iklan

---

Bayar Niat,Sebagai Bentuk Ungkapan Syukur Kepala Desa Berinang Mayun.

Kalimantan Barat
Jumat, 25 November 2022 | 21:40 WIB Last Updated 2022-11-25T14:40:54Z


LANDAK. Bayar Niat merupakan ritual adat yang di adakan setelah semua rencana berjalan lancar dan terlaksana dengan baik. Hal tersebut dilakukan oleh kepala desa terpilih Berinang Mayun Raju, sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Jubata (Tuhan). Jumat 25/11/22.


Ritual adat dilaksanakan bertempat di pantak padagi singa isar, dusun mayun, desa berinang mayun. Di pimpin oleh tetua adat (Pangao) setempat.


Berinang Mayun Raju Kepala Desa (Kades) Menerangkan kegiatan ini merupakan wujud syukur atas semua rencana yang berjalan dengan baik serta aman terkendali. Terutama setelah desa mengadakan Pilkades serentak beberapa bulan yang lalu.


"Ritual adat ini kami laksanakan, guna mengucapkan rasa syukur atas semua rencana yang berjalan dengan baik kepada Jubata (Tuhan) setelah kegiatan Pilkades serentak beberapa waktu yang lalu, karena kegiatan berjalan dengan baik serta aman."Ucapnya.


Raju juga mengungkapkan ritual ini sebagai bentuk bayar niat kepada masyarakat Desa Berinang Mayun atas terpilihnya sebagai kepala desa.


"Kegiatan ritual adat ini juga sebagai bentuk bayar niat saya kepada masyarakat Desa Berinang Mayun, Jadi hari ini kita sama-sama buat ritual adat di Pantak Padagi Singa Isar yang terletak di dusun mayun, desa berinang mayun."Jelasnya.


Ini merupakan salah satu bentuk melestarikan budaya dengan konsep mempertahan kearifan lokal agar dimasa depan generasi muda tidak melupakan budaya leluhur yang asli,Meskipun sekarang kita  mengahadapi era globalisasi.


Injil 

=====

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bayar Niat,Sebagai Bentuk Ungkapan Syukur Kepala Desa Berinang Mayun.

Trending Now