iklan

---

Puluhan Guru Jenjang SMP Ikuti Bimbingan Konseling di Bireuen

Relasi Nasional
Rabu, 26 Oktober 2022 | 09:52 WIB Last Updated 2022-10-27T03:00:22Z

Puluhan Guru Jenjang SMP Ikuti Bimbingan Konseling di Bireuen

BIREUEN - Puluhan guru jenjang SMP di Bireuen mengikuti Kompetensi Guru Bimbingan Konseling (BK) tahun 2022. Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Kadisdikbud Bireuen, Muhammad Al Muttaqin, S.Pd.,M.Pd, di Aula Wisma Bireuen Jaya, Rabu pagi 26 oktober 2022.


Muhammad Al Muttaqin, S.Pd., M.Pd menjelaskan, guru bimbingan konseling atau dengan kata lain guru bimbingan penyuluhan (guru bimpen) memiliki peran penting dalam keberhasilan setiap siswa agar bisa menjalani proses pendidikan di sekolah dengan baik.

Karena mereka yang menglihat dasar perkembangan siswa dan kemana arah siswa, selain itu mereka juga mengetahui dan harus mengetahui permasalahan siswa, kemauan siswa, keinginan siswa dan minat bakat siswa.

“Karena mereka guru bimbingan konseling lebih dekat dengan siswa disamping guru-guru lainnya,” katanya

Ditegaskan, guru bimbingan konseling jangan dianggap bahwa mereka hanya sebatas guru bagi siswa yang bermasalah saja.

Siswa yang prestasi juga berasal dari guru bimbingan konseling, karena mereka lebih dekat dengan para siswa, telinga dan mata mereka dapat menglihat langsung arah siswa yang dituju.

Puluhan Guru Jenjang SMP Ikuti Bimbingan Konseling di Bireuen

Disebutkan, pihaknya sangat mengapresiasi dengan kehadiran peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini mencapai 98 persen, ini hal yang luar biasa.

“Inilah inovasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen untuk tetap meng-upgrade dan meningkatkan kompetensi guru di semua bidang,” ujar Al Muttaqin.

“Alhamdulillah hari ini kita baru menyentuh dan dapat melaksanakan peningkatan kompetensi bagi guru bimbingan konseling atau guru bimbingan penyuluhan,” ucapnya.

Dengan kegiatan ini diharapkan para guru bimbingan konseling dapat bertugas dengan baik, dan dapat terus memberikan konseling kepada siswa.

Sebelumnya, Kabid Pembinaan PTK Disdikbud Bireuen, Surya,S.Pd.,M.Pd mengatakan, guru bimbingan konseling merupakan pendidik formal di sekolah.

Mereka bertugas memberikan layanan kepada peserta didik sehingga memperoleh pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang semakin sempurna.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, 26-28 Oktober 2022, di Aula Wisma Bireuen Jaya, diikuti 95 guru bimbingan konseling jenjang UPTD SMP se Kabupaten Bireuen.

Disebutkan, kompetensi Guru Bimbingan Konseling ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Hargio Santoso, M.Pd, Aris Munandar, M.Pd dan Ana Susanti, M.Pd.

“Ketiga narasumber tersebut bertugas di Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat,” sebut Surya.

==========
Heri
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Puluhan Guru Jenjang SMP Ikuti Bimbingan Konseling di Bireuen

Trending Now