dan Kepala Sekolah, serta calon guru penggerak, Senin (17/10/2022).


Melalui sambutannya, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa mengungkapkan pembangunan pendidikan adalah salah satu prioritas utama pembangunan nasional dan prioritas pembangunan Kabupaten Melawi.

“Pemkab Melawi telah melakukan berbagai upaya untuk memajukan pembangunan di bidang pendidikan melalui program dan kebijakan yang telah dibuat seperti peningkatan kapasitas guru dan tenaga kependidikan, serta meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan di Kabupaten Melawi,” Ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati Melawi mengapresiasi pelaksanaan kegiatan lokakarya 7 pendidikan guru penggerak Angkatan 4 di Kabupaten Melawi. Menurutnya, program guru penggerak ini merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Peran guru penggerak untuk mentransformasi budaya sekolah kepada pembelajaran yang berfokus kepada siswa. Dalam program ini, pekerjaan sebagai pendidik tidak hanya sekedar membahas kurikulum dan mendidik saja, melainkan diharapkan melahirkan masa depan dan membangun peradaban,” Ujarnya.

Bupati Melawi Buka Lokakarya 7 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan Ke - 4

Bupati juga berpesan kepada seluruh pendidik agar menjadi teladan, pembangkit semangat, memberdayakan peserta didik untuk menjadi orang-orang yang mandiri dan merdeka.
Menutup sambutannya, Bupati mengajak seluruh pihak dan pemangku kepentingan untuk lebih serius lagi dalam bekerjasama mengelola potensi yang ada dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pembangunan pendidikan seperti melalui program guru penggerak ini.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berjuang mencurahkan segala perhatiannya untuk pembangunan di bidang pendidikan selama ini,” Tutupnya.

Sementara itu, Perwakilan Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Barat, Sunarti mengatakan program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) merupakan program prioritas yang diselenggarakan Kemendikbud, Ristek dan Teknologi untuk meningkatkan kompetensi guru, dimana seleksi dilakukan secara ketat oleh pusat.

“Sesuai dengan permendikbudristek No.26 Tahun 2022 tentang pendidikan guru penggerak, bagi calon guru penggerak yang tekah lulus  menjadi guru penggerak, maka sertifikat guru penggerak dapat digunakan untuk pemenuhan persyaratan sebagai:  Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Dan Penugasan lain di bidang pendidikan,” Terangnya.

Program ini dilaksanakan selama 9 bulan dan dilakukan secara blended learning, baik daring maupun luring. Di Indonesia sendiri telah meluluskan guru penggerak Angkatan 1, 2, dan 3, masing-masing 2000 guru penggerak. Dan khusus di Kalimantan Barat berjumlah 236 guru penggerak.

Sunarti juga mengungkapkan khusus di Kabupaten Melawi, program pendidikan guru penggerak Angkatan 4 ini merupakan angkatan yang pertama dan menjadi Kabupaten dengan peserta calon guru penggerak terbanyak se-Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Melawi, Yusseno, S.Pd.,MM mengungkapkan jumlah peserta calon guru penggerak Angkatan 4 Kabupaten Melawi berjumlah 60 orang dan pengajar praktik berjumlah 8 orang.

“Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Melawi memberikan apresiasi yang luar biasa kepada para calon guru penggerak, yang telah menunjukkan eksistensinya sebagai guru yang siap membawa perubahan dalam dunia pendidikan serta selalu aktif mengikuti program Kementerian Pendidikan.” Pungkasnya.

==========
Surawan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Melawi Buka Lokakarya 7 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan Ke - 4

Trending Now