iklan

---

Pembanggunan SMPN 2 Ella Hilir Desa Nanga Kalan Terindikasi Menyalahi Aturan

Relasi Nasional
Minggu, 02 Oktober 2022 | 13:12 WIB Last Updated 2022-10-02T06:12:31Z

Pembanggunan SMPN 2 Ella Hilir Desa Nanga Kalan Terindikasi Menyalahi Aturan

MELAWI - Saat tim investigasi LSM & Media menyambagi Desa Nanga Kalan, Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi, memantau Pembanggunan SMPN 2 yang menelan anggaran Rp, 388.357.000,- APBD Kabupaten Melawi ( DAK Reguler SMP Tahun 2022 ), Minggu (02/10/2022).


Saat berada dilokasi kami bertemu Bapak Utut sebagai tukang pembanggunan sekolah SMPN 2 tersebut, ia juga mengatakan pekerjaan ini dia kerjakan menggunakan jenis atau bahan kayu yang tidak berkelas (Jenis Kayu Tidak Sesuai Gambar), yang menyebabkan adanya permintaan untuk pembongkaran banggunan sekolah tersebut ungkap pekerja kepada Media & LSM.

Jika pekerjaan sesuai gambar maka kayu yang dipergunakan adalah bahan kayu berkelas seperti Kayu Keladan, ungkapnya

Dari awal saya sudah ragu untuk melakukan pekerjaan ini karena bahan yang digunakan bukan bahan yang berkelas (Kayu Durian dan Tengkawang), tapi pihak pelaksana (Kontraktor), mengatakan kepada pekerja untuk lanjut aja urusan dinas saya yang atur ungkapnya kepada pekerja.

Pembanggunan SMPN 2 Ella Hilir Desa Nanga Kalan Terindikasi Menyalahi Aturan

Setelah dilakukan pekerjaan ternyata ada tim dari dinas pendidikan kabupaten melawi mengatakan untuk dilakukan pembongkaran karena bahan tidak sesuai gambar, pihak pekerja tidak menyanggupi karena ini bukan kesalahan dari pekerja, dari awal sudah saya sampaikan kepada pelaksananya (Kontraktor) bahwa saya tidak mau kerjakan karena bahan tidak sesuai gambar, tetapi pihak kontraktor memaksa dia untuk lanjut bekerja, jadi kesalah ini bukan kesalahan saya ungkap Pekerja kepada Dinas Pendidikan yang mengecek pekerjaan, jika Banggunan ini dibongkar maka saya minta tambah upah untuk pembongkaran sebesar Rp. 3.000.000,-

"Saat Tim Media dan LSM kelokasi ternyata Banggunan Sekolahan SMPN 2 Desa Kalan masih dilanjutkan/dikerjakan tanpa mengindahkan saran dari pengawas untuk dilakukan pembongkaran di tambah lagi tidak terpantaunya keberadaan plank proyek kegiatan.

Ini jelas sudah menyalahi aturan main dari kontraktor (pelaksana), adanya permainan pengurangan jenis bahan material yang digunakan, tidak dilakukan pembongkaran, dan plank proyek kegiatan nihil,"Ungkap Anidda F.M.A (DPC Lsm Galaksi).

Pembanggunan SMPN 2 Ella Hilir Desa Nanga Kalan Terindikasi Menyalahi Aturan

"Melihat kronologi yang terjadi kepada SMPN 2 Desa Nanga Kalana ini kami Akan berkoordinasi untuk melakukan Laporan Resmi Kepada Inspektorat dan instansi terkait agar dilakukan Audit Ulang Proses Pembanggunan SMPN 2 Desa Kalang oleh BPK Kabupaten Dan Provinsi," Tutup Anidda F.M.A.

Terpisah saat dikonfirmasi via whatsapp Emkom Hariadi, ST  Ketua Tim Fasilitator Dinas Pendidikan Kabupaten Melawi membenarkan adanya pembangunan SMP Negri 2 Ella Hilir di Desa Nanga Kalan yang tidak sesuai spesifikasi teknis.

"Benar, tp sudah di bongkar Kita minta supaya material yg digunakan harus sesuai dengan spesifikasi teknis di dokumen perencanaan,"Jelasnya.

==========
Surawan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembanggunan SMPN 2 Ella Hilir Desa Nanga Kalan Terindikasi Menyalahi Aturan

Trending Now