iklan

---

Dandim 0111/Bireuen Hadiri Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Dan PGRI Ke-77 Tahun 2022

Relasi Nasional
Jumat, 25 November 2022 | 12:59 WIB Last Updated 2022-11-25T05:59:02Z


BIREUEN - Komandan Kodim 0111/Bireuen Letkol Inf Ade Munandar, S.I.Pem menghadiri kegiatan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan PGRI Ke-77 Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pemkab Bireuen dan bertempat di Halaman Pendopo Kab. Bireuen Desa Bandar Bireuen Kec. Kota Juang Kab. Bireuen, Jumat (25/11/2022).


Upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan PGRI Ke-77 Tahun 2022 dengan mengangkat tema "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar" yang diselenggarakan oleh Pemkab Bireuen di halaman Pendopo dihadiri oleh Sekda Kab. Bireuen Ir. Ibrahim Ahmad, M.Si, Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf Ade Munandar S.I.Pem, Waka Polres Bireuen Kompol Muhammad Ryan Citra Yudha S.i.k, Rektor Almuslim Dr.Marwan Hamid.MPd., Para Asisten,Staf Ahli Bupati kab. Bireuen, Para kakan, kabag, kadis jajaran Pemkab Bireuen, Dansub Denpom Bireuen Lettu Cpm Ade Yudistira, Para Kepala Sekolah, Para perwakilan Guru Kab. Bireuen serta Wartawan media cetak dan online.

Dalam Upacara Tersebut Inspektur Upacara berkesempatan membacakan amanat dari Mendikbudristek RI yang isinya antara lain Tiga tahun yang lalu kita  melepas  jangkar dan membentangkan layar kapal besar benama Merdeka   Belajar. Ketangguhan ini didorong oleh kemauan kita untuk berubah meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak lagi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman. Hal ini juga didorong oleh semangat kita untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaruan yang membawa kita melompat ke masa depan.

Saya berterima kasih kepada lebih dari 1,6 juta pengguna Platform Merdeka Mengajar, yakni para guru yang mau mencoba hal-hal baru, yang tidak takut untuk berinovasi yang sadar dan paham bahwa sudah tiba waktunya untuk bertransformasi.

Kami juga terus membuka  kesempatan bagi para guru untuk  mengikuti  program Guru Penggerak yang bertujuan untuk menghasilkan generasi baru pendidikan Indonesia.

Sekarang sudah ada 50.000 Guru Penggerak, saya sangat berharap agar seluruh kepala daerah dapat segera mengangkat para Guru Penggerak untuk bisa menjadi kepala sekolah dan pengawas sekolah, para inovator di sekolah dan di lingkungan sekitar.

Begitu  pula dengan  program  persiapan calon guru masa depan kita, khususnya melalui transformasi program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan yang kini berorientasi pada praktik pengalaman lapangan, mengedepankan metode inkuiri, dan membiasakan guru melakukan refleksi. Inovasi lainnya adalah kini perkuliahan PPG jauh lebih terintegrasi dengan sekolah, kampus dan masyarakat melalui system digital, semua ini bertujuan untuk melahirkan pendidik sejati yang profesional dan adaptif.

Ide briliant perlu didukung dengan kesejahteraan para guru. Untuk itu kami saat ini juga terus memprioritaskan pengangkatan guru honorer sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui seleksi ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja  (ASN PPPK). Saya tidak menutup mata bahwa memang masih banyak hal yang perlu disempurnakan dalam program ini. Karena itulah semua dari kita harus bergotong  royong agar target kita, yakni satu juta guru diangkat sebagai ASN PPPK dapat segera terwujud.

Samakan arah perjalanan menuju satu tujuan bersama, pendidikan Indonesia yang maju, berkualitas, dan memerdekakan.Terus bentangkan layar kapal besar ini tanpa kenal lelah, dengan serempak dan serentak kita hadirkan inovasi dan transformasi, mewujudkan Merdeka Belajar di seluruh penjuru Nusantara.

Kegiatan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan PGRI Ke-77 Tahun 2022 yang telah diselenggarakan dapat berjalan dengan tertib dan khidmat. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dandim 0111/Bireuen Hadiri Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Dan PGRI Ke-77 Tahun 2022

Trending Now